Topik Terkait: Tanam Pohon

  • Ketakutan Israel Hadapi...
    Dunia Islam
    Jum'at, 13 Oktober 2023 - 05:10 WIB
    Ketakutan zionis Israel menghadapi akhir zaman ternyata sangat beralasan. Ketakutan ini muncul ketika mendengar Nubuwah Nabi tentang keadaan umat Yahudi menjelang Hari Kiamat.
  • Kisah Pohon Sahabi,...
    Dunia Islam
    Jum'at, 19 Mei 2023 - 10:29 WIB
    Salah satu kisah menarik dalam sejarah Islam adalah tentang pohon yang disebut sebagai Sahabi atau sahabat Nabi Muhammad SAW.
  • Filosofi Mukmin dan...
    Tausyiah
    Kamis, 18 Februari 2021 - 22:11 WIB
    Rasulullah shallallahu alaihi wasallam memberikan perumpamaan seorang mukmin itu ibarat pohon kurma. Ibnu Umar menceritakan, Rasulullah bertanya kepada para sahabat beliau,
  • Kisah Uzza: 3 Pohon...
    Hikmah
    Senin, 04 Desember 2023 - 06:50 WIB
    Al-Azraqi mengatakan, Uzza adalah tiga buah pohon kurma yang berwarna coklat tua. Orang yang pertama kali menyeru untuk menyembahnya adalah Amr bin Rabiah dan al-Harits bin Kaab.
  • Kekeliruan Abu Jahal...
    Hikmah
    Sabtu, 05 Agustus 2023 - 18:15 WIB
    Dalam Sirah Nawabiyah diceritakan sikap Abu Jahal yang keliru mengklaim pohon Zaqqum. Kata dia, pohon Zaqqum yang diceritakan dalam Al-Quran ialah kurma Madinah dalam mentega.
  • Kisah Pohon Kurma Menangis...
    Hikmah
    Minggu, 26 November 2023 - 21:34 WIB
    Kisah pohon kurma menangis karena merindukan Rasulullah ? termasuk di antara mukjizat beliau yang menakjubkan sekaligus menyentuh hati. Berikut kisahnya.
  • Pekerjaan Mulia Menurut...
    Tausyiah
    Sabtu, 27 Juli 2024 - 16:59 WIB
    Salah pekerjaan yang mulai adalah bercocok tanam. Di dalam al-Quran Allah menyebutkan tentang masalah mencari rezeki beberapa pokok yang harus ditepati demi suksesnya bercocok-tanam itu.
  • Ini Mengapa Pohon Jupiter...
    Dunia Islam
    Jum'at, 02 Agustus 2024 - 05:56 WIB
    Ia menjadi simbol hutan lebat dan gunung yang menjulang tinggi di Arab Saudi. Sang nyonya memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem darat.
  • Cinta Rasulullah dan...
    Tausyiah
    Sabtu, 24 Oktober 2020 - 09:13 WIB
    Rintihan batang kurma adalah mutawatir, karena ia diriwayatkan oleh sekelompok sahabat, hingga sekitar 20 orang dan banyak perawi yang hahih, sehingga memastikan terjadinya.
  • Subhanallah! Setiap...
    Hikmah
    Rabu, 15 April 2020 - 15:22 WIB
    Aku siapkan bagi hamba-hamba-Ku yang saleh (di dalam surga) yaitu apa yang tak pernah dilihat mata, tak pernah didengar telinga, dan tak pernah terlintas dalam hati semua manusia.
  • Kisah Abu Jahal Mengklaim...
    Hikmah
    Kamis, 29 September 2022 - 00:30 WIB
    Kisah Abu Jahal yang mengklaim mengetahui pohon Zaqqum menarik untuk kita ketahui karena berkaitan dengan firman Allah dalam Al-Quran. Berikut kisahnya dalam Sirah Nabawi.
  • Kalimat Zikir yang Diganjar...
    Tips
    Senin, 22 Juli 2024 - 10:09 WIB
    Ada kalimat zikir yang bila diamalkan rutin akan diganjar pohon di surga. Kalimat zikir seperti apa dan bagaimana mengamalkannya?
  • Abha Hutan Ungu di Arab...
    Dunia Islam
    Selasa, 14 Mei 2024 - 14:47 WIB
    Setelah hujan yang turun baru-baru ini di Asir, Arab Saudi, Kota Abha dipenuhi warna ungu, ketika pohon jacaranda yang berjejer di sepanjang jalan mulai hidup.
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Rabu, 13 Desember 2023 - 15:50 WIB
    Setelah menggambarkan amal orang kafir dengan abu yang ditiup angin kencang, pada Surat Ibrahim ayat 24 Allah memberi perumpamaan bagi amal baik orang mukmin.
  • Khasiat Daun Bidara,...
    Tips
    Kamis, 15 Juli 2021 - 16:00 WIB
    Daun bidara (As-Sidr) adalah tanaman herbal yang banyak tumbuh di wilayah kering. Pohon ini disebut juga di dalam Al-Quran dalam beberapa ayat. Berikut khasiatnya.
  • Di Balik Kisah Sengketa...
    Tausyiah
    Minggu, 18 Juni 2023 - 05:28 WIB
    Rasulullah SAW tidak peduli terhadap bahaya kecil (ringan), yang menimpa Samurah dibanding dengan bahaya besar yang menimpa pemilik kebun itu yaitu tetap adanya pohon-pohon kurma yang jumlahnya sedikit itu.
  • Pohon Gharqad: Pohon...
    Hikmah
    Rabu, 29 Mei 2024 - 10:08 WIB
    Imam an-Nawawi mengatakan Gharqad adalah sejenis pohon berduri yang dikenal di Negeri Baitul Maqdis (Palestina). Di sanalah Dajjal dan Yahudi (akan) dibunuh oleh Nabi Isa dan kaum Muslimin.
  • Kiamat Bisa Terjadi...
    Hikmah
    Rabu, 13 September 2023 - 09:45 WIB
    Jikalau setetes dari buah zaqum menetes di dunia, niscaya ia merusak kehidupan seluruh penghidupan penduduk dunia, demikian hadis dari Ibnu Abbas ra menginformaiskan.
  • Bercocok Tanam yang...
    Tausyiah
    Senin, 29 Juli 2024 - 11:26 WIB
    Setiap tumbuh-tumbuhan yang diharamkan memakannya atau yang tidak boleh dipergunakan kecuali dalam keadaan darurat, maka tumbuh-tumbuhan tersebut haram ditanam, misalnya: hasyisy (ganja) dan sebagainya.
  • Renungan: Meraih Suksesi,...
    Hikmah
    Rabu, 14 April 2021 - 05:22 WIB
    Endapkanlah energi spiritualmu agar kemegahan Allah mengalir dalam diri kita, untuk mencegah masuknya serangga laknat itu... Bahkan dengan diam, kalian pun akan bermanfaat bagi siapa pun.