Topik Terkait: Perjalanan Ruh Setelah Kematian

  • Perjalanan Ruh Setelah Terpisah Dari Jasadnya
    Muslimah
    Jum'at, 02 April 2021 - 18:18 WIB
    Ruh merupakan unsur non materi yang ada dalam jasad yang diciptakan Allah Subhanahu wa taala. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana sebenarnya perjalanan ruh seseorang setelah terpisah dari jasadnya?
  • Inilah 3 Tempat yang akan Disinggahi Setelah Kematian
    Tausyiah
    Kamis, 07 Desember 2023 - 11:59 WIB
    Dalam Islam, setelah kematian akan ada 3 tempat tinggal yang sangat mendebarkan bagi semua manusia. Tempat apa saja, dan mengapa mendebarkan?
  • Perjalanan Ruh Seorang Mukmin Setelah Kematiannya Ternyata Sangat Indah
    Muslimah
    Jum'at, 28 Mei 2021 - 17:30 WIB
    Ketika manusia dipanggil kembali menghadap Allah (mengalami kematian), maka jasad dan ruh akan dipisahkan. Jasad dikubur dalam tanah, sedangkan ruh masih akan mengalami perjalanan, yakni kehidupan ruh berpindah di alam barzakh.
  • Perjalanan Roh Manusia Setelah Meninggal, Ke Manakah Perginya?
    Hikmah
    Senin, 03 Juli 2023 - 08:47 WIB
    Perjalanan roh manusia setelah meninggal perlu diketahui agar menjadi ibrah bagi umat muslim. Pertanyaannnya, ke manakah roh manusia setelah meninggal? Berikut ulasannya.
  • Siksa dan Nikmat Kubur: Beberapa Fase Perjalanan Setelah Kematian Manusia
    Tausyiah
    Minggu, 20 Februari 2022 - 08:40 WIB
    Yang dimaksud beriman kepada hari akhir yaitu mengilmui dengan setiap perkara yang berkaitan dengan kejadian setelah kematian seorang hamba sambil dibarengi keyakinan yang sempurna.
  • Peristiwa Penting di Padang Mahsyar yang Patut Diketahui
    Hikmah
    Sabtu, 02 Desember 2023 - 06:14 WIB
    Peristiswa-peristiwa penting yang terjadi di Padang Mahsyar, penting diketahui umat Islam. Karena sebagai Padang Mahsyar (????) adalah salah satu perkara ghaib yang wajib diimani setiap muslim.
  • 3 Peristiwa Mendebarkan setelah Kematian
    Muslimah
    Jum'at, 05 November 2021 - 14:32 WIB
    Bagi orang yang beriman, bukan kematian yang ia takuti, melainkan apa yang akan terjadi setelahnya. Sehingga Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam memberi nasehat akan pentingnya membekali diri untuk menghadapi hari setelah kematian tersebut.
  • Inilah 3 Tempat Setelah Kematian yang Perlu Diketahui Kaum Muslim
    Tausyiah
    Jum'at, 07 Oktober 2022 - 15:59 WIB
    Bagi kaum muslim, perlu mengenal apa yang akan kita singgahi setelah kematian nanti. Karena kehidupan sesungguh yang kekal terjadi setelah kematian itu tiba.
  • Inilah Mengapa Manusia Membenci Kematian dan Kefakiran?
    Tausyiah
    Kamis, 15 Juli 2021 - 17:11 WIB
    Sesungguhnya ada dua perkara yang dibenci oleh manusia, padahal dua perkara tersebut baik bagi seorang Mukmin. Apa ittu? Kematian dan kefakiran.
  • Asbabun Nuzul Surat Qaf Dijelaskan pada Ayat ke-38 dan 45
    Hikmah
    Kamis, 12 Januari 2023 - 11:11 WIB
    Surat Qaf banyak menjelaskan tentang kehidupan yang akan dijalani manusia setelah kematian, hari kebangkitan, penciptaan langit dan bumi hingga peringatan bagi orang yang takut pada ancaman Allah SWT.
  • Bacaan Wirid setelah Salat Zuhur, Lengkap Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahan
    Tips
    Sabtu, 14 Oktober 2023 - 07:38 WIB
    Bacaan wirid setelah salat Zuhur menjadi informasi penting untuk diketahui. Tak hanya menambah pengetahuan, namun juga bisa turut diamalkan agar memperoleh banyak pahala.
  • Doa-doa Mustajab Setelah Tahiyat Akhir Lengkap Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Senin, 02 Oktober 2023 - 15:30 WIB
    Salah satu doa mustajab ada pada doa saat salat, terutama setelah tahiyat akhir. Doa-doa ini penting dihapalkan dan diamalkan setiap muslim agar dijaga dari fitnah akhir zaman dan dajjal.
  • Syariat Merespons Kematian; Antara Meratap dengan Tangis Kasih Sayang
    Muslimah
    Kamis, 03 November 2022 - 10:52 WIB
    Syariat Islam tidak membolehkan meratapi dan berteriak histeris terhadap mayit. Kebiasaan meraung-raung terhadap mayit ini dilakukan masyarakat musyrik Quraisy di jazirah arab sejak lama, yakni sebelum Islam.
  • Mempertahankan Ketaatan Setelah Ramadhan
    Muslimah
    Rabu, 12 Mei 2021 - 10:00 WIB
    Ramadhan akan segera berlalu. Lantas, apakah kualitas ketaatan kita selama Ramadhan itu bisa istiqamah? Apakah pengaruh kebaikan pada diri masih akan terlihat ataukah sudah memudar setelah Ramadhan berakhir?
  • Inilah 4 Penyesalan Manusia setelah Kematian
    Muslimah
    Senin, 08 Agustus 2022 - 11:03 WIB
    Hidup di dunia hanya sekali dan waktunya sangat sebentar, karena itu jangan sampai ada penyesalan yang terjadi di akhirat kelak. Untuk itu, sebagai muslim pergunakan kesempatan di dunia untuk ibadah dan melakukan aktivitas yang berfaedah
  • Belajar Mengingat Kematian dari Hafshah binti Sirin
    Muslimah
    Rabu, 22 Juni 2022 - 14:20 WIB
    Mengingat kematian juga merupakan salah cara hamba untuk mendekatkan diri kepada Allah Subahanhu wa taala. Mereka yang senantiasa mengingat kematian akan mengontrol nafsu duniawinya
  • Doa-doa Memohon Kematian Husnul Khatimah, Yuk Amalkan!
    Tips
    Kamis, 10 November 2022 - 10:17 WIB
    Kematian adalah hal yang pasti dan tak ada manusia yang tahu kapan ajalnya tiba. Namun, semua orang pasti mendambakan wafat dalam keadaan husnul khatimah (akhir/penutup yang baik).
  • Keutamaan Mengingat Kematian Menurut Imam Al-Ghazali
    Hikmah
    Senin, 26 Desember 2022 - 23:58 WIB
    Dalam Buku Di balik Tabir Kematian karya Imam Al-Ghazali disebutkan beberapa keutamaan mengingat kematian dalam setiap keadaan. Berikut pesannya.
  • 3 Amalan Zikir yang Bisa Diamalkan Setelah Selesai Salat
    Tips
    Kamis, 25 Mei 2023 - 17:50 WIB
    Tiga amalan zikir ini bisa diamalkan setiap muslim setelah selesai salat. Walaupun berzikir bisa dilakukan kapan saja, namun mengamalkannya setelah selesai salat memiliki keutamaan sendiri.
  • 6 Tanda Kematian akan Datang Menurut Imam Al-Ghazali
    Tips
    Kamis, 06 Januari 2022 - 07:19 WIB
    Kapan kematian itu akan datang? Tidak ada yang bisa memastikan, karena itu rahasia Allah Taala. Kendati demikian, ada beberapa hal yang mungkin bisa kita jadikan tanda ajal akan menjemput.