Topik Terkait: Pesta Pernikahan (halaman 7)

  • Doa Agar Cepat Mendapat...
    Tausiyah
    Jum'at, 21 Februari 2020 - 08:15 WIB
    Bagi mereka yang ingin cepat mendapatkan jodoh, ada baiknya mengamalkan doa Nabiyullah Musa alaihissalam (AS) ini.
  • Bagaimana Islam Memutus...
    Tausyiah
    Selasa, 06 Desember 2022 - 11:29 WIB
    Dalam fiqih pernikahan, Islam mengatur tentang khiyar (hak pilih). Konsep khiyar diputuskan dalam Islam agar kedua pihak masing-masing dari calon suami atau istri mendapat keadilan.
  • Nikah Dulu atau Mapan...
    Muslimah
    Kamis, 19 Mei 2022 - 16:45 WIB
    Harus diakui masih banyak anggapan untuk menikah seseorang harus mapan terlebih dahulu, punya ini dan itu sehingga menjadikan beberapa pihak tertunda bahkan tidak bisa melakukan perintah Allah yang Mulia.
  • Pesta Makan di Hari...
    Muslimah
    Jum'at, 30 Juni 2023 - 14:39 WIB
    Di hari Tasyrik umat Islam dianjurkan untuk banyak makan, minum dan berzikir. Meski perintahkan untuk makan makan, namun tetap harus memerhatikan pola makannya, terutama pola makan yang sesuai dengan Al Qur an dan hadis.
  • Penjual dan Pembeli...
    Hikmah
    Kamis, 08 September 2022 - 10:57 WIB
    Kisah pembeli dan penjual tanah berbesan karena guci berisi emas disampaikan Rasulullah SAW dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Muslim. Berikut kisahnya.
  • Rumah Tangga dalam Islam...
    Hikmah
    Selasa, 07 Mei 2024 - 14:10 WIB
    Percikan konflik dalam rumah tangga seringkali berakar dari diabaikannya hak-hak istri atau suami oleh pasangan mereka. Ada hak-hak yang tidak ditunaikan, salah satunya adalah soal hak-hak istri tersebut.
  • Rasulullah yang Gali...
    Hikmah
    Senin, 13 April 2020 - 15:00 WIB
    Abdullah yang dijuluki Dzil Bijadain merupakan orang terpandang di kalangan kabilahnya. Ia menjadi miskin karena hatinya tertambat dengan Rasulullah.
  • Siapa Saja yang Tidak...
    Tausyiah
    Kamis, 27 Juni 2024 - 14:50 WIB
    Biasanya wanita dinikahi karena hartanya, atau keturunannya, atau kecantikannya, atau karena agamanya. Jatuhkan pilihanmu atas yang beragama, (karena kalau tidak) engkau akan sengsara.
  • Inilah Alasan Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Senin, 08 Agustus 2022 - 16:52 WIB
    Beragam alasan mengapa Nabi Muhammad SAW poligami. Sepanjang hidupnya, Rasulullah SAW menikahi 11 orang perempuan, ada pula pendapat yang mengatakan jumlahnya adalah 13 orang.
  • Islamofobia di India:...
    Dunia Islam
    Senin, 03 Juli 2023 - 09:07 WIB
    Apa yang awalnya dimulai sebagai kampanye Jebakan Cinta Bhagwa, memperingatkan muslimah tentang pria Hindu yang mencoba memikat mereka, segera berubah menjadi teori bayangan cermin tentang jihad cinta.
  • Pesan Rasulullah SAW...
    Hikmah
    Senin, 07 Oktober 2019 - 15:25 WIB
    Dalam satu hadits Rasulullah SAW, beliau bersabda, Sebaik-baik kalian adalah yang terbaik sikapnya terhadap keluarganya. Dan aku adalah yang terbaik di antara kalian terhadap keluargaku.
  • Penting Buat Pasangan,...
    Muslimah
    Jum'at, 14 Agustus 2020 - 17:22 WIB
    Salah satu kebahagiaan adalah memiliki pasangan hidup yang saleh dan saleha. Dengan kesalehannya, Allah berkenan memberikan sentuhan-sentuhan keberkahan yang jauh melampaui dugaan Anda
  • Khulu, Hak Istri Meminta...
    Muslimah
    Minggu, 18 September 2022 - 10:50 WIB
    Al-Hafizh Ibnu Hajar mengatakan apabila keretakan rumah tangga terjadi dari pihak perempuan saja, maka diperbolehkan baginya mengajukan khulu dan membayar fidyah.
  • Bolehkah Wali Nikah...
    Tausyiah
    Sabtu, 15 Juli 2023 - 15:45 WIB
    Bolehkah wali nikah diwakilkan? Hal ini sering ditanyakan sebagian kalangan muslim di Tanah Air. Langsung saja kita simak penjelasan berikut ini.
  • Menikah di Bulan Suro,...
    Hikmah
    Selasa, 30 November 2021 - 23:25 WIB
    Menikah di Bulan Suro bagi sebagian masyarakat Indonesia khususnya Jawa merupakan hal terlarang untuk menggelar hajatan. Benarkah dilarang atau hanya mitos?
  • Syarat Sah Perkawinan:...
    Tausyiah
    Sabtu, 29 Juni 2024 - 20:02 WIB
    Wali dari pihak calon suami tidak diperlukan, tetapi wali dari pihak calon istri dinilai mutlak keberadaan dan izinnya oleh banyak ulama berdasar sabda Nabi SAW. Tidak sah nikah kecuali dengan (izin) wali.
  • Menikahlah, Katakan...
    Muslimah
    Selasa, 08 Desember 2020 - 08:58 WIB
    Kebanyakan muslim dan muslimah yang berpacaran, banyak melanggar syariat yang dilarang Allah dan Rasul-Nya. Mereka saling bersentuhan dan kadang mereka nampak asyik mengumbar kemesraan.
  • Bagaimana Hukum Mengembalikan...
    Tausyiah
    Rabu, 03 Juli 2024 - 14:18 WIB
    Bagaimana hukum mengembalikan atau meminta kembali barang barang seserahan khitbah (lamaran) karena batal menikah? Begini penjelasannya dalam aturan Islam
  • Lebih Baik Tersibukkan...
    Hikmah
    Kamis, 02 Februari 2023 - 11:35 WIB
    Para ahli ilmu kalam telah menyusun seuntai pepatah: lebih baik tersibukkan dalam tugas-tugas perkawinan daripada dalam ibadah-ibadah sunnah. Apa maksudnya?
  • Inilah Pahala Membantu...
    Tausiyah
    Selasa, 29 Oktober 2019 - 16:05 WIB
    Dalam Kitab Al-Mukhtar Minal Anwar fii Shuhbatil Akhyar karya Imam Asy-Syarani disebutkan salah satu hak persaudaraan adalah membantu saudara yang ingin menikah.