Topik Terkait: Sifat Sifat Allah (halaman 3)

  • 4 Sifat Buruk yang Sering Diabaikan Manusia
    Muslimah
    Jum'at, 22 Oktober 2021 - 08:21 WIB
    Selain berisi panduan, Al-Quran juga berisi peringatan. Di antaranya adalah peringatan atas sifat negatif atau sifat buruk yang ada dalam diri manusia. Sifat apa sajakah itu?
  • 3 Bahaya Besar dari Sifat Pelit, Nomor 1 Bisa Berbuat Dzalim
    Tips
    Jum'at, 14 Oktober 2022 - 19:20 WIB
    Sifat pelit atau kikir ternyata menimbulkan bahaya besar bagi pelakuknya. Sebagai sifat tercela yang dibenci Allah dan Rasul-Nya, sifat ini bisa mendorong pelakunya untuk selalu menumpuk harta.
  • Sifat-Sifat Calon Istri yang Mesti Dicari Menurut Imam Al-Ghazali
    Tausyiah
    Rabu, 08 Februari 2023 - 13:22 WIB
    Imam al-Ghazali menyebut sifat-sifat yang mesti dicari dalam diri seorang istri. Pertama, yang paling penting di antaranya, adalah kesucian akhlak.
  • Sifat dan Karakteristik Ibad ar-Rahman (4): Selalu Berkasih Sayang kepada Sesama
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Agustus 2023 - 13:27 WIB
    Ketika Allah mengaitkan kata ibaad dengan sifat mulia-Nya yang Maha Rahman, sesungguhnya tanpa kita sadari Allah mengingatkan bahwa hamba-hambaNya itu memiliki karakter tersebut.
  • 5 Faedah dari Sifat Qanaah, Nomor 3 Dapat Nikmat Dunia dan Seisinya
    Tips
    Selasa, 21 Juni 2022 - 11:15 WIB
    Dalam Islam, konsep gaya hidup apa adanya sudah sangat lama hadir. Dinamakan dengan konsep qanaah, yaitu selalu merasa cukup atas rezeki dan segala nikmat yang telah Allah berikan.
  • Kisah Firaun: Raja Sombong yang Sukses Membangun Infrastruktur Mesir
    Hikmah
    Selasa, 25 Juli 2023 - 18:28 WIB
    Firaun dikenal sangat sombong. Ia merasa diri sebagai tuhan. Itu sebabnya, ia menganggap Nabi Musa yang membawa agama Tauhid sebagai musuh bebuyutannya.
  • Inilah Sifat Istri yang Membuat Rezeki Suami Mengalir Deras
    Muslimah
    Jum'at, 24 Desember 2021 - 08:19 WIB
    Suami istri yang taat kepada Allah akan mendatangkan keberkahan dan kemudahan rezeki , Allah juga telah memberikan rezeki bagi masing-masing dari keduanya. Namun, istri adalah jembatan emas bagi suami untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.
  • Kenikmatan-kenikmatan yang Membawa Manusia Pada Sifat Sombong
    Muslimah
    Selasa, 10 November 2020 - 14:08 WIB
    Salah satu penyakit hati adalah sombong. Sikap sombong mudah muncul dalam diri manusia. Yang menjadikan seseorang menderita penyakit hati ini, bisa oleh berbagai macam kenikmatan
  • Cara Menjauh dari Dusta dan Sifat Munafik Menurut Ulama Kalangan Tabiin
    Hikmah
    Senin, 13 November 2023 - 11:10 WIB
    Ahli Fiqih dan hadis dari kalangan tabiin, Imam Ibrahim at-Taimi memberikan kiat dan cara menjauh dari sikap tercela yakni suka dusta dan sifat orang-orang munafik.
  • Jujur adalah Bagian Tazkiyatun Nafs, Suami-Istri Harus Tahu Hal Ini
    Muslimah
    Kamis, 27 Oktober 2022 - 17:59 WIB
    Tazkiyatun Nafs adalah menyucikan jiwa dan menjernihkan hati. Tazkiyatun nafs bisa diraih dengan akhlak yang mulia. Menyenangi zikir, berdoa, bertaubat, berbuat baik pada sesama, menjaga sholat, dan bersedekah adalah termasuk tazkiyatun nafs.
  • Menjadi Istri Penyayang Adalah Perintah Rasulullah
    Muslimah
    Jum'at, 25 September 2020 - 18:47 WIB
    Dalam kehidupan berumah tangga selalu ada suka dan dukanya. Bahkan tak jarang kesalahan kecil bisa memicu perdebatan antar suami istri. Demi mencegah ketidakharmonisan suami-istri, Islam menganjurkan untuk memilih pasangan yang baik dan lemah lembut akhlaknya.
  • Berhias Diri dengan Sifat Tawadhu
    Muslimah
    Senin, 20 Juli 2020 - 18:42 WIB
    Agar dapat tampil cantik secara jasmani, muslimah perlu memperhatikan kebersihan tubuh, menutup aurat, dan menggunakan pakaian yang sopan. Sedangkan cantik secara rohani yaitu, menjaga ketaatan hati pada Allah Taala dan amalnya.
  • Keutamaan Menangis Karena Allah Taala
    Tips
    Sabtu, 21 Agustus 2021 - 13:40 WIB
    Menangis karena takut kepada Allh Taala ternyata ada keutamaan di dalamnya. Yakni akan mendorong seorang hamba untuk selalu istiqmah di jalan-Nya, sehingga akan menjadi perisai dari api neraka.
  • Pentingnya Sikap Qanaah, Begini Dalilnya
    Muslimah
    Jum'at, 05 Mei 2023 - 09:54 WIB
    Setiap muslim hendaknya memiliki sikap qanaah dan penting ditanamkan dalam hati, yaitu hati yang selalu merasa cukup. Ini dalil dan perintahnya dalam hadis Nabi SAW.
  • 6 Cara Agar Terhindar dari Sifat Sombong
    Tips
    Rabu, 05 Januari 2022 - 23:05 WIB
    Sifat sombong merupakan warisan Iblis yang wajib kita jauhi. Abah Guru Sekumpul (KH Muhammad Zaini Abdul Ghani Al-Banjari) memberi tips agar terhindar dari sifat sombong.
  • 7 Kebaikan karena Sifat Sabar, Nomor Terakhir Allah Berikan Derajat Tinggi di Surga
    Tips
    Rabu, 01 Juni 2022 - 11:30 WIB
    Anjuran bersikap sabar dan keutamaan bersabar banyak dijelaskan dalam Al-Quran dan hadis. Salah satunya seperti diriwayatkan dalam Hadis riwayat Imam Bukhari.
  • Doa agar Dijauhkan dari Orang Sombong dan Angkuh
    Tips
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 20:10 WIB
    Sombong dalam islam merupakan sifat yang dibenci oleh Allah Subhanahu wa taala, karena ia adalah sifat iblis laknatullah. Apapun bentuk kesombongan yang dilakukan manusia, dilarang oleh Allah SWT.
  • Allah Memusuhi  Al-Hamz dan Al-Lamz,   Siapakah Mereka?
    Muslimah
    Jum'at, 17 Juli 2020 - 15:46 WIB
    Jika seseorang, termasuk muslimah ingin mendapat anugerah Allah Taala sebagai hamba yang dicintai-Nya, maka dia harus terbebas dari sifat dan perilaku buruk dari dirinya
  • Dahsyatnya Hari Kiamat: Sifat-Sifat Dajjal, Menurut Ibnu Katsir
    Tausyiah
    Rabu, 01 September 2021 - 15:02 WIB
    Dajjal itu buta sebelah matanya, berkilau, dan hina. Ia juga berambut lebat. Dalam berbagai hadis disebutkan bahwa ia pendek dan di hadis lain tinggi
  • Hati-hati Sifat Setan Ini, Seringkali Kita Tiru
    Muslimah
    Jum'at, 20 Agustus 2021 - 19:08 WIB
    Setan selalu kegirangan bila manusia terhasut oleh bisikannya dan menjadi pengikutnya. Tentu sebagai muslim, kita harus selalu memohon perlindungan Allah Taala dari godaan setan tersebut.