Topik Terkait: Politik Kesejahteraan (halaman 2)

  • Tragedi Karbala: Kisah Syahidnya 3 Pendukung Setia Husein bin Ali
    Dunia Islam
    Minggu, 07 Agustus 2022 - 19:48 WIB
    Kisah syahidnya 3 pendukung setia Sayyidina Husein bin Ali bin Abi Thalib cucu Rasulullah SAW, sebelum terjadinya tragedi Karbala ini menjadi kisah sedih yang dicatat dalam sejarah.
  • Kisah Louis Farrakhan yang Anggap Elijah Muhammad sebagai Al-Mahdi
    Dunia Islam
    Senin, 28 November 2022 - 09:52 WIB
    Gerakan Islam di Amerika Serikat diwarnai hal-hal yang kontroversial. Elijah Muhammad mengaku nabi atau sang utusan. Ketika ia meninggal dunia, pengikutnya menyebutnya sebagai al-Mahdi.
  • Kisah Pertentangan Politik Abu Bakar dengan Umar bin Khattab yang Paling Menonjol
    Hikmah
    Senin, 16 Mei 2022 - 21:14 WIB
    Umar bin Khattab dan Abu Bakar Ash-Shiddiq adalah dua orang sahabat Rasulullah SAW yang dijamin masuk surga. Hanya saja, dalam hal urusan politik keduanya tidak bisa dianggap sama.
  • Prinsip-Prinsip Kekuasaan Politik Menurut Al-Quran
    Tausyiah
    Rabu, 10 Januari 2024 - 09:45 WIB
    Ikatan ini terjalin antara sang penguasa dengan Allah SWT di satu pihak dan dengan masyarakatnya di pihak lain. Perjanjian dengan Allah dinamai oleh-Nya dalam Al-Quran dengan ahd.
  • Duluan Mana, Keadilan apa Kesejahteraan? Begini Jawaban Quraish Shihab
    Tausyiah
    Kamis, 11 Januari 2024 - 10:56 WIB
    Terjadi silang pendapat mengenai apa yang harus didahulukan, apakah kesejahteraan atau keadilan? Muhammad Quraish Shihab menjelaskan dari sekian ayat ditemukan isyarat perlunya mendahulukan keadilan.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Kisah Khalifah Hisham, Angkat Keturunan Penghuni Neraka Saqar sebagai Gubernur Madinah
    Dunia Islam
    Rabu, 09 Maret 2022 - 13:55 WIB
    Khalifah kesepuluh Dinasti Umayyah, Hisham bin Abdul-Malik, dikenal sebagai khalifah yang sarat nepotisme. Keputusannya yang kontroversial adalah ketika ia mengangkat pamannya sebagai Gubernur Madinah
  • Ketika Jilbab Dianggap Bisa Memengaruhi Politik Turki
    Dunia Islam
    Rabu, 31 Mei 2023 - 17:26 WIB
    Jibab masih menjadi simbol politik yang memecah belah di Turki. Selama beberapa dekade, raison detat Turki menganggap jilbab sebagai ancaman bagi Turki modern dan sekuler.
  • Dinasti Timuriyah, Kekaisaran yang Didirikan Sisa Pasukan Mongol yang Masuk Islam
    Dunia Islam
    Sabtu, 24 Desember 2022 - 07:13 WIB
    Dinasti Timuriyah adalah kekaisaran yang didirikan sisa pasukan Mongol yang masuk Islam. Ini adalah dinasti Islam Sunni. Luas wilayah yang dikuasai mencapai 4,4 juta km persegi.
  • PCINU Jerman kaji konsep politik Quraish Shihab
    Hikmah
    Senin, 22 Juli 2013 - 12:44 WIB
    Munir menjelaskan bahwa Prof. Quraish Shihab merupakan mufassir (Ahli tafsir) Alquran terkenal asal Indonesia. Salah satunya yang kemudian menjadi karya monumental adalah Tafsir Al Misbah. Quraish Shihab berpendapat bahwa Alquran hanya mengatur secara detail dan tegas urusan aqidah dan hal-hal yang tidak mengalami perubahan atau perkembangan.
  • Konsep Politik Hasan Al-Banna: Persamaan Agama dan Tidak Dibatasi Geografis
    Dunia Islam
    Kamis, 23 November 2023 - 14:06 WIB
    Ketiga teori itu memberikan inspirasi terhadap Hasan al-Banna untuk menformulasikan sistem politik Mesir. Ide patriotisme dan nasionalisme menurut al-Banna secara substansial tidak bertentangan dengan Islam.
  • Kisah Sedih Amir Utsmani Terakhir di Makkah Sharif Ali Haydar Pasha
    Dunia Islam
    Rabu, 24 Mei 2023 - 10:14 WIB
    Dia adalah Sharif Ali Haydar Pasha. Keturunan Nabi Muhammad SAW ini adalah amir terakhir Daulah Utsmani di Makkah. Ia menjalani kehidupan yang penuh dengan jebakan materi.
  • Syaikh Muhammad Abduh Bicara tentang Mengapa Islam Jadi Bercorak Asing
    Dunia Islam
    Senin, 12 Desember 2022 - 18:23 WIB
    Syaikh Muhammad Abduh dalam Kitab Al-Islam wan-Nashrania berbicara mengenai mengapa Islam jadi bercorak asing. Berikut penuturan beliau selengkapnya:
  • Menasihati Pemimpin Menurut Etika Islam
    Tausyiah
    Rabu, 14 Februari 2024 - 09:43 WIB
    Islam memiliki etika tersendiri dalam menasihati pemimpin, bahkan mempunyai kaidah-kaidah dasar yang tidak boleh dilecehkan sebab, pemimpin tidak sama dengan rakyat
  • Surga yang Dihuni Adam dan Hawa, Kesejahteraan Sosial yang Didambakan Al-Quran
    Tausyiah
    Senin, 22 Agustus 2022 - 10:43 WIB
    Kesejahteraan sosial yang didambakan Al-Quran tecermin dari surga yang dihuni oleh Adam dan Hawa, sesaat sebelum turunnya mereka melaksanakan tugas kekhalifahan di bumi.
  • Kendati Banyak yang Memilih, Khalifah Umar Larang Anaknya Jadi Pejabat
    Hikmah
    Senin, 20 Juli 2020 - 17:16 WIB
    Menjelang wafat, Umar bin Khattab menyampaikan wasiat kepada kaum Muslimin soal pemilihan khalifah penggantinya. Beliau melarang anak-anaknya menjadi pejabat apa pun.
  • Kisah Khalifah Al-Manshur, Tumpas Pemberontakan Keturunan Ali Bin Abu Thalib
    Dunia Islam
    Selasa, 17 Mei 2022 - 17:15 WIB
    Pada saat memerintah, Al-Manshur mendapat perlawanan yang cukup sengit dari kelompok Ahlul Bait yang dipimpin oleh sosok bernama Muhammad dan Ibrahim.
  • Kisah Tumbangnya Dinasti Umayyah, 300 Anggota Keluarganya Dieksekusi Mati
    Dunia Islam
    Senin, 21 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Abu al-Abbas mengambil gelar khalifah al-Saffah di Kufah. Perintah pertamanya adalah memusnahkan Umayyah. Setidaknya 300 lebih keluarga Umayyah dieksekusi.
  • Sultan Muizz ad-Din Muhammad, Peletak Dasar Pemerintahan Muslim di India
    Dunia Islam
    Selasa, 15 Maret 2022 - 17:56 WIB
    Muizz ad-Din Muhammad memerintah atas wilayah yang mencakup bagian dari Afghanistan modern, Bangladesh, Iran, India Utara, Pakistan, Tajikistan dan Turkmenistan.
  • Krisis Politik: Para Sahabat Nabi Kirim Putra Mereka untuk Lindungi Khalifah Utsman
    Hikmah
    Selasa, 12 Januari 2021 - 09:01 WIB
    Tindakan pencegahan yang dilakukan oleh Ali bin Abi Thalib diikuti oleh para sahabat Nabi Muhammad yang lain. Thalhah dan Zubair juga memerintahkan putranya melindungi Khalifah Utsman.
  • Ibrahim bin Walid, 70 Malam Menjadi Khalifah Dinasti Umayyah
    Dunia Islam
    Selasa, 15 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Ibrahim bin Al-Walid ialah Khalifah Bani Umayyah yang memerintah dalam waktu singkat pada tahun 744 M. Ia turun tahta dan bersembunyi karena ketakutan terhadap lawan-lawan politiknya.