Topik Terkait: Peringatan Kemerdekaan (halaman 6)

  • Profil dan Biografi...
    Dunia Islam
    Rabu, 24 Januari 2024 - 17:25 WIB
    Nama Habib Ali Kwitang tentu sudah tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah Jakarta. Siapa sebenarnya beliau?
  • Sultan Jadi Buangan...
    Hikmah
    Jum'at, 12 Maret 2021 - 14:16 WIB
    Seorang Sultan Mesir menganggap mikraj Nabi Muhammad SAW ke sidratul muntaha yang hanya semalam tidak masuk di akal. Sejumlah ulama mencoba menjelaskan namun dia tak puas.
  • Mengapa Hari Asyura...
    Hikmah
    Senin, 15 Juli 2024 - 18:57 WIB
    Mengapa hari Asyura disebut Lebaran anak yatim? Pertanyaan ini kerap muncul seiring tradisi yang dilakukan masyarakat Indonesia di bulan Muharram atau biasa disebut bulan Suro.
  • Hamas Bukan Teroris!...
    Dunia Islam
    Selasa, 24 Oktober 2023 - 14:51 WIB
    Hamas menjadi pusat perhatian dunia menyusul operasi militer yang mereka lakukan ke Israel bernama Operasi Badai al-Aqsa belum lama ini. Siapa sebenarnya Hamas?
  • Tauhid Seorang Muslim:...
    Tausyiah
    Jum'at, 05 Februari 2021 - 19:54 WIB
    Setiap Muslim yang betul-betul beriman adalah manusia yang paling bebas dari segala macam bentuk keterikatan, kecuali keterikatan yang datang dari Allah Penciptanya.
  • Maulid Nabi: Beda Pendapat...
    Hikmah
    Kamis, 05 September 2024 - 08:53 WIB
    Yang menarik justru Arab Saudi adalah satu-satunya negara dengan penduduk mayoritas Muslim yang tidak menjadikan Maulid sebagai hari libur resmi.
  • Amalan yang Bisa Mengingatkan...
    Tips
    Selasa, 15 November 2022 - 09:54 WIB
    Mengingat mati atau kematian termasuk salah satu akhlak terpuji dan perilaku mulia. Bagaimana tidak, mengingat kematian bukan sekadar ingat dan tidak lupa, namun lebih dari itu mengingat kematian berarti mempersiapkan bekal sebelum ajal datang.
  • Profil dan Biografi...
    Dunia Islam
    Jum'at, 05 Januari 2024 - 14:46 WIB
    Habib Salim bin Jindan merupakan salah satu dari habib keturunan langsung Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, ia pun seorang ulama besar yang memiliki banyak keilmuannya, serta seorang pejuang kemerdekaan Indonesia.
  • Begini Penjelasan Gus...
    Tausyiah
    Kamis, 24 Februari 2022 - 14:58 WIB
    Gus Baha memaparkan argumentasi mengapa Siti Aisyah mengingkari bahwa Nabi Muhammad bertemu Allah ketika Mikraj. Ini untuk menjaga konstitusi agama, ujar Gus Baha.
  • Mengenal Izzudin Al...
    Dunia Islam
    Jum'at, 13 Oktober 2023 - 08:01 WIB
    Izzudin Al Qassam merupakan sebuah nama yang diabadikan menjadi nama sayap Militer Hamas. Nama pasukan Hamas tersebut adalah Brigade Al Qassam yang dikenal kuat dan pemberani.
  • Kisah Perjalanan Isra...
    Hikmah
    Sabtu, 03 Februari 2024 - 05:15 WIB
    Selain dalam Al Quran, kisah perjalanan Isra Mikraj Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam dapat kita ketahui dari keterangan Hadis Nabi. Ada beberapa Hadis yang menjelaskan perjalanan agung tersebut.
  • Surat Al-Mulk Ayat 17:...
    Tausyiah
    Minggu, 04 Desember 2022 - 23:09 WIB
    Surat Al-Mulk tergolong istimewa karena di dalamnya Allah berkali-kali menegaskan kekuasaan-Nya dan peringatan bagi orang-orang durhaka. Berikut lanjutan firman-Nya:
  • 3 Versi Asal Mula Peringatan...
    Hikmah
    Senin, 16 September 2024 - 09:07 WIB
    Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sudah dilaksanakan sejak ribuan tahun lalu oleh Umat Islam di dunia. Setidaknya ada tiga versi tentang asal mula peringatan maulid ini.
  • Aspek Hukum Puasa: Imsak...
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Maret 2024 - 07:03 WIB
    Pada zaman Nabi, beberapa saat sebelum fajar, Bilal mengumandangkan azan, namun beliau mengingatkan bahwa bukan itu yang dimaksud dengan fajar yang mengakibatkan larangan makan dan minum.
  • Peringatan Allah Terhadap...
    Tausyiah
    Sabtu, 16 Oktober 2021 - 23:46 WIB
    Salah satu tanda orang yang hatinya keras seperti batu yaitu tidak menerima kebenaran. Apabila mendapat nasihat, ia berpaling dan kerap marah.
  • Khaizuran, Perempuan...
    Dunia Islam
    Rabu, 13 Oktober 2021 - 16:41 WIB
    Ibunda Amirul Mukminin Musa al-Hadi dan Harun al-Rasyid ini adalah pelopor peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Lebih dari itu, ia terlibat dalam sengkarut politik berdarah Dinasti Abbasiyah.
  • Deklarasi Kemerdekaan...
    Dunia Islam
    Senin, 23 Oktober 2023 - 05:15 WIB
    meskipun Deklarasi Kemerdekaan Israel menjanjikan kesamaan bagi semua warga negara, dokumen yang sama menyatakan bahwa Israel adalah sebuah negara Yahudi.
  • Kisah Menyentuh Seorang...
    Hikmah
    Selasa, 13 Juli 2021 - 05:00 WIB
    Kertas itu berisi wasiatt saat ia menuju meja bedah. Ia tuangkan segala ungkapan dan perasaannya. Tak terasa air mataku mengalir karenanya, kedua tanganku gemetar dan seluruh badanku merinding.
  • Perjalanan Isra Mikraj...
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Februari 2024 - 06:08 WIB
    Peristiwa Isra Mikraj tidak bisa dijelaskan dengan Teori Relativitas Khusus karena jika memakai teori tersebut, Rasulullah SAW belum keluar dari sistem tata surya.
  • Surat Al-Isra Ayat 1:...
    Tausyiah
    Jum'at, 25 Februari 2022 - 09:33 WIB
    Surat Al-Isra ayat 1 adalah dokumentasi peristiwa Isra, yakni perjalanan Rasulullah SAW dari Masjidil Haram menuju Masjid al-Aqsa atas bimbingan Allah Taala.