Topik Terkait: Tafsir Hamdalah

  • Manfaat Bacaan Hamdalah yang Efeknya Luar Biasa dalam Kehidupan
    Tips
    Jum'at, 03 Desember 2021 - 14:43 WIB
    Kalimat hamdalah atau Alhamdulillah merupakan bentuk ungkapan rasa syukur kita terhadap segala nikmat, rezeki serta berbagai anugerah yang telah Allah subhanahu wa taala berikan kepada kita.
  • 10 Manfaat Ucapan Hamdalah, Salah satunya Membuat Tidur Lebih Nyenyak
    Tips
    Senin, 21 Maret 2022 - 16:40 WIB
    Kalimat hamdalah atau ucapan Alhamdulillah merupakan bentuk ungkapan rasa syukur kita terhadap segala nikmat, rezeki serta berbagai anugerah yang telah Allah subhanahu wa taala berikan kepada kita
  • Tafsir Basmalah Menurut Syaikh Al-Utsaimin
    Tausyiah
    Jum'at, 11 November 2022 - 10:06 WIB
    Bagi umat Islam membaca basmalah sudah menjadi kebiasaan sebelum memulai aktivitas. Dalam Al-Quran hanya surah at-Taubah yang tanpa diawali dengan bacaan Basmalah.
  • Tafsir Surat Al-Kahfi Ayat 13-15: Pemuda Mempunyai Sifat Mudah Menerima Kebenaran
    Tausyiah
    Jum'at, 27 Mei 2022 - 18:24 WIB
    Surah Al-Kahfi ayat 13-15 menguraikan lebih detail kisah pemuda Ashabul Kahfi. Pada ayat 13 Allah menyebut bahwa kisah Ashabul Kahfi merupakan kebenaran yang harus diambil pelajaran.
  • Tafsir Al-Fatihah Ayat 4: Peringatan Tentang Hari Pembalasan
    Hikmah
    Rabu, 03 November 2021 - 21:50 WIB
    Surat Al-Fatihah dijuluki Ummul Quran (induk Al-Quran) karena merupakan induk dari semua isi Al-Quran. Berikut tafsir Al-Fatihah Ayat 4 yang wajib kita imani.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Tafsir Al-Kahfi Ayat 1-10: Siapa yang Membacanya Dilindungi dari Dajjal
    Hikmah
    Kamis, 16 September 2021 - 18:28 WIB
    Surat Al-Kahfi terdiri atas 110 ayat dan diturunkan di Makkah (surat Makkiyyah). Dinamai Al-Kahfi (gua) karena bercerita tentang kisah para penghuni Gua. Berikut tafsirnya:
  • Surat An Nasr Fathul Mekkah, Begini Pendapat Ahli Tafsir
    Tausyiah
    Jum'at, 06 Agustus 2021 - 16:57 WIB
    Surat An Nasr Fathul Mekkah? Surat ini dikenal juga dengan sebutan surat at-Taudi. Terdapat silang pendapat di kalangan ulama tafsir tentang kapan turunnya surat ini.
  • Tafsir Surat Al-Kahfi Ayat 23 dan Ketika Allah Taala Menegur Rasulullah SAW
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Juni 2022 - 20:57 WIB
    Dalam ayat ini dijelaskan satu peristiwa di zaman Rasulullah SAW ketika beberapa orang Quraisy bertanya kepada Nabi tentang roh, kisah penghuni gua dan kisah Zulkarnain.
  • Tafsir Kodang Ini Dimasuki Israiliyyat, Adz-Dzahabi: Agar Lebih Mudah Dibaca
    Hikmah
    Selasa, 31 Oktober 2023 - 10:40 WIB
    Tafsir yang sudah dimasuki israiliyyat itu antara lain tafsir Muqtil bin Sulaiman, , tafsir Abdur ar-Razq ash-Shann, tafsir Imam athThabar, tafsir Ibnu Ab Htim ar-Rz.
  • Tafsir Surat Yasin Ayat 82 : Makna Kun Fayakun
    Hikmah
    Sabtu, 06 Januari 2024 - 09:19 WIB
    Tafsir Surat Yasin ayat 82 banyak menjelaskan tentang makna Kun Fayakun. Ayat ini termasuk dalil mudahnya bagi Allah Subhaanahu wa Taaala menciptakan kembali manusia yang telah mati dan menciptakan segala sesuatunya.
  • Faidah Luar Biasa dari Seringnya Mengucap Alhamdulillah
    Muslimah
    Selasa, 06 April 2021 - 06:23 WIB
    Ucapan kalimat hamdalah atau Alhamdulillah merupakan bentuk ungkapan rasa syuku kepada Allah Taala. Dan ternyata, membiasakan mengucapkan alhamdulillah sangat baik karena mengucapkan tersebut memberikan banyak faidah dan manfaat untuk kehidupan kita.
  • Sejarah Ilmu Tafsir Al-Quran, Pengertian dan Jenisnya (2)
    Hikmah
    Rabu, 14 April 2021 - 14:41 WIB
    Dalam memahami dan menafsirkan Al-Quran diperlukan bukan hanya pengetahuan bahasa Arab, tetapi juga berbagai macam ilmu pengetahuan yang menyangkut Al-Quran dan isinya.
  • Tafsir Al-Mulk Ayat 23: Tiga Karunia Allah yang Sering Tak Disyukuri Manusia
    Tausyiah
    Kamis, 29 Desember 2022 - 23:43 WIB
    Tiga karunia Allah untuk manusia yaitu: telinga, mata dan hati nurani disebutkan dalam Surat Al-Mulk ayat 23. Karunia Allah ini sering tidak disyukuri oleh manusia.
  • Biasakan Membaca Alhamdulillah, Rasakan 10 Efek Dahsyatnya dalam Kehidupan
    Tips
    Selasa, 25 Januari 2022 - 17:30 WIB
    Ucapan Alhamdulillah merupakan bentuk ungkapan rasa syukur kita terhadap segala nikmat, rezeki serta berbagai anugerah yang telah Allah subhanahu wa taala berikan kepada kita.
  • Tafsir Ilmiah Al-Quran: Bahasa, Konteks antara Kata atau Ayat, dan Sifat Penemuan 
    Tausyiah
    Sabtu, 05 Maret 2022 - 17:07 WIB
    Penafsiran ilmiah terhadap ayat-ayat Al-Quran membawa kita kepada paling tidak tiga hal pula yang perlu digarisbawahi, yaitu (1) Bahasa (2) Konteks ayat-ayat dan (3) Sifat penemuan ilmiah.
  • Tafsir Surat Yasin Ayat 2-4: Sumpah Allah atas Kerasulan Nabi Muhammad SAW
    Tausyiah
    Kamis, 04 November 2021 - 15:34 WIB
    Surat Yasin ayat 2-4 adalah berisi tentang kerasulan Nabi Muhammad SAW. Dalam surat itu Allah SWT bersumpah demi Al-Quran yang penuh hikmah. Apa maksudnya?
  • Tafsir Al-Baqarah, Ada 4 Ciri dan Karakteristik Orang Kafir
    Tausyiah
    Sabtu, 24 April 2021 - 08:05 WIB
    Salah satu keistimewaan Surah Al-Baqarah adalah di dalamnya menerangkan karakteristik orang mukmin, kafir dan kaum munafik. Berikut 4 ciri dan karakteristik orang kafir.
  • Tafsir Surat Al-Kahfi Ayat 21 dan Kisah Uang Bergambar Raja Decyanus
    Tausyiah
    Jum'at, 10 Juni 2022 - 19:20 WIB
    Surah Al-Kahfi ayat 21 ini mengisahkan tentang salah satu pemuda Ashabul Kahfi yakni Tamlikha untuk pergi berbelanja dengan membawa uang perak dari kawan-kawannya. Dalam tafsir ayat ini Tamlikha merasa terkejut akan perubahan kota.
  • Tafsir Surat Al-Mulk Ayat 3: Penciptaan 7 Langit yang Sempurna Tanpa Penyangga
    Hikmah
    Kamis, 03 November 2022 - 22:20 WIB
    Pada ayat ke-3 Surat Al-Mulk ini Allah menegaskan kekuasaan-Nya menciptakan tujuh langit berlapis yang tidak ada cacat sama sekali. Inilah salah satu tanda kebesaran-Nya.
  • Kesaksian Maurice Bucaille dan Tafsir Surat Yunus Ayat 92 tentang Jasad Firaun
    Hikmah
    Senin, 24 Oktober 2022 - 08:28 WIB
    Setelah mati tenggelam di laut bersama 100.000 orang pasukannya, jasad Firaun terselamatkan, yakni terlempar ke darat. Hal ini menjadi bukti kepada Bani Israil bahwa Firaun benar-benar sudah mati.