Topik Terkait: Sejarah Maulid Nabi (halaman 106)

  • Sejarah Tradisi Yasinan...
    Hikmah
    Kamis, 16 Juni 2022 - 22:50 WIB
    Sejarah tradisi Yasinan di Indonesia menarik untuk diulas. Istilah Yasinan hanyalah penyingkatan kata yang biasa diucapkan masyarakat muslim agar mudah dimengerti.
  • Surat An-Nashr, Isyarat...
    Hikmah
    Rabu, 15 Desember 2021 - 22:34 WIB
    Turunnya Surat An-Nashr merupakan isyarat dekatnya kewafatan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Nabi sendiri tidak memberitahunya kecuali hanya kepada Sayyidah Fathimah.
  • Kisah Penuh Ibrah: Perusakan...
    Hikmah
    Selasa, 09 Maret 2021 - 08:37 WIB
    Upaya perusakan batu hitam ternyata tidak hanya sekali itu saja. Kedengkian musuh-musuh Allah dan usaha mereka untuk menghancurkan syiar-syiar Allah salah satunya dengan menjarah Hajar Aswad.
  • Perawakan Abu Bakar...
    Hikmah
    Selasa, 19 September 2023 - 15:44 WIB
    Berperawakan kurus, putih, dengan sepasang bahu yang kecil dan muka lancip dengan mata yang cekung disertai dahi yang agak menonjol dan urat-urat tangan yang tampak jelas.
  • Yesus Meninggal Disalib?...
    Tausyiah
    Kamis, 21 Desember 2023 - 16:24 WIB
    Empat Injil jelas menyatakan bahwa Yesus meninggal disalib. Bagaimana kita dapat menyesuaikan (mendamaikan) pernyataan ini dengan pernyataan Quran yang menolak dengan tegas kematian Yesus disalib?
  • Shafura Muslimah Pemalu,...
    Muslimah
    Minggu, 21 Juni 2020 - 10:21 WIB
    Siapakah Shafura atau Shafuriyya ini? Dialah istri nabi mulia Musa Alaihissalam, perempuan saleha yang disifati Allah sebagai muslimah yang pemalu dan santun.
  • Tips Agar Salat Khusyu...
    Tausyiah
    Senin, 05 Oktober 2020 - 08:04 WIB
    Beruntungnya seorang mukmin salah satunya adalah ketika khusyu dalam salatnya. Khusyu artinya sungguh-sungguh, kebulaatan hati, fokus dan penuh penyerahan diri.
  • Begini Doa Keberkahan...
    Tausyiah
    Kamis, 25 Februari 2021 - 06:37 WIB
    Inti dari doa untuk kelahiran anak adalah memohonkan keberkahan dan kebaikan untuk anak dan orang tuanya. Tidak ada lafadz yang menjadi ketentuan khusus dalam hal ini.
  • Hadis tentang Akan Datangnya...
    Hikmah
    Rabu, 24 Januari 2024 - 11:55 WIB
    Telah diriwayatkan berbagai hadis sahih yang menunjukkan akan munculnya al-Mahdi. Di antara hadis-hadis ini ada yang khusus menyebutkan tentang al-Mahdi, ada juga yang hanya menyebutkan sifat-sifatnya.
  • Kisah Sedih dan Takjub...
    Muslimah
    Minggu, 23 Oktober 2022 - 11:23 WIB
    Adalah Hannah bin Faqud bin Qobil, seorang wanita yang ahli ibadah. Dia adalah Ibunda Maryam yang berarti pula nenek dari Nabi Isa alaihis salam. Dia adalah istri Imran bin Basyim bin Amun...bin Mutsam bin Azira...bin Sulaiman bin Daud.
  • Kisah Rasulullah dan...
    Hikmah
    Minggu, 10 November 2019 - 05:15 WIB
    Ikhlas adalah salah satu syarat diterimanya ibadah. Bahkan para ulama mengatakan, ruhnya amal adalah ikhlas.
  • Hadis-Hadis tentang...
    Tausyiah
    Rabu, 16 November 2022 - 09:35 WIB
    Nabi Muhammad SAW telah mengabarkan bahwa di antara tanda-tanda hari Kiamat adalah munculnya fitnah besar yang bercampur di dalamnya kebenaran dan kebatilan.
  • 3 Marga Arab yang Bukan...
    Dunia Islam
    Senin, 15 Agustus 2022 - 07:15 WIB
    Marga Arab yang bukan keturunan Nabi Muhammad di Indonesia menarik untuk diulas. Tidak semua marga Arab merupakan keturunan Nabi yang biasa dipanggil Habib.
  • Khutbah Terakhir Rasulullah...
    Hikmah
    Senin, 11 Juni 2018 - 21:09 WIB
    Lima hari menjelang wafat, Rasulullah Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) berkhutbah menerangkan keutamaan Abu Bakar ash-Shiddiq dibandingkan seluruh sahabat laiinya.
  • 4 Doa Nabi Ibrahim dalam...
    Hikmah
    Kamis, 20 Oktober 2022 - 16:18 WIB
    Tak semua doa dikabulkan. Ada 4 doa Nabi Ibrahim as yang diinfomasikan dalam al-Quran surat Asy-Syuara ayat 83-89. Dan tidak semua doa tersebut dikabulkan Allah SAW.
  • Lirik Selawat Ya Nafsuti...
    Tips
    Rabu, 23 Agustus 2023 - 16:36 WIB
    Lirik Selawat Ya Nafsuti Bibiliqo mungkin sudah tidak asing bagi sebagian muslim. Syair Selawat ini sering dilantunkan di majelis-majelis sholawat dan hajatan lainnya.
  • Kisah Safi Ibn Sayyad...
    Hikmah
    Sabtu, 28 Mei 2022 - 21:25 WIB
    Tanda-tanda akan datangnya hari kiamat salah satunya adalah munculnya Dajjal yang mengaku nabi baik pada saat Rasul masih hidup maupun setelah wafat.
  • Kisah Sayyidina Husein...
    Dunia Islam
    Selasa, 09 Agustus 2022 - 09:00 WIB
    Kisah Sayyidana Husein cucu Rasulullah SAW bermimpi diserang sekelompok anjing disampaikan tatkala para sahabatnya bertanya alasan beliau sudah tahu bahwa beliau bakal syahid saat menuju Kufah.
  • Ummu Mabad dan Domba...
    Muslimah
    Selasa, 15 Desember 2020 - 14:31 WIB
    Kisah ini datang dari salah satu shahabiyah (sahabat perempuan Rasulullah) yang bernama Ummu Mabad Al-Khuzaiyyah. Muslimah yang bernama Atikah binti Khalid bin Munqidz dan dikenal dengan Ummu Mabad . Siapakah dia?
  • 8 Peristiwa Bulan Rajab...
    Dunia Islam
    Rabu, 02 Februari 2022 - 16:29 WIB
    Banyak peristiwa bulan Rajab yang sangat bersejarah bagi umat Islam. seperti diketahui, Rajab adalah bulan ke tujuh dalam kalender Islam dan merupakan salah satu bulan dari empat bulan yang dimuliakan (bulan haram) oleh Allah Subhanahu wa taala.