Topik Terkait: Tafsir Ayat Kursi (halaman 47)

  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Rabu, 13 Desember 2023 - 15:50 WIB
    Setelah menggambarkan amal orang kafir dengan abu yang ditiup angin kencang, pada Surat Ibrahim ayat 24 Allah memberi perumpamaan bagi amal baik orang mukmin.
  • Khasiat Surat Ath-Thariq,...
    Hikmah
    Jum'at, 25 Agustus 2023 - 20:22 WIB
    Barangsiapa membasuh luka dengan airnya maka luka tersebut akan mereda dan tidak mengeluarkan nanah. Dan barangsiapa yang membacanya di atas minuman apa pun maka dia akan terlindung dari muntah.
  • Ikhtiar Menang dalam...
    Hikmah
    Senin, 14 Agustus 2023 - 12:25 WIB
    Surat Al-Mujadilah ayat 21 bisa menjadi wasilah atau doa agar memperoleh kemenangan dalam suatu perlombaan atau pertandingan. Adapun caranya yaitu dengan membaca ayat tersebut.
  • Hukum Tajwid Surat Al...
    Tips
    Sabtu, 28 September 2024 - 07:35 WIB
    Hukum tajwid surat Al Insyiqaq ayat 1-5 ini perlu dipahami dan dipelajari oleh setiap muslim supaya ketika membaca nantinya tidak terjadi kesalahan.
  • Surat An-Nur Ayat 40...
    Hikmah
    Rabu, 12 Juli 2023 - 04:06 WIB
    Barangsiapa yang ingin terhindar dari berbuat zalim dan kezaliman seseorang, serta terhindar dari binatang buas, maka hendaknya ia membaca Surat An-Nur ayat 40.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Memaknai Puasa Melalui...
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 11:50 WIB
    Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani memaknai puasa melalui kacamata kaum sufi. Maklum saja, beliau adalah figur yang dikenang sebagai pemimpin para sufi.
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Sabtu, 27 Mei 2023 - 19:47 WIB
    Surat Al-Fath ayat 27 menjelaskan tentang mimpi Nabi Muhammad SAW yang kemudian menjadi sebuah kebenaran atas kehendak Allah. Berikut asbabun nuzulnya.
  • Tafsir Ayat Poligami...
    Tausyiah
    Kamis, 10 Maret 2022 - 10:10 WIB
    Suatu ketika hubungan Khalifah Al-Mansur dengan istrinya memanas, gara-gara sang Khalifahh berniat menikah lagi atau berpoligami. Mereka pun sepakat meminta nasihat Imam Abu Hanifah.
  • Bolehkah Takut pada...
    Tausyiah
    Senin, 30 Mei 2022 - 16:24 WIB
    Keberadaan makhluk ghaib seperti jin, hantu atau setan seringkali sangat ditakuti oleh manusia. Terkadang rasa takut terhadap makhluk astral ini tidak beralasan.
  • Begini Keistimewaan...
    Hikmah
    Kamis, 07 September 2023 - 08:45 WIB
    Barangsiapa yang membacanya tujuh kali dalam waktu salat maka salatnya akan diterima dan Allah akan menjadikannya termasuk orang-orang yang suka untuk mengerjakan salat pada waktunya.
  • Khasiat Surat Asy-Syura,...
    Hikmah
    Selasa, 01 Agustus 2023 - 11:30 WIB
    Jika air ini dipercikkan di atas orang yang tak sadarkan diri (kesurupan) maka setannya akan terbakar (kabur) dan tidak akan kembali lagi padanya.
  • Keistimewaan Surat As-Shaf,...
    Hikmah
    Selasa, 15 Agustus 2023 - 11:40 WIB
    Khusus keistimewaan Surat As-Shaf, Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan, barangsiapa yang rajin membacanya saat bepergian maka dia akan dilindungi sampai dia kembali.
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Senin, 20 Februari 2023 - 21:16 WIB
    Surat Ali Imran ayat 159 memiliki Asbabun Nuzul atau sebab turunnya ayat tersebut. Dalam ayat ini, Allah memberi tuntunan secara khusus kepada Nabi Muhammad SAW usai Perang Uhud.
  • Tadabbur Al-Qalam Ayat...
    Tausyiah
    Minggu, 17 September 2023 - 21:09 WIB
    Salah satu keistimewaan Nabi Muhammad SAW dari semua makhluk yaitu memiliki sifat dan keperibadian yang sangat agung. Hal ini dinyatakan Allah dalam Al-Quran.
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Rabu, 28 Desember 2022 - 22:40 WIB
    Perilaku buruk pendeta Yahudi yang suka merekayasa dan mengubah isi Kitab Allah menjadi pelajaran berharga bagi umat Islam. Hal ini disebutkan dalam Surat Ali Imran ayat 78.
  • Tadabbur Al-Baqarah...
    Tausyiah
    Minggu, 08 Oktober 2023 - 23:16 WIB
    Tadabbur ayat kali ini menarik untuk diulas karena berkaitan dengan perkara riba dan sedekah. Dua perkara yang mengandung makna berbeda sebagaimana dijelaskan dalam Surat Al-Baqarah.
  • Hukum Tajwid Surat Al...
    Tips
    Rabu, 17 Januari 2024 - 19:43 WIB
    Hukum tajwid surat Al Fatir ayat 32 penting dipelajari umat Muslim. Tak hanya untuk menambah pengetahuan, namun juga meminimalisir kesalahan ketika membacanya.
  • Berikut Ini Khasiat...
    Hikmah
    Senin, 21 Agustus 2023 - 15:45 WIB
    Khusus keistimewaan surat Nuh, Al-Muqaddam mengatakan barangsiapa yang membacanya siang dan malam lalu dia pergi untuk memenuhi keperluannya, niscaya segala hajatnya akan terkabul
  • Ayat Ruqyah Mandiri...
    Tips
    Selasa, 19 September 2023 - 20:35 WIB
    Ruqyah adalah metode pengobatan dengan membaca ayat-ayat Al-Quran atau doa-doa tertentu yang memiliki kekuatan untuk mengusir jin atau setan yang merasuki tubuh seseorang dan bisa dilakukan secara mandiri.
  • Khasiat Surat As-Syamsu,...
    Hikmah
    Kamis, 31 Agustus 2023 - 18:25 WIB
    Keistimewaan Surat As-Syamsu antara lain dapat menyembuhkan sakit disentri. Surat ini juga dapat menambah hafalan, diterima di sisi masyarakat dan pangkat (jabatan)