Topik Terkait: Penuntut Ilmu (halaman 499)

  • Bacaan Niat Puasa Sunnah Bulan Rajab
    Tausiyah
    Kamis, 05 Maret 2020 - 09:30 WIB
    Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk memuliakan bulan Rajab. Salah satu bentuk pengistimewaannya adalah menghidupkan puasa dan menjauhkan diri dari maksiat
  • Kisah Nabi Ayyub, Penghibur Bagi Orang yang Ditimpa Musibah
    Hikmah
    Kamis, 05 Maret 2020 - 05:15 WIB
    Satu-satunya Nabi yang diuji dengan ujian cukup berat ialah Nabiyullah Ayyub alaihissalam (AS). Allah Taala mengujinya dengan empat macam cobaan.
  • Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul dan Rahasia Kewalian Beliau (1)
    Hikmah
    Kamis, 05 Maret 2020 - 08:01 WIB
    Haul Allamah Quthb Rabbani Kiyai Zaini Abdul Ghani Al-Banjari yang akrab dipanggil Abah Guru Sekumpul dari tahun ke tahun selalu dibanjiri jamaah dan para peziarahnya.
  • Sejarah Kalender Hijriyah dan Arti 12 Bulan Islam
    Hikmah
    Kamis, 05 Maret 2020 - 18:06 WIB
    Kalender Hijriyah (H) disebut juga kalender Qomariyah karena penanggalannya berdasarkan peredaran bulan. Adapun 12 bulan dalam kalender Hijriyah mempunyai makna masing-masing.
  • Hukum Meninggalkan Salat Jumat dan Ancamannya
    Tausiyah
    Jum'at, 06 Maret 2020 - 05:15 WIB
    Kalau ancaman keras ditujukan bagi yang meninggalkan salat berjamaah, lalu bagaimana dengan orang yang meninggalkan Salat Jumat?
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Kabah Ditutup, Ini Penjelasan Imam Besar Masjidil Haram
    Hikmah
    Jum'at, 06 Maret 2020 - 15:25 WIB
    Kegiatan ibadah termasuk thowaf di Masjidil Haram Makkah ditutup sementara untuk disterilkan dari kemungkinan adanya virus Corona baru, Covid-19, tadi malam (5/3/2020).
  • Sejarah Pemegang Kekuasaan di Tanah Suci Makkah
    Hikmah
    Sabtu, 07 Maret 2020 - 05:15 WIB
    Secara geografis, para ahli membagi wilayah Arab ke dalam lima bagian yaitu Hijaz, Tihamah, Najd, Arud, dan Yaman. Adapun Hijaz terdiri dari tiga kota yaitu Makkah, Madinah dan Thaif.
  • Habib Jindan: 7 Amalan Agar Terhindar dari Musibah Penyakit
    Tausiyah
    Senin, 09 Maret 2020 - 05:15 WIB
    Hidup di dunia memang tempatnya musibah dan bala. Dunia juga tempatnya berbagai problem dan keburukan. Akan tetapi, umat Islam dibekali untuk tawakkal, berserah diri kepada Allah Taala.
  • 10 Tanda Besar Menjelang Hari Kiamat
    Tausiyah
    Senin, 09 Maret 2020 - 08:15 WIB
    Kali ini kita membahas kajian tentang menjaga iman di era fitnah. Ketika mendengar kalimat akhir zaman, seharusnya kita semakin bersemangat dalam beribadah.
  • Inilah Penyakit Hati yang Memporak-porandakan Amal
    Tausiyah
    Selasa, 10 Maret 2020 - 17:56 WIB
    Penyakit hati yang satu ini merupakan perbuatan tercela yang dibenci Allah dan Rasul-Nya. Jika tidak segera diobati maka dapat memporak-porandakan pahala amal.
  • Umar Masuk Islam, Makkah Gempar dan Kaum Musyrikin Ketakutan (2)
    Hikmah
    Rabu, 11 Maret 2020 - 05:15 WIB
    Pada bagian pertama, Syeikh Shafiyyur-Rahman Al-Mubarakfury telah menceritakan kisah Umar Bin Khattab yang terkejut mendengar saudara perempuan dan iparnya membaca Surah Thaha.
  • Ustaz Adi Hidayat Ungkap Obat Virus Corona dalam Al-Quran
    Tausiyah
    Sabtu, 14 Maret 2020 - 08:15 WIB
    Dai yang pernah menimba ilmu di Kuliyya Dakwah Islamiyyah Tripoli Libya, Ustaz Adi Hidayat mengungkap obat penyakit yang disebabkan virus Corona (Covid-19) ada dalam Al-Quran yang mulia.
  • Ustaz Adi Hidayat Stop Kegiatan Taklim, Minta MUI Keluarkan Fatwa
    Tausiyah
    Sabtu, 14 Maret 2020 - 23:11 WIB
    Dai kondang Ustaz Adi Hidayat (UAH) menghentikan semua kegiatan taklim dan dakwahnya secara terbuka demi mengantisipasi merebaknya wabah virus Corona di Tanah Air.
  • Corona Mewabah, Habib Quraisy Ajak Muhasabah dan Tobat Nasuha
    Tausiyah
    Selasa, 17 Maret 2020 - 19:06 WIB
    Segala wabah termasuk virus Corona (Covid-19) tidak akan terjadi kecuali seizin Allah Taala, Zat yang Maha Memberi Penyakit dan Kesembuhan.
  • 10 Ulama dan Dai Sikapi Wabah Corona, Ini Pesannya
    Hikmah
    Rabu, 18 Maret 2020 - 05:15 WIB
    Beragam pendapat dan pandangan mencuat ke publik menanggapi wabah virus Corona (Covid-19) ini. Tidak terkecuali para ulama dan dai ikut menyampaikan pandangannya.
  • Inilah Sikap Paling Bijak Menghadapi Wabah Corona
    Tausiyah
    Kamis, 19 Maret 2020 - 08:07 WIB
    Menyikapi wabah Corona, ada baiknya seorang muslim bersikap bijak sebagaimana tertuang dalam hadis Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam (SAW).
  • Isra wal Miraj dan Wabah Covid-19
    Tausiyah
    Minggu, 22 Maret 2020 - 07:01 WIB
    Di tengah kehebohan dunia tentang virus Corona atau Covid-19 saat ini, banyak umat lupa bahwa saat ini tengah berada di bulan mulia, Rajab.
  • Kapan Wabah Berakhir? Ini Jawaban Syeikh Ibnu Hajar Asqalani
    Hikmah
    Minggu, 22 Maret 2020 - 08:19 WIB
    Ada yang bertanya kapan wabah penyakit berakhir? Apa yang disampaikan Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam kitabnya mungkin bisa menjadi hikmah dan iktibar buat kita.
  • Pesan Syeikh Yusri Al-Hasani dalam Menghadapi Virus Corona
    Tausiyah
    Minggu, 22 Maret 2020 - 10:10 WIB
    Ulama besar dari Universitas Al-Azhar Mesir, Maulana Syeikh Dr Yusri Rusydi Sayyid Jabr Al-Hasani menyampaikan pesan terkait wabah Corona yang melanda dunia.
  • MUI Imbau Salat Ghaib untuk Korban Covid-19 yang Wafat
    Hikmah
    Senin, 23 Maret 2020 - 07:40 WIB
    Seiring bertambahnya korban wabah Covid-19 dan tidak terkendalinya penyebaran virus Corona tersebut, Komisi Fatwa MUI mengajak umat Islam untuk melaksanakan Salat Ghaib.