Topik Terkait: Suka Menyia Nyiakan Harta (halaman 2)

  • Allah Taala yang Paling Berhak Mengatur Pembagian Harta Warisan
    Tips
    Minggu, 20 November 2022 - 09:34 WIB
    Dalam surat an-Nisa ayat 11 dengan tegas memberi isyarat bahwa Allah Taala yang berkompeten dan paling berhak untuk mengatur pembagian harta warisan.
  • Renungan: Menagih Janji Tuhan, Apa Itu Harta Segalanya?
    Hikmah
    Minggu, 18 April 2021 - 04:52 WIB
    Ada satu kisah tentang seorang sufi Khwaja Maruf Karkhi yang asyik dalam kontemplasi. Dia berdiri di bawah tahta ilahi, menyanyi memuji Allah dalam kelimpahan syukur.
  • Meremehkan Masalah Kehalalan Harta
    Muslimah
    Senin, 08 Februari 2021 - 06:23 WIB
    Adakalanya seorang muslim yang rajin beribadah, namun dia memandang remeh dan kurang peduli dengan masalah harta haram. Bisa jadi amal ibadahnya tertolak, doanya tidak diijabah, dan usahanya tidak diberkahi.
  • Kisah Penemuan Harta Karun Saat Abdul Muthalib Menggali Sumur Zamzam
    Hikmah
    Sabtu, 29 Januari 2022 - 09:53 WIB
    Sumur Zamzam mengering ketika Kakbah di bawah pengelolaan Jurhum. Pada era Abdul Muthalib, beliau mencoba menggali kembali sumur tersebut dan di sana ditemukan barang-barang berharga.
  • Manfaat  Harta untuk Memborong Pahala
    Tips
    Kamis, 24 Maret 2022 - 19:18 WIB
    Banyak manfaat dari harta yang kita miliki, baik dari aspek dunia atau pun aspek agama. Dari aspek dunia misalnya, harta yang kita miliki bisa untuk membeli makanan yang kita inginkan, memiliki kendaraan untuk kebutuhan,
  • Muslim Wajib Kaya (4): Harta Terbaik Adalah yang Dimiliki Orang Saleh
    Tausyiah
    Jum'at, 02 April 2021 - 19:06 WIB
    Jika kekayaan membuat seseorang tetap istiqamah dan taat beragama, maka harta itu akan mendatangkan manfaat yang sangat banyak. Harta bisa menjadi penggerak dakwah.
  • Masih Suka Berkeluh Kesah?  Begini Jawaban dan Penjelasan Al-Quran
    Tips
    Kamis, 15 September 2022 - 15:20 WIB
    Hampir setiap orang suka berkeluh kesah atau mengeluh, bahkan sifat ini sudah menjadi fenomena biasa dalam kehidupan manusia saat ini. Sifat ini pun menimpa hampir semua tingkatan manusia.
  • Malaikat Ingin Harta Orang yang Kikir Dihancurkan Allah Taala
    Tausyiah
    Minggu, 30 Oktober 2022 - 08:12 WIB
    Malaikat benci terhadap orang yang pelit alias kikir dan bakhil sampai-sampai bermohon kepada Allah SWT harta si pelit itu dihancurkan saja. Maknanya tidak berkah. Tidak bermanfaat.
  • Sering Berkeluh Kesah, Dosa yang Sering Diremehkan Kaum Wanita
    Muslimah
    Rabu, 25 Mei 2022 - 09:04 WIB
    Sering mengeluh atau berkeluh kesah terhadap suatu masalah yang dihadapi, hampir mendominasi sifat kaum wanita. Padahal sifat tersebut termasuk dosa bahkan sering diremehkan.
  • 5 Sifat Manusia yang Membuat Harta Menjadi Tercela
    Muslimah
    Kamis, 18 Maret 2021 - 16:23 WIB
    Al-Quran memandang harta sebagai sarana bagi manusia untuk mendekatkan diri kepada Khaliq-Nya, bukan tujuan utama yang dicari dalam kehidupan. Namun, ada sifat manusia yang justru menjadi celaan terhadap harta itu sendiri.
  • Doa agar Kaum Muslimah Semangat Bekerja Tanpa Keluhan
    Muslimah
    Rabu, 03 Mei 2023 - 15:36 WIB
    Ketika lelah dan capek, ada doa yang bisa dijadikan zikir, agar tetap semangat dalam bekerja tanpa mengeluh itu. Doa ini dicontohkan Nabi Shallallahu alaihi wa sallam kepada putri tercintanya Fatimah.
  • Begini Kondisi Terbaru Tempat Tenggelamnya Qarun
    Hikmah
    Jum'at, 09 September 2022 - 16:13 WIB
    Lokasi tempat ditenggelamkannya Qarun beserta seluruh harta dan rumahnya ke dalam bumi terjadi di daerah Al-Fayyum. Lokasi ini sekitar 90 kilometer dari Kairo, ibu kota Mesir.
  • Inilah Amalan yang Lebih Berharga dari Harta Karun
    Tausyiah
    Rabu, 29 Juni 2022 - 23:44 WIB
    Semua kekayaan dunia ternyata tak sebanding dengan amalan satu ini. Inilah amalan yang lebih berharga dari harta karun, bahkan lebih baik dari dunia dan seisinya.
  • Kisah Sahabat Nabi yang Suka Menawarkan Pinjaman Lalu Memutihkannya
    Hikmah
    Sabtu, 19 Agustus 2023 - 15:16 WIB
    Kisah sahabat yang memutihkan utang orang-orang pada masanya patut jadi teladan. Sahabat yang gemar menawarkan pinjaman kepada umat muslim, justru memutihkannya saat ia sedang sakit.
  • Kisah Sufi Dzun-Nun: Pukullah pada Tanda Ini untuk Harta Karun
    Hikmah
    Rabu, 25 Januari 2023 - 20:11 WIB
    Kisah yang bisa dibilang serupa dengan apa yang telah dituturkan oleh Paus Sylvester II, yang membawa pengetahuan dari Negeri Arab. Termasuk matematika, dari Sevilla, Spanyol, pada abad kesepuluh
  • Islam Mengakui Kepemilikan Pribadi, Begini Penjelasan Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Rabu, 14 Juni 2023 - 05:15 WIB
    Islam merupakan agama fitrah, maka tidak ada satu pun prinsip yang bertentangan dengan fitrah atau merusak fitrah itu sendiri. Bahkan Islam terkadang meluruskannya dan meningkat bersamanya.
  • Tiba di Mekkah, Jemaah Kloter Pertama Makassar Disambut Suka Cita
    Dunia Islam
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 03:45 WIB
    Jemaah haji Indonesia kloter pertama dari embarkasi Makassar (UPG) 01 tiba di Mekkah Al-Mukarramah. Kedatangan jemaah haji itu langsung disambut petugas haji.
  • Kisah Sufi: Legenda Harta Ajaib 4 Darwis
    Hikmah
    Selasa, 03 Januari 2023 - 15:21 WIB
    Legenda ini menyerupai banyak cerita dari Timur tentang benda-benda ajaib, yang sering dijumpai dalam cerita-cerita rakyat. Beberapa kalangan menganggap kisah ini merujuk Yesus tidak mati di Salib
  • Suka Humor dan Bercanda? Perhatikan Adab dan Etika Ini!
    Tips
    Kamis, 06 Juli 2023 - 15:24 WIB
    Banyak manusia menjadikan humor dan canda sebagai relaksasi untuk menghibur diri. Dan Islam memang tidak melarangnya, namun syariat mengajarkan adab dan etikanya sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW
  • Inilah 6 Perkara yang Menghalangi Pintu Rezeki, Salah Satu Suka Berbohong
    Tausyiah
    Kamis, 26 Oktober 2023 - 11:48 WIB
    Ada beberapa perkara yang menjadi sebab terhalangnya pintu rezeki seseorang. Faktor penghalang rezeki tersebut sebenarnya diakibatkan oleh ulah para pencari rezeki itu sendiri.