Topik Terkait: Perempuan Sufi

  • Sufi Perempuan yang Menikah dan Ahli Makrifat
    Muslimah
    Kamis, 17 Desember 2020 - 14:44 WIB
    Sosok perempuan sufi ini merupakan sosok yang mempunyai keteguhan hati, independen, percaya diri, dan begitu mendalam dalam mempelajari tradisi-tradisi tasawuf.
  • Kisah Sufi Mojud: Orang yang Hidupnya Tak Terpahami
    Hikmah
    Rabu, 13 Mei 2020 - 15:01 WIB
    Kisah ini penting dalam menjelaskan kepercayaan sufi bahwa dunia tak kasat mata selalu menembus kenyataan sehari-hari, pada setiap saat, di berbagai tempat.
  • Fathimah dari Nisyapur, Sosok Wanita Sufi yang Berkeluarga
    Muslimah
    Sabtu, 20 Agustus 2022 - 14:38 WIB
    Tokoh sufi wanita yang populer di dunia tidak begitu banyak. Namun, sosok sufi ini merupakan sosok yang mempunyai keteguhan hati, independen , percaya diri, dan begitu mendalam dalam mempelajari tradisi-tradisi tasawuf .
  • Membaca Filosofi Sufi Oleh Hadrat Bahauddin Naqsyabandi
    Hikmah
    Senin, 18 Januari 2021 - 06:49 WIB
    Membaca sesuatu dalam Sufisme seperti membaca segala macam buku.Suatu malapetaka, mungkin membuat manusia malah lebih buruk daripada sebelum membacanya.
  • Canda Ala Sufi: Selamat karena Saran Seorang Teman
    Hikmah
    Rabu, 09 Desember 2020 - 06:44 WIB
    Ucapan Nashruddin itu terdengar Taimulank sehingga dia tersentak dan kaget lalu berkata padanya, Hai, dalam keadaan seperti ini, mengapa engkau malah bersyukur?
  • Kisah Sufi Suhrawardi: Burung dan Telur
    Hikmah
    Selasa, 04 Januari 2022 - 13:18 WIB
    Kisah ini terdapat dalam beragam bentuk pada versi-versi yang berbeda dari karya Suhrawardi, Awarif al-Maarif pada abad kedua belas, dan mengandung berbagai pesan.
  • Kisah Sufi: Tiga Kunjungan ke Guru Bahauddin Naqsyabandi
    Hikmah
    Jum'at, 14 Oktober 2022 - 16:01 WIB
    Kisah berikut adalah kisah Bahauddin Naqsyabandi ketika dikunjungi oleh para pencari. Mereka menemukannya di halaman, dikelilingi murid beliau. Banyak opini ketika itu.
  • Kisah Bijak Para Sufi:  Waktu, Tempat, dan Orang
    Hikmah
    Jum'at, 26 Juni 2020 - 06:20 WIB
    Benturan antara para Sufi dan pelajar tampak jelas dalam teori bahwa pemikiran Sufi hanya bisa dipelajari dalam kesesuaian dengan prinsip-prinsip tertentu.
  • Canda Ala Sufi: Sayapku yang Lebar
    Hikmah
    Jum'at, 01 Januari 2021 - 18:48 WIB
    Harzah berkata dirinya memiliki banyak pengetahuan yang tak berbatas. Setiap malam, aku naik ke atas dan berada di alam raya sana, sehingga aku sampai di langit pertama.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Semut dan Capung
    Hikmah
    Sabtu, 20 Juni 2020 - 06:10 WIB
    Seekor semut dengan rencana tersusun di pikirannya, sedang mencari-cari madu ketika seekor capung hinggap pada kuntum bunga itu dan menghisap madunya.
  • Bentuk-Bentuk Kegiatan Sufi Menurut Idries Shah
    Hikmah
    Sabtu, 14 Januari 2023 - 21:47 WIB
    Seorang anak tidak memiliki ilmu pengetahuan yang nyata mengenai hasil-hasil yang dicapai oleh orang dewasa. Seorang dewasa biasa (awam) tidak dapat memahami hasil-hasil yang dicapai seorang terpelajar.
  • Kisah Sufi: Empat Harta Ajaib dan Cermin untuk Mencari Sumber Air Kehidupan
    Hikmah
    Minggu, 05 Maret 2023 - 21:20 WIB
    Penjelasan Sufi yang lebih lazim adalah bahwa Pekerjaan Darwis terdiri atas empat elemen yang keempatnya harus dilakukan bersama secara rahasia.
  • Canda Ala Sufi: Kamar Mandi di Atas Menara
    Hikmah
    Kamis, 19 November 2020 - 06:16 WIB
    Setelah keluar dari kamar mandi, dia segera menuju masjid jami dan langsung naik ke atas menara. Kemudian dia melantunkan beberapa lagu pujian yang biasa dilantunkan pada saat azan zuhur.
  • Canda Ala Sufi: Keluar dari Kuburan
    Hikmah
    Jum'at, 20 November 2020 - 09:22 WIB
    Aku adalah penghuni kuburan ini dan aku sudah bosan tinggal di sini. Aku telah meminta izin kepada Tuhanku untuk keluar sebentar dan pergi jalan-jalan. Tuhanku telah memberiku izin.
  • Kisah Sufi Malik Dinar Mencari Guru Tersembunyi
    Hikmah
    Minggu, 05 Februari 2023 - 14:32 WIB
    Dalam kisah ini, Raja yang Menang adalah perwujudan fungsi akal yang lebih tinggi, yang disebut Rumi Roh Manusia, yang harus manusia kembangkan sebelum ia bisa berfungsi dalam keadaan tercerahkan.
  • Kisah Sufi Ibrahim Khawwas tentang Sifat Murid
    Hikmah
    Senin, 03 Januari 2022 - 12:50 WIB
    Kisah ini menggarisbawahi secara dramatis perbedaan antara apa yang calon murid pikirkan tentang hubungan yang seharusnya dengan sang guru dan seperti apa pada kenyataannya.
  • Kisah Sufi Salim Abdali: Penunggang Kuda dan Ular
    Hikmah
    Selasa, 30 November 2021 - 16:18 WIB
    Mungkin tidak banyak orang yang akan mengakui pernyataan yang tersirat dalam kisah ini. Namun, pernyataan ini telah diterima, dalam bentuk yang berbeda-beda, oleh semua sufi.
  • Jalan Ketaatan Para Sufi Menurut Ibnu Taimiyah
    Tausyiah
    Kamis, 19 Januari 2023 - 18:50 WIB
    Para sufi dan mereka yang menekuni fiqih sama-sama berhak memperoleh sebutan al-shiddiq-u, hanya saja masing-masing menempuh jalan ketaatan pada Allah dan Rasul-Nya menurut ijtihad yang mereka lakukan.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Darwis dan Putri Raja
    Hikmah
    Rabu, 15 Juli 2020 - 06:06 WIB
    Dalam keadaan terpesona habis-habisan itu, Sang Darwis tidak berbuat apa pun selama tujuh tahun. Tidak lama kemudian setelah itu, Sang Darwis luntang-lantung di jalan.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Nelayan dan Jin
    Hikmah
    Rabu, 24 Juni 2020 - 06:39 WIB
    Nelayan itu tahu bahwa botol itu bisa ia selidiki, dan mungkin akan mendatangkan keuntungan bagi dirinya. Kulit botol itu bercahaya dan jelas dikerjakan dengan sentuhan seni.