Topik Terkait: Ramadan (halaman 30)

  • Aspek Hukum Puasa: Imsak...
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Maret 2024 - 07:03 WIB
    Pada zaman Nabi, beberapa saat sebelum fajar, Bilal mengumandangkan azan, namun beliau mengingatkan bahwa bukan itu yang dimaksud dengan fajar yang mengakibatkan larangan makan dan minum.
  • Jadwal Imsakiyah Surabaya,...
    Tips
    Kamis, 14 Maret 2024 - 20:17 WIB
    Jadwal Imsakiyah Surabaya berlaku hari, 15 Maret 2024/4 Ramadan 1445 Hijriah. Jadwal ini bisa menjadi panduan bagi warga Surabaya dan sekitarnya sebagai patokan untuk mengatur jadwal sahur selama bulan Ramadan
  • Rasulullah Teladan Umat
    Tausyiah
    Rabu, 05 Mei 2021 - 11:43 WIB
    Dalam sejarah dakwahnya Rasulullah SAW, figur Rasulullah merupakan figur yang sangat menarik. Figur yang dari semua sisi tidak ada cela baginya.
  • 4 Orang Ini Tidak Akan...
    Tausyiah
    Senin, 03 Mei 2021 - 15:05 WIB
    Salah satu keistimewaan Ramadhan adalah adanya satu malam mulia yang disebut Lailatul Qadar. Namun, ada 4 golongan orang yang tidak akan mendapatkan Lailatul Qadar.
  • Jadwal Imsakiyah Kota...
    Tips
    Rabu, 29 Maret 2023 - 00:15 WIB
    Jadwal Imsakiyah dan sholat ini berlaku untuk wilayah Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, Rabu 29 Maret 2023 atau 7 Ramadhan 1444 Hijriyah.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Mustajabnya Doa di Waktu...
    Tausyiah
    Senin, 11 Maret 2024 - 12:51 WIB
    Semua waktu di bulan Ramadan adalah waktu mustajab untuk berdoa. Namun ada dua waktu yang jangan dilewatkan untuk berdoa terlebih dahulu, yang doanya langsung menembus langit, yakni waktu saat berbuka puasa dan waktu sahur
  • Jadwal Imsakiyah Ramadan...
    Tips
    Minggu, 17 Maret 2024 - 14:42 WIB
    Berikut adalah jadwal imsakiyah untuk wilayah Kota Bandar Lampung, Lampung, dan sekitarnya yang dihisab oleh Oman Fathurohman SW, Majelis Tarjih dan Tadid PP Muhammadiyah.
  • Lailatul Qadar: Para...
    Tausyiah
    Jum'at, 29 Maret 2024 - 13:18 WIB
    Lailatul qadar yang penuh barakah ini mengandung berbagai keutamaan yang agung dan kebaikan-kebaikan yang banyak. Salah satu di antaranya adalah turunnya para malaikat pada malam yang mulia ini.
  • Lailatul Qadar: Malam...
    Tausyiah
    Jum'at, 29 Maret 2024 - 13:31 WIB
    Lailatul qadar yang penuh barakah ini mengandung berbagai keutamaan yang agung dan kebaikan-kebaikan yang banyak. Salah satu di antaranya adalah suatu malam yang penuh kesejahteraan.
  • Memaknai Keberkahan...
    Tausyiah
    Senin, 17 April 2023 - 01:39 WIB
    Kata syukur nampaknya sederhana dan sangat populer. Tapi sesungguhnya memiliki makna yang dalam dan penting, baik dalam agama maupun kehidupan.
  • Jadwal Imsakiyah Jakarta...
    Tips
    Jum'at, 07 April 2023 - 19:45 WIB
    Jadwal Imsakiyah Jakarta ini berlaku untuk hari Sabtu 8 April 2023 atau 17 Ramadan 1444 Hijriah. Bagi warga Jakarta dan sekitarnya jadwal imsakiyah ini dapat dijadikan acuan untuk menjalankan ibadah puasa dan salat 5 waktu.
  • Sejarah Nuzulul Quran...
    Hikmah
    Rabu, 05 April 2023 - 21:44 WIB
    Sejarah Nuzulul Quran dan keutamaannya perlu diketahui kaum muslim. Tahun ini Nuzulul Quran diperingati pada malam 17 Ramadan yang jatuh pada Jumat malam (7 April 2023).
  • 5 Perkara yang Membatalkan...
    Tausyiah
    Senin, 10 April 2023 - 10:00 WIB
    Selain menjalankan ibadah puasa Ramadan, umat Islam juga semestinya mengetahui hal-hal apa saja yang dapat membatalkan puasanya.
  • Bacaan 10 Surat untuk...
    Tips
    Jum'at, 22 Maret 2024 - 09:57 WIB
    Bacaan 10 surat saat salat tarawih 23 rakaat penting diketahui umat Muslim. Biasanya surat-surat yang dibaca ini tergolong pendek-pendek dan terdapat pada juz 30.
  • Jadwal Imsakiyah Wilayah...
    Tips
    Selasa, 05 Maret 2024 - 09:49 WIB
    Berikut ini jadwal Imsakiyah untuk Wilayah Jakarta dan sekitarnya berdasarkan hisab Oman Fathurohman SW, Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
  • Jadwal Imsakiyah Semarang,...
    Tips
    Jum'at, 05 April 2024 - 20:15 WIB
    Jadwal Imsakiyah Semarang berlaku 6 April 2024/ 26 Ramadan 1445 Hijriah. Jadwal ini bisa menjadi panduan bagi warga Semarang dan sekitarnya sebagai patokan untuk mengatur jadwal sahur selama bulan Ramadan
  • Bacaan Niat Menggabung...
    Tausyiah
    Minggu, 14 Januari 2024 - 11:30 WIB
    Waktu untuk membayar puasa Ramadan juga tinggal sedikit lagi. Bolehkah menggabungkannya pelaksanaan puasa sunnah Rajab dengan qadha puasa Ramadan?
  • Bolehkah Tidur Siang...
    Tausyiah
    Sabtu, 16 Maret 2024 - 11:38 WIB
    Amalan ringan di bulan Ramadan menjadi ladang pahala, tak terkecuali tidur. Pertanyaannya, bolehkah tidur di siang hari ketika kita berpuasa?
  • Aspek Hukum Puasa: Keluar...
    Tausyiah
    Kamis, 14 Maret 2024 - 14:55 WIB
    Walaupun ayat ini tak melarang ciuman, atau pelukan antar suami-istri, namun para ulama mengingatkan bahwa hal tersebut bersifat makruh, khususnya bagi yang tidak dapat menahan diri.
  • Hukum Membayar Kafarat...
    Muslimah
    Senin, 27 Maret 2023 - 12:06 WIB
    Salah satu pembatal puasa dan merupakan dosa di bulan Ramadan adalah berjimak di siang hari. Maka, yang melakukannya wajib bertauba disamping kewajiban membayar kafarat (tebusan).