Topik Terkait: Perang Al Qadisiyah (halaman 82)

  • Tafsir Al-Fatihah Ayat...
    Hikmah
    Kamis, 20 Januari 2022 - 21:53 WIB
    Surat Al-Fatihah menjadi istimewa karena pembuka kitab suci Al-Quran dan juga dijuluki Ummul Quran (induknya Al-Quran). Berikut tafsir Al-Fatihah ayat 7.
  • Anggota Pasukan Infantri...
    Hikmah
    Senin, 15 Juni 2020 - 15:36 WIB
    Miqdad bicara sebelum yang lain, agar dengan kalimat-kalimat yang tegas dapat menyalakan semangat perjuangan dan turut mengambil bagian dalam membentuk pendapat umum.
  • Ayat-ayat Al-Quran yang...
    Tips
    Rabu, 24 November 2021 - 13:32 WIB
    Motivasi memiliki pengaruh yang kuat bagi seseorang untuk melakukan sesuatu atau memberikan semangat yang selalu berhasil membuat keadaan seseorang menjadi lebih baik.
  • Palestina: Tanah yang...
    Hikmah
    Selasa, 24 Oktober 2023 - 11:16 WIB
    Palestina adalah tanah yang diberkati Allah SWT. Hal ini dijelaskan dalam firman Allah di dalam al-Quran al Karim. Negeri ini bagian dari negeri Syam.
  • Beberapa Kali Umar Berselisih...
    Hikmah
    Selasa, 09 Juni 2020 - 17:12 WIB
    Semangat Umar terhadap imannya tak dapat menahan kebanggaan dirinya, tak dapat menahan kepercayaannya kepada pendapatnya di depan Rasulullah sendiri.
  • Beginilah Kenikmatan...
    Hikmah
    Kamis, 17 Agustus 2023 - 17:53 WIB
    Meski tidak dapat dibayangkan oleh hati manusia karena terlampau indah, namun kenikmatan di surga telah digambarkan oleh Allah Subhanahu wa Taala dalam Al-Quran dan Rasulullah SAW dalam hadis-hadis sahih.
  • Penyakit Pemikiran Islam...
    Tausyiah
    Sabtu, 19 September 2020 - 12:25 WIB
    Sesungguhnya dakwah kepada Islam tidak menerima perkara-perkara khilafiyah walaupun hal itu dianggap sangat penting oleh sebagian juru dakwah.
  • Kasus Penutupan Masjid...
    Dunia Islam
    Sabtu, 27 Juli 2024 - 05:34 WIB
    Jerman melarang Islamic Center Hamburg untuk beroperasi di seluruh negara Eropa. Tindakan ini mengundang protes sejumlah LSM di dunia. Majelis Dunia Ahl Al-Bayt, salah satunya.
  • Tafsir Ayat-Ayat Puasa,...
    Tausyiah
    Selasa, 05 Maret 2024 - 13:38 WIB
    Selama sebulan penuh, bagi seorang muslim kewajiban berpuasa Ramadan harus dijalankan dengan baik dan benar. Untuk itu, umat Muslim perlu memahami ayat-ayat Al Quran yang memerintahkan kewajiban puasa Ramadan ini.
  • Hamzah bin Abdul Muthalib:...
    Hikmah
    Minggu, 03 Oktober 2021 - 17:43 WIB
    Hamzah bin Abdul Muthalib syahid dalam perang uhud. Kini ruh atau roh para syuhada itu berada dalam perut burung hijau. Mereka mendatangi surga dan bertengger di lentera-lentera dari emas.
  • Kisah Nabi Musa Pingsan...
    Hikmah
    Rabu, 06 Desember 2023 - 19:37 WIB
    Nabi Musa alaihissalam pernah mengalami pingsan ketika Allah Taala menampakkan keagungan Zat-Nya. Kisah ini diabadikan dalam Al-Quran Surat Al-Araf Ayat 143.
  • Tips Agar Khatam Al-Quran...
    Tips
    Senin, 04 April 2022 - 07:15 WIB
    Al-Quran itu adalah kitab paling mulia. Disampaikan oleh Malaikat paling mulia kepada Nabi paling mulia. Diturunkan di bulan paling mulia pada malam paling mulia.
  • Kisah Uwais Al-Qarni...
    Muslimah
    Sabtu, 05 Februari 2022 - 14:53 WIB
    Salah satu kisah yang perlu kita ceritakan dan kita sampaikan kepada anak-anak adalah kisah Uwais Al-Qarni. Ini tentang kebaktian seorang anak kepada orang tua.
  • Masjid Abu Dzar al-Ghifari...
    Dunia Islam
    Selasa, 30 Mei 2023 - 08:36 WIB
    Masjid Abu Dzar al-Ghifari terletak 900 meter di utara Masjid Nabawi. Itu juga dikenal sebagai Masjid al-Sajdah. Dinamakan demikian karena Rasulullah SAW pernah sujud syukur di tempat itu.
  • Mengangkat Anak yang...
    Tausyiah
    Sabtu, 07 September 2024 - 07:45 WIB
    Laqith (anak yang dipungut di jalan) sama dengan anak yatim. Akan tetapi untuk anak seperti ini lebih patut dinamakan Ibnu Sabil (anak jalan) yang oleh Islam kita dianjurkan untuk memeliharanya.
  • Sisi Baik dan Buruk...
    Tausyiah
    Rabu, 03 November 2021 - 09:11 WIB
    Al-Quran menyebut sisi baik dan sisi buruk Ahli Kitab. Ahli Kitab adalah salah satu istilah dalam Al-Quran untuk menyebut non-Muslim. Istilah ini merujuk pada umat Yahudi dan Nasrani.
  • Taubat Itu Seperti Berobat,...
    Tausyiah
    Kamis, 14 Desember 2023 - 14:29 WIB
    Selembut apapun nasihat ia tetap akan terasa menusuk bagi yang hatinya sakit. Tak ubahnya seperti jarum suntik, yang kelembutan tehniknya tidak akan menghilangkan rasa sakitnya.
  • Takdir dalam Bahasa...
    Tausyiah
    Sabtu, 12 Desember 2020 - 05:00 WIB
    Dari sekian banyak ayat Al-Quran dipahami bahwa semua makhluk telah ditetapkan takdirnya oleh Allah. Mereka tidak dapat melampaui batas ketetapan itu.
  • Ngerinya Dampak Maksiat...
    Hikmah
    Jum'at, 08 Desember 2023 - 12:39 WIB
    Andai saja orang yang melakukan maksiat menyadari, betapa kenikmatan maksiat itu hanya sesaat, dan betapa mengerikannya dosa dari maksiat itu yakni yaitu kemurkaan Allah SWT.
  • Keadilan Menurut Al-Quran:...
    Tausyiah
    Kamis, 11 Januari 2024 - 11:55 WIB
    Keadilan yang dibicarakan dan dituntut oleh Al-Quran amat beragam, tidak hanya pada proses penetapan hukum atau terhadap pihak yang berselisih, melainkan Al-Quran juga menuntut keadilan terhadap diri sendiri.