Topik Terkait: Pernikahan Islami (halaman 2)

  • Hapalan Al Quran Menjadi Mahar Pernikahan, Dari Mana Asal Muasalnya?
    Muslimah
    Jum'at, 18 Desember 2020 - 14:32 WIB
    Mahar diartikan sebagai harta yang diberikan suami kepada istri sebagai imbalan dan penghargaan atas kesediaanya dihalalkan untuk dinikahi. Bagaimana jika mahar itu diberikan dalam bentuk hapalan Al-Quran, boleh atau tidak?
  • Keutamaan Jima di Malam Jumat dan Doa yang Dianjurkan Nabi
    Hikmah
    Kamis, 26 September 2019 - 06:31 WIB
    Kita patut bersyukur kepada Allah Taala karena telah memerintahkan hamba-Nya untuk menikah dan melarang melakukan zina.
  • Masyarakat Religius yang Islami Menurut Al-Quran
    Tausyiah
    Minggu, 09 Juli 2023 - 17:54 WIB
    Quraish Shihab mengatakan semakin kokoh hubungan manusia dengan alam raya dan semakin dalam pengenalannya terhadapnya, akan semakin banyak yang dapat diperolehnya melalui alam itu.
  • Ingin Dapat Jodoh? Coba Amalkan Ayat Ini
    Tausiyah
    Rabu, 11 Maret 2020 - 22:43 WIB
    Bagi yang belum menikah atau ingin mendapat jodoh tak perlu cemas apalagi putus asa. Berikut amalan yang bisa dilakukan untuk mempercepat datangnya jodoh.
  • Inilah Jenis-jenis Pernikahan yang Hukumnya Haram, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Sabtu, 12 Agustus 2023 - 12:35 WIB
    Dalam Islam, tidak semua pernikahan itu halal. Ada pernikahan-pernikahan yang wajib dibatalkan karena hukumnya haram dan telah dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya
  • Parenting Islami : Menanamkan Kejujuran Pada Anak
    Muslimah
    Selasa, 12 Oktober 2021 - 16:15 WIB
    Sikap jujur sangat penting, karena merupakan fondasi utama semua karakter baik. Jujur adalah kunci kebahagiaan, karenanya jika ingin anak-anak kita berbahagia di kehidupannya, maka menanamkan sikap jujur adalah kuncinya.
  • Inilah Hadis-hadis Tentang Pernikahan yang Perlu Diketahui
    Muslimah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 14:02 WIB
    Sasaran utama dari disyariatkannya pernikahan dalam Islam di antaranya adalah untuk membentengi martabat manusia. Pernikahan melindungi manusia dari perbuatan kotor dan keji, yang dapat merendahkan dan merusak martabat manusia yang luhur.
  • Pentingnya Sikap Kehati-hatian
    Muslimah
    Senin, 07 Desember 2020 - 06:22 WIB
    Dalam soal amalan, penilaian Allah Taala tidak hanya pada amal yang besar saja. Kita sebagai umat muslim juga harus lebih bersungguh-sungguh untuk memperhatikan amal-amal kecil.
  • Bolehkan Menceritakan Aib Masa Lalu Sebelum Melangsungkan Pernikahan?
    Tausyiah
    Rabu, 12 Juli 2023 - 12:24 WIB
    Menikah dengan pasangan sempurna, tentu sangat didampakan setiap manusia baik laki-laki maupun wanita. Namun tak ada gading yang tak retak, tak ada manusia yang sempurna. Semua manusia memiliki aib.
  • Rabithah Alam Islami Siap Dukung Agenda Internasional NU
    Dunia Islam
    Kamis, 12 Mei 2022 - 15:18 WIB
    Sekretaris Jenderal Rabithah Alam Islami (Liga Muslim Dunia), Syaikh Muhammad bin Abdul Karim Al Issa menegaskan bahwa NU ikut memegang hak milik atas Rabithah.
  • Milik Siapakah Mahar Pernikahan?
    Muslimah
    Sabtu, 21 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Mahar pernikahan selebriti jadi trending topik. Bagaimana sebenarnya mahar pernikahan itu dalam pandangan syariat? Lantas, siapakah pemilik mahar tersebut, istri atau mertuanya?
  • Ingin Menikah di 2020? Simak Pesan Habib Jindan Ini
    Tausiyah
    Rabu, 01 Januari 2020 - 05:45 WIB
    Pimpinan Yayasan Al-Fachriyah Tangerang, Al-Habib Jindan bin Novel bin Salim bin Jindan memberi nasihat indah tentang pernikahan dalam kajian rauhah di Ponpes Al-Fachriyah, Ciledug.
  • Tsarid, Menu Sehat yang Sering Dimasak Aisyah
    Muslimah
    Minggu, 27 September 2020 - 06:58 WIB
    Gaya hidup sehat sudah menjadi gaya hidup baru di era saat ini. Semua orang terus mengkampanyekan gerakan hidup sehat ini di semua kalangan. Dan, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam sudah melakukan 1.500 tahun yang lalu.
  • Menikah adalah Wasiat Terpenting Rasulullah, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Minggu, 23 Oktober 2022 - 05:15 WIB
    Salah satu aktivitas umat Islam yang bernilai pahala besar adalah menikah. Berlimpah pahala ada dalam pernikahan. Keagungan pernikahan karena merupakan Sunnah Rasulullah Shallalahu Alaihi wa Sallam.
  • Menjadi Hamba Allah yang Sedikit
    Tausyiah
    Kamis, 20 Agustus 2020 - 18:23 WIB
    Suatu hari Sayidina Umar bin Khaththab radhiallahu anhu melawati seseorang yang sedang berdoa di sebuah pasar: Ya Allah jadikanlah aku termasuk hamba-hamba-Mu yang sedikit.
  • Mensyaratkan Memiliki Harta Dulu Sebelum Menikah, Bolehkah?
    Muslimah
    Kamis, 17 Desember 2020 - 10:00 WIB
    bila seorang perempuan muslimah akan menikah, kemudian ia memberikan syarat kepada calon suaminya untuk memiliki harta dalam jumlah tertentu baru kemudian bisa menikah, apakah ini dibolehkan?
  • Hukum Berutang untuk Menikah, Boleh atau Tidak?
    Tausyiah
    Kamis, 02 Juni 2022 - 11:14 WIB
    Dalam Islam menikah memang sangat dianjurkan, bahkan bisa jadi wajib bagi orang yang dikhawatirkan berzina. Namun bukan berarti ini harus dilakukan dengan melegalkan segala macam cara.
  • 4 Bekal bagi Orang yang Menasihati Pemimpin
    Tausyiah
    Selasa, 20 Februari 2024 - 10:54 WIB
    Bagi setiap individu yang ingin memberikan nasihat kepada pemimpin, maka ia harus memperhatikan hal-hal, pertama harus ikhlas. Kedua, menjahui segala macam ambisi pribadi.
  • Bolehkah Pasangan Muslim Merahasiakan Pernikahan?
    Muslimah
    Jum'at, 06 November 2020 - 11:09 WIB
    Allah telah meletakkan kaidah-kaidah yang mengatur dan menjaga kehormatan setiap muslim. Salah satunya dengan pernikahan secara syari yang menjadikan hubungan antara laki-laki dan perempuan menjadi hubungan yang sakral yang melibatkan aturan ilahiah.
  • Bahaya Ulama Instan
    Tausyiah
    Senin, 06 Juli 2020 - 23:49 WIB
    Rasulullah SAW mengingatkan: Ulama itu adalah pewaris para Nabi. Hari ini kita menyaksikan begitu banyak yang dadakan menjadi ustaz, dai, dan penceramah instabile yang selebritas.