Topik Terkait: Salat Ied (halaman 2)

  • Masih Suka Menyepelekan Salat? Ini Balasannya di Dunia dan Akhirat
    Tausyiah
    Selasa, 14 Mei 2024 - 08:14 WIB
    Masih suka menggampangkan atau menyepelekan salat? Hati-hati, selain dosa ada balasan atau konsekuensi bagi pelakunya baik di dunia mauoun di akhirat kelak.
  • Begini Tata Cara Salat Id di Rumah, Sendiri Maupun Berjamaah
    Tausyiah
    Kamis, 07 Mei 2020 - 15:42 WIB
    Di tengah wabah corona, umat Islam bisa mengerjakan salat Idul Fitri di rumah masing-masing. Salat Id di rumah itu, lakukan seperti salat subuh. Begini tata caranya.
  • Salat Tarawih Tanpa Ba’diyah Isya, Bolehkah?
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Maret 2024 - 15:09 WIB
    Salat tarawih menjadi salah satu amalan yang hanya bisa dilakukan ketika memasuki bulan Ramadan. Meski berstatus ibadah sunnah, salat tarawih memiliki keutamaan dan pahala yang melimpah.
  • Lebaran Bersama Rasulullah SAW: Makan sebelum Salat Id
    Tausyiah
    Senin, 08 April 2024 - 05:15 WIB
    Hikmah makan sebelum salat (Idul Fithri) adalah agar orang tidak menyangka masih diharuskan puasa hingga dilaksankan salat Id, seolah-olah beliau ingin menutup jalan menuju ke sana
  • Besok Gerhana Matahari, Berikut Tata Cara Salat Gerhana!
    Tips
    Rabu, 19 April 2023 - 18:38 WIB
    Pada hari Kamis, 20 April 2023 akan terjadi gerhana matahari hibrida. Umat Islam diperkenankan untuk melakukan sembahyang gerhana, secara berjamaah, tanpa azan dan ikamah.
  • Doa dan Zikir Setelah Salat Hajat Lengkap dengan Huruf Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Senin, 12 Juni 2023 - 18:10 WIB
    Doa dan zikir setelah salat hajat ini bisa diamalkan dengan mudah oleh setiap muslim. Salat hajat sendiri merupakan salat sunahyang dikerjakan untuk meminta kepada Allah SWT supaya yang menjadi hajat kita cepat dikabulkan oleh Allah
  • Beda Pendapat Hukum Salat Id: Sunnah, Fardhu Kifayah, dan Fardhu Ain
    Tausyiah
    Sabtu, 09 Mei 2020 - 03:06 WIB
    Idul fitri ditandai dengan salat dua rekaat, biasanya di lapangan atau di masjid. Di era corona ini, ulama menyarankan salat di rumah saja bersama keluarga. Lalu, bagaimana hukum salat id?
  • Mengganti Salat Usai Haid, Bagaimana Aturannya?
    Muslimah
    Sabtu, 17 Oktober 2020 - 09:23 WIB
    Bila puasa wajib, maka perempuan wajib mengganti atau mengqadha puasanya itu setelah haidnya selesai. Lalu bagaimana dengan ibadah salat, apalah perempuan haid wajib menggantinya juga?
  • Tata Cara Salat Sunnah Taubat Berikut Doanya
    Tausyiah
    Kamis, 04 Februari 2021 - 21:52 WIB
    Salat Sunnah Taubah (Tobat) adalah salat sunnah yang dicintai Allah Taala. Salat tobat ini disebut juga permohonan ampunan kepada Allah atas dosa yang dilakukan seorang hamba.
  • Tata Cara Salat Tahajud Lengkap dengan Niat dan Doanya
    Tips
    Rabu, 13 Maret 2024 - 12:50 WIB
    Salat tahajud menjadi salah satu salat sunnah yang sangat dianjurkan untuk ditunaikan oleh setiap muslim demi meningkatkan takwa, termasuk melsanakannya di bulan Ramadan ini.
  • Rahasia di Balik Salat 5 Waktu dan Pahala Puasa
    Tausyiah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 02:37 WIB
    Di antara rahasia mendirikan salat 5 waktu di awal waktu dengan berjamaah akan menjadikan doa-doanya cepat diijabah. Sesungguhnya salat 5 waktu menghilangkan dosa-dosa.
  • Hukum Mimisan dan Memukul Nyamuk Ketika Salat, Sahkah?
    Tausyiah
    Selasa, 28 April 2020 - 08:45 WIB
    Ketika sedang melaksanakan salat, tiba-tiba kita mimisan atau kita memukul nyamuk yang ternyata ada darahnya, bagaimana hukum shalat kita? Bukankah darah itu adalah najis?
  • Niat Salat Tahajud Namun Terlanjur Salat Witir Setelah Tarawih
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Maret 2023 - 15:29 WIB
    Ada niat salat tahajud namun terlanjur melaksanakan salat witir setelah tarawih, bolehkah dilakukan? Bagaimana tata cara melakukan dan hukumnya?
  • Sejarah Diwajibkannya Salat, Awalnya Nabi Diajarkan 2 Rakaat Oleh Jibril
    Hikmah
    Kamis, 11 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Jauh sebelum peristiwa Isra dan Mikraj pada tahun ke-10 kenabian (ada yang menyebut tahun ke-8 masa kenabian), ibadah salat sudah diwajibkan kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.
  • Rukun Salat Iduladha Tak Berbeda dengan Salat Idulftri
    Tips
    Selasa, 27 Juni 2023 - 11:53 WIB
    Rukun salat Iduladha tidak berbeda dengan rukun salat Idulfitri dan mirip dengan salat lain. Demikian pula dengan hal-hal yang membatalkan dan pekerjaan-pekerjaan atau ucapan-ucapan yang disunahkan.
  • Lafaz Niat dan Bacaan Doa Ketika Salat Jenazah
    Tausyiah
    Kamis, 10 September 2020 - 17:34 WIB
    Kewajiban umat muslim terhadap muslim lainnya yang meninggal adalah mensalatkannya setelah memandikannya kemudian menguburkannya. Berikut lafaz niat dan doa salat jenazah.
  • Niat Salat Qobliyah Jumat 2 Rakaat, Begini Bacaannya
    Tips
    Jum'at, 30 Juni 2023 - 10:35 WIB
    Salat sunnah sebelum salat Jumat yang disepakati ulama adalah salat tahiyatul masjid atau salat mutlak atau juga salat sebelum (qobliyah) Jumat. Dikerjakan dalam 2 rakaat dan waktunya selesai saat khatib naik mimbar.
  • Niat Salat Tarawih 11 Rakaat dan Witir Beserta Artinya
    Tips
    Selasa, 21 Maret 2023 - 11:03 WIB
    Niat salat tarawih 11 rakaat dan witir serta artinya bisa diamalkan ketika akan mengawali salat tarawih di malam pertama Ramadan.Waktu pelaksanaan salat Tarawih dimulai setelah salat Isya, berakhir sampai terbit fajar baik secara berjamaah atau dilakukan sendiri.
  • Waktu-waktu yang Diharamkan Mengerjakan Salat
    Tausyiah
    Rabu, 20 Januari 2021 - 15:22 WIB
    Mengerjakan salat di awal waktu adalah ibadah yang sangat dicintai Allah dan Rasul-Nya. Berikut waktu-waktu yang diharamkan untuk mengerjakan salat.
  • 13 Lokasi Khotbah Salat Idulfitri Pimpinan Muhammadiyah: Haedar Nashir di Lapangan UMY
    Dunia Islam
    Selasa, 09 April 2024 - 02:00 WIB
    Muhammadiyah telah lebih dahulu menetapkan Idulfitri 1445 H jatuh pada Rabu 10 April 2024. Berikut untuk lokasi khotbah salat idulfitri 1445 H jajaran Pimpinan Pusat Muhammadiyah: