Topik Terkait: Peristiwa Hari ASyura (halaman 2)

  • Begini Ritual Syiah pada Hari Asyura, Ada yang Menyisa Diri
    Dunia Islam
    Rabu, 26 Juli 2023 - 13:05 WIB
    Sudah menjadi tradisi Muslim Syiah pada 10 Muharram atau Asyura memperingati kesyahidan cucu Nabi Muhammad, Hussein. Imam Hussein syahid dalam Pertempuran Karbala pada tahun 680.
  • Keistimewaan Puasa Asyura Gugurkan Dosa 1 Tahun Lalu
    Tausiyah
    Senin, 09 September 2019 - 15:05 WIB
    Besok Selasa (10/10/2019) atau nanti malam (menurut kalender Hijriyah), kita memasuki hari ke-10 Muharram atau dikenal dengan sebutan Asyura.
  • Besok Puasa Asyura 10 Muharram, Ini Bacaan Niat dan Fadhilahnya
    Tips
    Minggu, 07 Agustus 2022 - 17:06 WIB
    Puasa Asyura adalah puasa yang dilaksanakan pada 10 Muharram bertepatan besok, Senin (8/8/2022). Bagi yang ingin menunaikan puasa Asyura dianjurkan berniat malam ini.
  • Khutbah Jumat: Ada Apa dengan Hari Asyura?
    Tausyiah
    Jum'at, 28 Juli 2023 - 08:05 WIB
    Khutbah Jumat kali ini mengangkat tema tentang Hari Asyura yang bertepatan hari ini Jumat, 28 Juli 2023. Semoga bermanfaat untuk menambah khazanah ilmu dan keimanan kita.
  • Hadis Asyura, Puasa Sehari sebagai Penghapus Dosa Setahun Penuh
    Tausyiah
    Kamis, 20 Juli 2023 - 13:20 WIB
    Asyuro adalah hari kesepuluh dari bulan Muharam. At-Turmudzi meriwayatkan sebuah hadis hasan sahih bahwa Rasulullah SAW memerintahkan untuk puasa Asyuro, yaitu pada hari ke-10 dari bulan Muharram.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Kumpulan Hadis tentang Puasa Asyura, dari Asal Usul sampai Keutamaan
    Hikmah
    Selasa, 25 Juli 2023 - 09:37 WIB
    Puasa Asyura merupakan salah satu ibadah sunnah yang dapat ditunaikan ketika bulan Muharam, tepatnya pada tanggal 10 Muharam. Terkait dengan ibadah sunnah ini, terdapat sejumlah hadis yang menerangkannya.
  • Begini Doa Asyura Berdasar Kitab Kanzun Najah, InsyaAllah Makbul
    Tips
    Kamis, 27 Juli 2023 - 07:04 WIB
    Pada hari Jumat 28 Juli 2023 adalah hari Asyura atau 10 Muharam. Dalam malam dan hari tersebut, amalan dan kebajikan yang dilakukan insyaAllah akan diijabah Allah.
  • Mengapa Hari Sabtu Terlarang dalam Islam, Benarkah Sangat Terkait dengan Yahudi?
    Hikmah
    Senin, 06 November 2023 - 16:08 WIB
    Meski ada 7 nama hari, namun di dalam dasar hukum islam Al-Quranul Karim hanya ada 2 hari yang disebut, yaitu hari Jumat dan hari Sabtu. Kenapa demikian dan apa alasannya?
  • Jadwal Puasa Tasua dan Puasa Asyura 1445 Hijriah
    Tips
    Sabtu, 22 Juli 2023 - 15:42 WIB
    Jadwal dan niat Puasa Tasua dan Asyura Tahun 2023 menjadi informasi penting yang harus diketahui umat muslim. Puasa Tasua dan Asyura merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan pada bulan Muharram.
  • Puasa Asyura dan Sholat Menghadap Baitul Maqdis untuk Tarik Simpati Kaum Yahudi?
    Hikmah
    Kamis, 28 Juli 2022 - 16:46 WIB
    Kalangan orientalis menganggap Rasulullah SAW mengadaptasi ritual-ritual Yahudi untuk kaum sebagai upaya merekrut orang-orang Yahudi agar masuk Islam.
  • 9 Peristiwa Bulan Rajab Terpopuler, Nomor 1 Paling Agung dan Bersejarah
    Hikmah
    Sabtu, 05 Februari 2022 - 23:24 WIB
    Peristiwa di bulan Rajab perlu diketahui umat Islam agar tidak melupakan sejarah. Dari 9 peristiwa besar di Bulan Rajab, ada satu peristiwa paling agung dan bersejarah.
  • Keutamaan Muharram dan Keistimewaan Hari Asyura
    Hikmah
    Jum'at, 21 Agustus 2020 - 17:21 WIB
    Muharram adalah bulan pertama dalam penanggalan Hijriyah (kalender Islam). Muharram merupakan salah satu bulan-bulan yang diagungkan Allah (Asyhurul Hurum).
  • Jadwal dan Niat Puasa Tasua dan Asyura Tahun 2023
    Tips
    Kamis, 20 Juli 2023 - 22:21 WIB
    Jadwal dan niat Puasa Tasua dan Asyura Tahun 2023 menjadi informasi penting yang harus diketahui umat muslim. Berikut jadwal dan bacaan niatnya.
  • Rangkaian Peristiwa yang Terjadi Menjelang Tibanya Hari Kiamat
    Hikmah
    Jum'at, 02 Februari 2024 - 10:46 WIB
    Datangnya hari kiamat harus diimani kaum muslim, sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran dan Hadis Nabi. Beriman kepada Hari Kiamat atau hari akhir merupakan rukun iman yang ke-5.
  • Keutamaan Puasa Asyura: Menghapus Dosa Setahun Lalu
    Tips
    Senin, 01 Agustus 2022 - 10:49 WIB
    Keutamaan puasa Asyura (hari ke-10 bulan Muharram) perlu diketahui umat Islam, mengingat keistimewaannya puasa di hari tersebut. Apa yang membuat hari Asyura begitu istimewa dan apa saja keutamaannya?
  • 3 Peristiwa Besar Bersejarah pada Bulan Ramadhan
    Hikmah
    Selasa, 05 April 2022 - 08:05 WIB
    Pada bulan suci Ramadhan terdapat banyak peristiwa besar bersejarah. Ada tiga peristiwa besar yang patut diketahui umat Islam. Apa saja?
  • Kisah Viral, Cerita Keluarga Hadid Saat Peristiwa Nakba Palestina 1948
    Dunia Islam
    Selasa, 07 November 2023 - 23:11 WIB
    Nakba adalah peristiwa besar 1948 yang menyebabkan ratusan ribu warga Palestina mengungsi dan kehilangan tanahnya. Berikut kisah nyata keluarga Hadid saat peristiwa itu.
  • Peristiwa Bulan Syaban: Perintah Berpuasa Ramadhan Turun Tahun 2 Hijriah
    Hikmah
    Rabu, 01 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Tak sedikit peristiwa penting terjadi di bulan Syaban. Salah satunya, adalah turunnya perintah berpuasa pada bulan Ramadhan. Kewajiban ini di perintahkan pada bulan Syaban tahun kedua hijriah.
  • 6 Peristiwa Ajaib di Tengah Invasi Israel ke Palestina
    Dunia Islam
    Sabtu, 21 Oktober 2023 - 14:20 WIB
    Di tengah invasi tentara Israel sejak 2008 silam hingga sekarang, ternyata banyak peristiwa ajaib yang menolong dan membantu para pejuang dan warga Palestina.
  • Puasa Asyura: Benarkah Diadaptasi dari Praktik Yahudi?
    Tausyiah
    Senin, 16 Agustus 2021 - 14:33 WIB
    Terkait dengan puasa Asyura, terdapat asumsi bahwa ritual menahan haus dan lapar ini bukanlah tradisi orisinil umat Islam, melainkan diadaptasi dari ibadah umat Yahudi.