Topik Terkait: Santri Lirboyo (halaman 490)

  • Waspada, Bahaya Memprioritaskan...
    Hikmah
    Minggu, 31 Maret 2024 - 04:11 WIB
    Islam menegaskan bahwa terlalu tamak terhadap dunia dan memprioritaskan dunia adalah hal yang harus diwaspadai dan dihindari. Al-Quran juga menyebutkan dunia adalah fitnah bagi manusia
  • Penting, Mengenalkan...
    Muslimah
    Senin, 01 April 2024 - 04:05 WIB
    Setiap orang tua hendaknya tidak melupakan untuk mengenalkan dan mengajarkan anak-anaknya tentang makna malam Lailatul Qadar dan bagaimana cara meraih malam mulia yang lebih baik dari 1000 bulan tersebut.
  • Jadwal Imsakiyah Surabaya,...
    Tips
    Senin, 01 April 2024 - 00:26 WIB
    Jadwal Imsakiyah Surabaya berlaku hari, 1 April 2024/ 21 Ramadan 1445 Hijriah. Jadwal ini bisa menjadi panduan bagi warga Surabaya dan sekitarnya sebagai patokan untuk mengatur jadwal sahur selama bulan Ramadan
  • Jadwal Imsakiyah Semarang,...
    Tips
    Senin, 01 April 2024 - 01:02 WIB
    Jadwal Imsakiyah Semarang berlaku 1 April 2024/ 21 Ramadan 1445 Hijriah. Jadwal ini bisa menjadi panduan bagi warga Semarang dan sekitarnya sebagai patokan untuk mengatur jadwal sahur selama bulan Ramadan
  • Kapan Malam Lailatul...
    Tausyiah
    Selasa, 02 April 2024 - 02:00 WIB
    Kapan malam Lailatul Qadar turun? Menurut Imam Al-Ghazali dalam Ianatut Thalibin, bahwa cara untuk mengetahui Lailatul Qadar bisa dilihat dari hari pertama dari bulan Ramadan:
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Apakah Boleh Zakat Fitrah...
    Tips
    Selasa, 02 April 2024 - 05:15 WIB
    Apakah boleh Zakat Fitrah dengan uang? Berikut penjelasan Ustaz Isnan Ansory (pengajar Rumah Fiqih Indonesia) dalam Bukunya Itikaf, Qiyam al-Lail, Shalat Ied dan Zakat Al-Fithr di Tengah Wabah.
  • Jika Berbuat Dosa saat...
    Tausyiah
    Selasa, 02 April 2024 - 04:10 WIB
    Pada malam Lailatul Qadar menjadi waktu bagi umat Muslim melakukan ibadah dan mengharapkan ridha Allah SWT. Lantas bagaimana bila sebaliknya, berbuat dosa di waktu Lailatul Qadar, apakah dosanya dlilipatgandakan?
  • Jadwal Imsakiyah Bandung,...
    Tips
    Selasa, 02 April 2024 - 01:20 WIB
    Jadwal Imsakiyah Bandung berlaku 2 April 2024/ 22 Ramadan 1445 Hijriah. Jadwal ini bisa menjadi panduan bagi warga Bandung dan sekitarnya sebagai patokan untuk mengatur jadwal sahur selama bulan Ramadan
  • Bagaimana Hukum Tukar...
    Tausyiah
    Selasa, 02 April 2024 - 13:15 WIB
    Bukan rahasia lagi, di hari-hari terakhir Ramadan, biasanya banyak bermunculan layanan jasa penukaran uang baru baik di mal, jalanan dan lainnya. Lantas bagaimana hukumnya bagi umat Islam yang tukar uang baru itu?
  • Kumpulan Doa Bersafar...
    Tips
    Kamis, 04 April 2024 - 04:05 WIB
    Kumpulan doa saat kita akan bersafar atau bepergian jauh ini, bisa diamalkan kaum muslim saat mudik menjelang Idul Fitri nanti.
  • Jadwal Imsakiyah Surabaya,...
    Tips
    Kamis, 04 April 2024 - 00:39 WIB
    Jadwal Imsakiyah Surabaya berlaku hari, 4 April 2024/ 24 Ramadan 1445 Hijriah. Jadwal ini bisa menjadi panduan bagi warga Surabaya dan sekitarnya sebagai patokan untuk mengatur jadwal sahur selama bulan Ramadan
  • Jadwal Imsakiyah Bandung,...
    Tips
    Kamis, 04 April 2024 - 01:10 WIB
    Jadwal Imsakiyah Bandung berlaku 4 April 2024/ 24 Ramadan 1445 Hijriah. Jadwal ini bisa menjadi panduan bagi warga Bandung dan sekitarnya sebagai patokan untuk mengatur jadwal sahur selama bulan Ramadan
  • Masjid Nabawi Dikunjungi...
    Dunia Islam
    Sabtu, 06 April 2024 - 13:27 WIB
    Pihak berwenang menambahkan bahwa tambahan 1.643.288 orang telah mengunjungi makam Nabi Muhammad, yang merupakan bagian integral dari masjid, sementara Al-Rawdah Al-Sharifa telah menerima 655.227 pengunjung.
  • Doa di Malam Takbiran...
    Tausyiah
    Senin, 08 April 2024 - 15:10 WIB
    Malam takbiran atau malam menjelang Idulfitri merupakan malam istimewa dan waktu mustajab untuk bermunajat kepada Allah Taala. Salah satu amalan yang dianjurkan adalah berdoa.
  • 3 Contoh Khotbah Hari...
    Hikmah
    Selasa, 09 April 2024 - 14:21 WIB
    Khotbah Hari Raya Idulfitri 2024 yang dibacakan setelah Salat Ied selalu mengandung banyak pesan dan nilai yang dapat dipetik oleh setiap muslim dalam rangka meningkatkan ketakwaan.
  • Saatnya Takbiran, Begini...
    Hikmah
    Selasa, 09 April 2024 - 14:46 WIB
    Takbir Idulfitri atau dikenal dengan takbiran ini dimulai dari sejak terbenam matahari (waktu magrib) terakhir Ramadan sampai selesai pelaksanaan salat Ied.
  • Idulfitri: Pengampunan...
    Tausyiah
    Selasa, 09 April 2024 - 14:28 WIB
    Al-Quran mengisyaratkan adanya dua pelaku tobat, yakni Allah dan manusia. Di sini dapat ditambahkan bahwa ada dua macam tobat (kembalinya) Allah.
  • Peristiwa Penting di...
    Dunia Islam
    Kamis, 11 April 2024 - 07:45 WIB
    Ternyata ada 9 peristiwa penting di bulan Syawal yang bersejarah dalam peradaban Islam. Peristiwa tersebut penting diketahui umat muslim. Peristiwa apa saja?
  • Dakwah Muslimah Harus...
    Muslimah
    Senin, 15 April 2024 - 11:12 WIB
    Beberapa hari terakhir, cara berdakwah seorang muslimah tengah disorot masyarakat. Sebenarnya, bagaimana cara dakwah terbaik muslimah ini?
  • Sejarah Salat Tarawih...
    Hikmah
    Jum'at, 22 Maret 2024 - 15:14 WIB
    Salat Tarawih sendiri itu telah diperkenalkan oleh Nabi Muhammad SAW dengan istilah qiyamul lail (menghidupkan malam) bukan dengan istilah tarawih