Topik Terkait: Sejarah Maulid Nabi (halaman 126)

  • Kiamat Sudah Dekat,...
    Tausyiah
    Jum'at, 02 Desember 2022 - 16:17 WIB
    Salah satu tanda-tanda kiamat sudah dekat antara lain adalah banyaknya perbuatan dan perkataan yang keji. Hubungan antara tetangga memburuk. Begini penjelasannya.
  • Kisah Uwais Al-Qorni,...
    Hikmah
    Kamis, 24 Mei 2018 - 21:23 WIB
    Tidak banyak yang tahu kemuliaan Uwais Al-Qarni. Seorang pemuda miskin asal Yaman yang tidak dikenal di bumi, namun terkenal di langit.
  • Kisah Iblis Membuat...
    Hikmah
    Rabu, 31 Januari 2024 - 16:50 WIB
    Iblis adalah pelopor pembuatan arak. Resep minuman keras ini diciptakan oleh mereka. Resep ini sangat unik sehingga siapa saja yang menenggak arak akan memiliki sifat empat binatang: burung merak, kera, singa, babi.
  • Gaya Bicara Nabi Menurut...
    Hikmah
    Rabu, 30 Mei 2018 - 15:50 WIB
    Bagaimana sifat dan struktur bicara Nabi Muhammad SAW ketika berbicara, berpidato dan membaca Alquran, semuanya diketahui melalui penuturan para sahabat.
  • Kisah Ibnu Umar Menguji...
    Hikmah
    Rabu, 07 September 2022 - 15:52 WIB
    Kisah berikut ini disampaikan Ibnu Jauzi dalam Kitab Sifatush-Shafwa . Alkisah, Ibu Umar berjumpa dengan penggembala yang saleh, maka beliau pun mengujinya.
  • Seputar Nama Israil,...
    Dunia Islam
    Selasa, 18 Mei 2021 - 05:00 WIB
    Nama Israel atau Bani Israil dikenal juga dengan Ibrani dan Yahudi. Sebutan Israel, adalah sebutan yang dinisbatkan kepada nama bapak mereka, yaitu Yaqub ibn Ishaq ibn Ibrahim AS.
  • Islam Itu Agama Bersih...
    Tausyiah
    Selasa, 25 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Islam memperkenankan kepada setiap muslim, bahkan menyuruh supaya geraknya baik, elok dipandang dan hidupnya teratur dengan rapi untuk menikmati perhiasan dan pakaian yang telah dicipta Allah.
  • Kisah Umar bin Khattab...
    Hikmah
    Minggu, 24 Juli 2022 - 15:31 WIB
    Rasulullah SAW mengajak semua orang kepada agama Allah, tidak membeda-bedakan antara Ahli Kitab dengan yang lain. Tetapi orang-orang Yahudi Madinah melihat dakwah ini membahayakan mereka
  • Pengakuan Ali Bin Abi...
    Hikmah
    Selasa, 10 November 2020 - 13:08 WIB
    Ketika Rasulullah hendak mulai berbicara, menurut Ali, beliau didahului oleh Abu Lahab. Abu Lahab berkata kepada hadirin dengan sinis: Kalian benar-benar sudah disihir oleh saudara kalian!
  • Kisah Pendeta Menafsirkan...
    Hikmah
    Sabtu, 12 Februari 2022 - 08:49 WIB
    Pada saat Muhammad SAW diangkat menjadi rasul, Abu Bakar sedang melakukan perjalanan dagang ke Suriah. Dalam tidurnya ia mimpi dan seorang pendeta menafsirkan mimpinya itu.
  • 100 Kali Berselawat,...
    Tips
    Rabu, 31 Mei 2023 - 15:29 WIB
    Siapa saja yang membaca selawat kepada Nabi SAW dan ahli baitnya sebanyak seratus kali, maka Allah mengabulkan hajatnya sebanyak seratus hajat, tujuh puluh di antaranya diberikan di akhirat
  • Penampakan Pedang dan...
    Hikmah
    Minggu, 21 Juni 2020 - 20:56 WIB
    Banyak riwayat yang menceritakan sisi kepribadian Rasulullah termasuk pakaian dan properti yang dipakai beliau semasa hidupnya. Berikut penampakan pedang dan topi besi Rasululah.
  • Kisah Pezina Bertaubat...
    Hikmah
    Selasa, 28 Mei 2019 - 14:54 WIB
    Allah mencintai orang-orang yang senantiasa bertaubat dan kembali ke jalan Nya. Pada masa Rasulullah SAW, ada satu kisah menakjubkan tentang seorang perempuan pezina yang bertaubat.
  • Kisah Khalifah Abu al-Abbas:...
    Dunia Islam
    Rabu, 30 Maret 2022 - 16:00 WIB
    Abu al-Abbas adalah khalifah pertama Dinasti Abbasiyah. Ia berjuluk As-Saffah yang bermakna orang yang menumpahkan darah. Uniknya, dia terkenal dermawan.
  • Hati adalah Sumber Kebaikan...
    Tausyiah
    Rabu, 27 September 2023 - 14:25 WIB
    Salah satu pelajaran yang dapat dipetik dari hadis dari Abi Abdullah Numan bin Basyir ra adalah, bahwa sumber kebaikan dan keburukan amal perbuatan adalah pada hati.
  • Inilah Penampilan Good...
    Muslimah
    Rabu, 17 Maret 2021 - 06:57 WIB
    Sebuah tampilan yang rapi, sedap dipandang mata, berseri dan bersih, namun tetap dalam balutan kesederhanaan sangat dianjurkan dalam Islam, Bahkan seperti itulah, gambaran penampilan Nabi Muhammad SAW.
  • Ubaidillah bin Ziyad,...
    Hikmah
    Senin, 21 Februari 2022 - 14:56 WIB
    Ubaidillah bin Ziyad mendapuk dirinya sendiri menjadi khalifah kaum Muslimin dan mengambil baiat dari masyarakat di Basrah dan Kufah, yang umumnya adalah mendukung Husein bin Ali.
  • Kisah Samiri Membuat...
    Hikmah
    Selasa, 31 Mei 2022 - 21:56 WIB
    Belum genap 40 hari Nabi Musa bermunajat kepada Allah Taala di Bukit Thursina, Samiri melakukan penyimpangan dengan membuat patung anak sapi dari emas yang dapat berbicara.
  • Kisah Dalam Al-Quran...
    Tausyiah
    Jum'at, 06 Mei 2022 - 14:13 WIB
    Jika Al-Quran tidak menyebut secara eksplisit nama tokoh dalam konteks kisahnya, maka peristiwa serupa dapat terulang. Sebaliknya, jika Al-Quran menyebut nama tokohnya, maka peristiwa itu tidak akan terulang.
  • Khutbah Terakhir Rasulullah...
    Tausyiah
    Selasa, 20 Juli 2021 - 10:18 WIB
    Khutbah terakhir Rasulullah shallalahu alaihi wasallam 15 abad lalu di Padang Arofah pada Haji Wada sangat menakjubkan dan menggetarkan hati. Berikut isinya.