Topik Terkait: Salat Istisqa

  • Manfaat dan Keutamaan Salat Dhuha Bagi Kesehatan
    Tausyiah
    Rabu, 10 Juni 2020 - 08:51 WIB
    Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkannya dan sangat menganjurkan umatnya mengerjakan salat Dhuha di pagi hari. Berikut manfaat dan keutamaan salat Dhuha bagi kesehatan.
  • Tanda-tanda Orang yang Salat Bersama Setan
    Muslimah
    Rabu, 18 November 2020 - 09:21 WIB
    Salah satu cara setan menyesatkan manusia yakni dengan melalaikan manusia dari salat. Setan akan senantiasa menggoda manusia agar salatnya tidak sempurna bahkan membujuk manusia agar ringan meninggalkan salat
  • Salat Tarawih Berapa Rakaat?
    Tips
    Selasa, 21 Maret 2023 - 13:29 WIB
    Salat tarawih berapa rakaat? Hadis-hadis shahih dari Rasulullah SAW telah menunjukkan, bahwa salat malam itu adalah muwassa (leluasa, lentur, fleksibel).
  • Besok Masjid Cut Mutia dan Al-Hakim Menteng Gelar Salat Gerhana Matahari
    Hikmah
    Rabu, 25 Desember 2019 - 16:52 WIB
    Besok, Kamis (26/12/2019) bertepatan 29 Rabiul Akhir 1441 Hijriyah, gerhana matahari cincin dan gerhana matahari sebagian akan terjadi di Indonesia.
  • 5 Ganjaran Orang yang Salat Berjamaah Tepat Waktu
    Tausyiah
    Senin, 27 Juli 2020 - 15:17 WIB
    Rasulullah SAW pernah ditanya, amalan apakah yang paling afdhol. Beliau menjawab, salat di awal waktunya. Berikut lima ganjaran bagi yang salat berjamaah tepat waktu.
  • Wabah Corona, Bolehkah Salat Memakai Masker?
    Tausyiah
    Sabtu, 12 September 2020 - 17:18 WIB
    Sudah menjadi pemandangan biasa di berbagai masjid dan mushalla, kaum muslimin salat memakai masker. Bagaimana pandangan syariat terhadap hal ini? Apakah dibolehkan?
  • Salat Id, Tanpa Azan dan Iqamah Juga Tanpa Salat Qabliyah dan Ba’diyah
    Tips
    Kamis, 21 Mei 2020 - 16:50 WIB
    Salat Idul Fitri maupun Salat Idul Adha tidak didahului azan dan iqamah, juga tanpa salat qabliyah sebelum salat id, dan badiyah setelah salat Id.
  • Doa Salat Dhuha dan Tata Cara Mengerjakannya
    Tausiyah
    Selasa, 26 November 2019 - 08:30 WIB
    Salat Dhuha adalah salat sunnah yang memiliki keutamaan luar biasa. Salat ini juga disebut solat awwabin, yaitu salatnya orang-orang yang kembali (bertaubat).
  • Menunggu Waktu Salat, Amalan Bernilai Ibadah yang Dahsyat Pahalanya
    Tips
    Jum'at, 19 Mei 2023 - 09:59 WIB
    Bila ada seseorang yang tengah menunggu waktu datangnya salat, ternyata ia akan diganjar pahala luar biasa. Mengapa demikian?
  • Begini Pendapat Muhammadiyah Soal Salat Id di Saat Wabah Corona
    Tausyiah
    Sabtu, 09 Mei 2020 - 15:21 WIB
    Kaitannya dengan salat Id pada saat pandemi Covid-19, Muhammadiyah cenderung kepada pendapat fukaha Hanafiyyah, yang kemudian diikuti oleh Ibnu Taimiyah.
  • Niat Salat Tarawih Berjamaah di Masjid, Bahasa Arab, Latin dan Indonesia
    Tips
    Senin, 11 Maret 2024 - 16:18 WIB
    Niat salat tarawih berjamaah di masjid perlu dilakukan karena menjadi salah satu rukun salat Tarawih. Berikut adalah bacaan niat shalat Tarawih, baik untuk imam, makmum, atau pun ketika salat sendiri.
  • 4 Langkah agar Salat Tahajud Terasa Ringan dan Mudah
    Tips
    Sabtu, 04 Maret 2023 - 17:49 WIB
    Salat tahajud merupakan ibadah istimewa. Mengapa demikian? Karena Allah Taala yang langsung menginformasikannya di dalam Al-Quran. Siapa pun yang mengerjakan salat tahajud akan disebut sebagai hamba-NYA yang terpuji di mata Allah.
  • 13 Rukun Salat yang Wajib Dipenuhi, Apa Saja?
    Tausyiah
    Minggu, 24 Januari 2021 - 21:38 WIB
    Dalam Mazhab Syafii, rukun salat ada 13. Rukun salat ini hukumnya wajib dikerjakan. Apabila seseorang tidak mengerjakan salah satu rukun salat maka salatnya tidak sah.
  • Niat Salat Qobliyah dan Badiyah Isya
    Tips
    Jum'at, 15 Maret 2024 - 14:13 WIB
    Berikut ini niat salat Qobliyah dan Badiyah Isya dalam bahasa Arab, Latin dan terjemahannya dalam Bahasa Indonesia yang sering dipraktikkan umat Islam.
  • Rahasia di Balik Salat 5 Waktu dan Pahala Puasa
    Tausyiah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 02:37 WIB
    Di antara rahasia mendirikan salat 5 waktu di awal waktu dengan berjamaah akan menjadikan doa-doanya cepat diijabah. Sesungguhnya salat 5 waktu menghilangkan dosa-dosa.
  • Tuntunan Salat Lengkap dengan Bacaan Arab dan Latinnya
    Tips
    Selasa, 19 September 2023 - 10:15 WIB
    Tuntunan salat lengkap menjadi pedoman bagi umat Islam untuk bisa beribadah sesuai dengan syariat yang tertera dalam Al-Quran, termasuk bacaan dan tata caranya yang penting diketahui.
  • Belajar Mencintai Salat Tahajjud
    Tausyiah
    Senin, 08 Juni 2020 - 20:29 WIB
    Hai muslimah, mulai sekarang niatkan mengejar ridha Allah melalui salat tahajjud, yuk! Senangi ibadah salat malam ini. Ada banyak keberkahan di salat tahajjud.
  • Hukum Salat Tarawih Ngebut, Apakah Sah dan Diterima?
    Tausyiah
    Minggu, 02 April 2023 - 23:20 WIB
    Salat tarawih ngebut alias super cepat sering menjadi perbincangan hangat di kalangan muslim. Bagaimana hukum salat tarawih ngebut dalam pandangan syariat?
  • Hukum dan Jenis Gerak dalam Salat, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 27 Februari 2024 - 18:08 WIB
    Bolehkah bergerak-gerak dalam salat? Bagaimana hukumnya bila melakukan gerakan-gerakan tersebut seperti menggaruk (kukur-kukur: Jawa), merapikan pakaian, memukul nyamuk, dan lain sebagainya
  • Syarat-syarat untuk Muslimah yang Ingin Salat Tarawih di Masjid
    Muslimah
    Sabtu, 01 April 2023 - 08:29 WIB
    Sebaik-baiknya tempat salat bagi muslimah adalah di rumahnya, akan tetapi muslimah pun diperbolehkan melakukan salat di masjid namun dengan syarat-syarat tertentu yang telah ditetapkan syariat.