Topik Terkait: Surah Yasin (halaman 3)

  • Inilah Hadoroh Yasin untuk Malam Nisfu Syaban
    Tips
    Senin, 19 Februari 2024 - 13:46 WIB
    Inilah bacaan hadoroh yasin yang bisa diamalkan sebelum membaca surat Yasin di malam Nisfu Syaban, yang tahun ini jatuh pada tanggal 24 Februari 2024.
  • Khasiat Surah Yunus Ayat 12 Dapat Menyembuhkan Penyakit Kaki
    Tips
    Rabu, 07 Juni 2023 - 06:13 WIB
    Muhammad Taqi berkata: Ayat keduabelas dari surah Yunus dapat menyembuhkan penyakit kaki, betis, dan radang selaput dada. Berikut ini cara memanfaatkan ayat tersebut.
  • Dajjal Tak Berkuasa Bagi Orang yang Istiqamah Membaca Surah Al-Kahfi
    Tausyiah
    Kamis, 03 September 2020 - 22:32 WIB
    Dalam banyak riwayat, Rasulullah SAW telah mengingatkan kita akan kemunculan fitnah Dajjal di akhir zaman. Dajjal merupakan fitnah terbesar dalam sejarah kehidupan manusia.
  • Mengapa Surah At-Taubah Tak Pakai Basmalah?
    Hikmah
    Kamis, 17 Juni 2021 - 16:43 WIB
    Mengapa Surah At-Taubah atau dikenal disebut juga Al-Baraah tidak memakai kalimat pembuka Basmalah? Lalu kalimat apa yang dibaca ketika hendak membaca Surah At-Taubah?
  • Surat Yasin Ayat 80: Nyala Api, Pohon, dan Hari Kebangkitan
    Tausyiah
    Kamis, 17 Februari 2022 - 17:29 WIB
    Pada ayat sebelumnya telah dijabarkan bagaimana jawaban tegas Allah atas keingkaran orang-orang kafir terhadap hari Kebangkitan. Surat Yasin ayat 80 berisi lanjutan tafsir sebelumnya,
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Hukum Membaca Surat Yasin di Malam Jumat
    Tips
    Jum'at, 30 Juli 2021 - 14:44 WIB
    Hukum membaca Surat Yasin di malam Jumat oleh sebagain kalangan dianggap bathil. Padahal Hadisnya memiliki jalur yang banyak sesuai syarat Ash-Shahih. Berikut penjelasannya.
  • Surah Al-Muminun Ayat 12-14, Doa Mahabbah dan Memperoleh Keturunan Saleh
    Tips
    Rabu, 05 Juli 2023 - 04:18 WIB
    Apabila seseorang ingin dicintai oleh banyak orang, dan memperoleh keturunan yang saleh dan salehah, maka ia dapat berwasilah dengan membaca ayat 12-14 dari Surah Al-Muminun secara istiqamah.
  • 5 Manfaat Membaca Yasin Fadilah, Mendatangkan Rezeki hingga Penyelamat dari Fitnah dan Cobaan
    Tips
    Sabtu, 16 Desember 2023 - 16:59 WIB
    Bacaan Yasin Fadilah pastinya sudah tidak asing lagi bagi umat Islam di Indonesia. Sebab bacaan ini kerap dilantunkan pada saat diadakan selamatan, peringatan kematian, atau rutin di saat perkumpulan malam Jumat.
  • Khasiat Surah Luqman, Salah Satunya Menghentikan Pendarahan
    Hikmah
    Rabu, 19 Juli 2023 - 11:50 WIB
    Khusus keistimewaan surah Luqman, Al-Muqaddam mengatakan, hendaklah dituliskan bagi orang yang mengalami pendarahan dan berbagai penyakit lainnya.
  • Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 22 dan Debat Jumlah Penghuni Gua yang Tidur Panjang
    Tausyiah
    Kamis, 16 Juni 2022 - 17:26 WIB
    Allah SWT menjelaskan perselisihan pendapat yang terjadi pada masa Rasulullah SAW mengenai kisah Ashhabul Kahfi tertuang dalam Surah Al-Kahfi ayat 22
  • 5 Ayat Yasin tentang Fenomena Alam Berikut Penjelasannya
    Hikmah
    Jum'at, 02 September 2022 - 05:10 WIB
    Ayat Yasin tentang fenomena alam menjadi bukti dan tanda-tanda kebesaran Allah Yang Maha Agung. Berikut ini lima ayat tentang fenomena alam dalam Surat Yasin.
  • Susah Jodoh? Baca Surah Al-Furqan Ayat 74-76 Menjelang Tidur Sebanyak 21 Kali
    Hikmah
    Minggu, 02 Juli 2023 - 08:36 WIB
    Baca Surah al-Furqan ayat 74-76 setiap menjelang tidur sebanyak 21 kali, disertai dengan puasa tiga hari, niscaya Allah akan memudahkan pernikahannya.
  • Bacaan Doa Ziarah Kubur dan Yasin, Arab, Latin dan Bahasa Indonesia
    Tips
    Jum'at, 08 Maret 2024 - 14:12 WIB
    Bacaan doa ziarah kubur dan Yasin, Arab, Latin dan bahasa Indonesia banyak diamalkan kaum muslimin ketika berziarah. Hal ini sebagai salah satu cara berhubungan dengan arwah leluhur yang telah meninggal dunia.
  • Sifat Allah yang Tertuang dalam Surat Yasin Ayat 82
    Hikmah
    Senin, 27 November 2023 - 09:40 WIB
    Surat Yasin dianggap sebagai jantung Al-Quran karena keutamaannya yang luar biasa. Rasulullah SAW telah menyebutkan bahwa membaca Surat Yasin memiliki pahala yang besar bagi pembacanya
  • Surat Yasin Ayat 5-6: Nabi Muhammad SAW Akhiri Masa Fatrah
    Tausyiah
    Jum'at, 05 November 2021 - 15:42 WIB
    Surat Yasin ayat 5-6 menegaskan bahwa diutusnya Nabi Muhammad SAW sebagai pemberi peringatan. Rasulullah SAW ditugaskan kepada kaum yang nenek moyang mereka belum pernah diberi peringatan.
  • Fadhilah Surat Yasin Ayat 9 dan Latar Belakang Turunnya
    Hikmah
    Senin, 14 Agustus 2023 - 17:01 WIB
    Fadhilah Surat Yasin ayat 9 mengungkap gambaran orang musyrik yang selalu berada dalam penjara kebodohan, seolah-olah hati mereka dipisahkan oleh dinding.
  • Surat Yasin: Para Rasul dan Penyeru yang Tak Disebut Namanya (1)
    Tausyiah
    Rabu, 13 Oktober 2021 - 05:15 WIB
    Dalam Al-Quran, Surat Yasin ayat 20, Allah SWT menyebutkan seseorang yang menyeru kaumnya untuk mengikuti para rasul Allah namun nama maupun identitas sang penyeru itu disamarkan.
  • Sakit Gigi? Amalkan Surah Al-Furqan Ayat 45 -46
    Hikmah
    Kamis, 13 Juli 2023 - 03:59 WIB
    Surah Al-Furqan ayat 45-46, bisa menjadi wasilah untuk kesembuhan bagi mereka yang sakit gigi. Sering membaca ayat 45-46 dari surat Al-Furqan. insyaAllah, akan dapat terlepas dari derita sakit gigi
  • 4 Surat yang Dianjurkan Dibaca pada Malam Jumat Selain Yasin
    Tips
    Jum'at, 15 September 2023 - 07:25 WIB
    Selain surat Yasin, terdapat sejumlah surat yang dianjurkan dibaca pada malam Jumat. Beberapa surat tersebut memiliki keutamaan yang luar biasa kepada siapapun yang mengamalkannya.
  • Surat Yasin Ayat 15-17: Dialog Utusan dengan Kaum Antokiah
    Tausyiah
    Jum'at, 19 November 2021 - 16:09 WIB
    Surat Yasin ayat 15-17 menceritakan bagaimana dialog antara para utusan dengan penduduk Antokiah. Kaum ini menolak kehadiran para utusan dengan dalih utusan itu juga manusia biasa.