Topik Terkait: Politik Dinasti

  • Dinasti Safawiyah, Bermula dari Gerakan Tarekat Menjadi Kerajaan
    Dunia Islam
    Selasa, 08 Maret 2022 - 16:12 WIB
    Cikal bakal berdirinya Dinasti Safawiyah berawal dari gerakan tarekat yang diberi nama Safawiyah. Gerakan ini muncul di Persia tepatnya di Ardabil, sebuah kota di Azerbaijan.
  • Ibrahim bin Walid, 70 Malam Menjadi Khalifah Dinasti Umayyah
    Dunia Islam
    Selasa, 15 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Ibrahim bin Al-Walid ialah Khalifah Bani Umayyah yang memerintah dalam waktu singkat pada tahun 744 M. Ia turun tahta dan bersembunyi karena ketakutan terhadap lawan-lawan politiknya.
  • Raziyya Al-Din dan Shajarat al-Durr: Muslimah Pemimpin Dinasti yang Berakhir Tragis
    Dunia Islam
    Senin, 21 Maret 2022 - 16:15 WIB
    Dalam sejarah Islam, Raziyya adalah perempuan pertama yang berkuasa. Perempuan kedua adalah Sajarah al-Dur (1249 M), pendiri Dinasti Mamluk 1249-1517 M di Mesir.
  • Mengenal Ertugrul, Sosok Ayah dari Pendiri Dinasti Turki Utsmani
    Dunia Islam
    Selasa, 17 Januari 2023 - 22:00 WIB
    Sosok Ertugrul Ghazi mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Padahal, dia merupakan ayah dari Utsman I, pendiri Kesultanan Utsmaniyah (Turki Utsmani).
  • Kisah Khalifah Al-Mahdi Membangun Konspirasi Penggulingan Putra Mahkota Isa Bin Musa
    Hikmah
    Rabu, 18 Mei 2022 - 17:42 WIB
    Ia menjabat sebagai khalifah setelah khalifah pendahulunya, Al-Mashur, melanggar wasiat khalifah pertama, As-Saffah, yang menunjuk Isa bin Musa sebagai khalifah pengganti Al-Manshur.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Detik-Detik Menjelang Runtuhnya Daulah Umayyah dan Berdirinya Daulah Abbasiyah
    Dunia Islam
    Selasa, 22 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Kisah berikut meceritakan bagaimana Abul Abbas menyusun kekuatan dan melakukan perebutan kekuasaan menjelang tumbangnya Daulah Umayyah digantikan Daulah Abbasiyah
  • Leluhur Dinasti Abbasiyah, Paman Nabi yang Wafat di Bulan Rajab
    Hikmah
    Kamis, 03 Februari 2022 - 11:34 WIB
    Nenek moyang Dinasti Abbasiyah --berdiri tahun 750 dan bubar tahun 1517-- adalah Al-Abbas bin Abdul Muthalib. Beliau wafat pada hari Jumat tanggal 26 Rajab, tahun 32 H.
  • Kisah Penaklukan Islam ke Prancis, Andalusia, dan Spanyol Islam
    Dunia Islam
    Minggu, 01 Januari 2023 - 08:09 WIB
    Penaklukan Islam atas semenanjung Iberia merupakan kelanjutan dari penaklukan Islam atas Afrika Utara. Penaklukan-penaklukan ini terjadi sebagai hasil dari ekspedisi-eksedisi militer.
  • Ali bin Abdullah bin Al- Abbas Kakek Para Khalifah Dinasti Abbasiyah Berjuluk As Sajjad
    Hikmah
    Selasa, 08 Februari 2022 - 17:15 WIB
    Lantaran dikenal memperbanyak ibadah dan sholat, Ali bin Abdullah bin Al-Abbas mendapat julukan As Sajjad atau yang banyak bersujud. Beliau adalah kakek para khalifah Bani Abbasiyah.
  • Khaizuran, Perempuan Pelopor Peringatan Maulid Nabi dalam Pusaran Politik Berdarah
    Dunia Islam
    Rabu, 13 Oktober 2021 - 16:41 WIB
    Ibunda Amirul Mukminin Musa al-Hadi dan Harun al-Rasyid ini adalah pelopor peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Lebih dari itu, ia terlibat dalam sengkarut politik berdarah Dinasti Abbasiyah.
  • Kisah Khalifah Al-Hadi, Ketika Madinah Dikuasai Pemberontak
    Dunia Islam
    Selasa, 24 Mei 2022 - 17:30 WIB
    Pada era pemerintahan Al-Hadi hubungan Bani Abbas dan anak keturunan Ali bin Abi Thalib kembali memburuk. Setelah sebelumnya hubungan antara dua kekuatan utama Bani Hasyim ini sempat diperbaiki.
  • Istimar: Kekuasaan Politik Manusia, Tugas Memakmurkan Bumi
    Tausyiah
    Selasa, 09 Januari 2024 - 08:24 WIB
    Sedangkan surat Al-Rum (30): 9 yang mengulangi dua kali kata kerja masa lampau amaru berbicara tentang bumi, diartikan sebagai membangun bangunan, serta mengelolanya untuk memperoleh manfaatnya.
  • Kaidah Pokok Syariat Politik Islam Menurut Syaikh As-Sa’di
    Tausyiah
    Minggu, 11 Februari 2024 - 05:15 WIB
    Di antara ushl syariah (kaidah pokok syariat) adalah kaum Muslimin diperintahkan untuk melaksanakan agama mereka, menunaikan hak-hak Allh dan menunaikan hak para hamba.
  • Siyasah atau Politik dalam Al-Quran Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Senin, 08 Januari 2024 - 11:49 WIB
    Kata ini terambil dari akar kata sasa-yasusu yang biasa diartikan mengemudi, mengendalikan, mengatur, dan sebagainya. Dari akar kata yang sama ditemukan kata sus yang berarti penuh kuman, kutu, atau rusak
  • Kisah Khalifah Al-Manshur, Tumpas Pemberontakan Keturunan Ali Bin Abu Thalib
    Dunia Islam
    Selasa, 17 Mei 2022 - 17:15 WIB
    Pada saat memerintah, Al-Manshur mendapat perlawanan yang cukup sengit dari kelompok Ahlul Bait yang dipimpin oleh sosok bernama Muhammad dan Ibrahim.
  • Politik: Islam Telah Mensyariatkan Aturan yang Sempurna dan Adil
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Februari 2024 - 12:18 WIB
    Dalam urusan politik, Islam telah mensyariatkan aturan yang paling sempurna dan adil. Islam mengajari umatnya segala yang seharusnya dilakuan dalam berintraksi (muamalah) dengan sesama Muslim atau dengan yang lainnya.
  • Dinasti Ayyubiyah: Sejarah, Peradaban dan Keruntuhannya
    Dunia Islam
    Minggu, 01 Januari 2023 - 14:30 WIB
    Dinasti Ayyubiyah merupakan salah satu dinasti yang pernah eksis dan berpengaruh dalam sejarah peradaban Islam. Kerajaan Islam ini muncul setelah runtuhnya Dinasti Fatimiyah.
  • Ketika Jilbab Dianggap Bisa Memengaruhi Politik Turki
    Dunia Islam
    Rabu, 31 Mei 2023 - 17:26 WIB
    Jibab masih menjadi simbol politik yang memecah belah di Turki. Selama beberapa dekade, raison detat Turki menganggap jilbab sebagai ancaman bagi Turki modern dan sekuler.
  • Berikut Ini Gagasan Etika Politik Bersumber Al-Quran
    Hikmah
    Kamis, 08 Februari 2024 - 14:37 WIB
    Al-Quran adalah petunjuk bagi umat manusia, maka tidak berlebihan apabila kitab suci ini dijadikan sebagai konsep etika politik, di mana etika ingin menjawab bagaimana hidup yang baik.
  • Kisah Harun Al-Rasyid di Bawah Ancaman Dinasti Idrisiyah dan Kekaisaran Carolingian
    Dunia Islam
    Selasa, 31 Mei 2022 - 18:25 WIB
    Pada tahun kedua, pemerintahan Khalifah Harun Al-Rasyid, wilayah Dinasti Abbasiyah mendapat rongrongan baru dengan lahirnya Dinasti Idrisiyah di Maroko dan bangkitnya Kekaisaran Carolingian di Eropa Barat.