Topik Terkait: Teladani Akhlak Nabi

  • 23 Akhlak Nabi Muhammad yang Menakjubkan Layak Diteladani
    Tausyiah
    Kamis, 18 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Tak ada manusia yang dalam dirinya tersimpan kesempurnaan kecuali ada pada diri Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Berikut 23 akhlak beliau yang patut kita teladani.
  • Subhanallah, Beginilah Akhlak Rasulullah Ketika Menjadi Suami
    Hikmah
    Senin, 29 Juni 2020 - 18:48 WIB
    Meski sebagai Rasul, Nabi Muhammad SAW tetap menjalankan fitrahnya sebagai manusia. Beliau menjadi suami bagi istri-istrinya dan berinteraksi dengan sesama.
  • 12 Kriteria Akhlak Terbaik Muslimah yang Penting Diamalkan
    Muslimah
    Kamis, 09 November 2023 - 14:16 WIB
    Akhlak terbaik seorang muslimah sudah diberitahukan didalam Al Quran dan hadis. Namun, ada baiknya seorang muslimah kembali mengenal atau mempelajari adab-adab dan akhlak yang seharusnya ada dalam diri mereka.
  • Akhlak Rasulullah SAW yang Mengagumkan dan Doa Beliau Ketika Tidur
    Tausyiah
    Minggu, 06 September 2020 - 19:03 WIB
    Jika ingin belajar tentang budi pekerti dan akhlak mulia maka satu-satunya sosok teladan terbaik ialah Baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW).
  • Berlemah Lemah Lembut Kepada Perempuan adalah Akhlak yang Mulia
    Muslimah
    Selasa, 05 Januari 2021 - 09:00 WIB
    Termasuk akhlak yang dipuji Rasulullah Shallahu alaihi wa aallam adalah akhlak sesorang laki-laki kepada perempuan. Rasulullah senantiasa memberikan wasiat agar berbuat baik kepada kaum perempuan.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Kemuliaan Sejati Bagi Para Pemaaf
    Muslimah
    Rabu, 11 Mei 2022 - 12:24 WIB
    Di antara akhlak mulia kekasih Allah adalah, kala mereka bermuamalah dengan sesama manusia, mereka ridha dengan apa yang mereka terima. Tidak akan merampas hak-hak orang lain.
  • Gaya Kuliner Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam
    Tausyiah
    Rabu, 14 Oktober 2020 - 18:35 WIB
    Sebagaimana manusia biasa, Rasulullah shallallhu alaihi wa sallam merasakan lapar dan haus. Beliau makan dan minum secukupnya dan tidak pernah berlebih-lebihan.
  • Pemaaf, Salah Satu Sifat Mulia Nabi Muhammad SAW yang Jadi Cermin Akhlak Muslim
    Hikmah
    Minggu, 16 Juli 2023 - 10:55 WIB
    Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam adalah manusia yang paling pemaaf dan berlapang dada. Pemaaf ini juga merupakan salah satu sifat Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam
  • Gelar-gelar Nabi Muhammad SAW dan Artinya
    Hikmah
    Kamis, 22 Desember 2022 - 13:32 WIB
    Gelar yang disematkan oleh umat muslim kepada Nabi Muhammad SAW , karena sifat dan karakter Nabi SAW yang terpuji dan patut dijadikan tauladan.
  • Perbedaan Kisah Nabi Muhammad dengan Nabi Musa Ketika Bertemu Allah SWT
    Hikmah
    Jum'at, 15 Desember 2023 - 08:13 WIB
    Kisah Nabi Muhammad bertemu dengan Allah SWT wajib diimani oleh kita semua sebagai umat Islam. Meskipun ada sebuah peristiwa yang berbeda dengan kisah Nabi Musa ketika bertemu dengan Allah SWT.
  • 7 Akhlak Rasulullah Terhadap Anak-anak Layak Diteladani
    Tausyiah
    Senin, 02 November 2020 - 20:03 WIB
    Anas bin Malik berkata, Aku tidak melihat ada orang yang paling penyayang kepada keluarganya daripada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.
  • Tobat Nabi Adam dan Nabi Musa Menurut Al-Quran
    Tausyiah
    Selasa, 07 Maret 2023 - 18:48 WIB
    Al-Quran telah mengungkap tentang tobat para nabi dan orang-orang yang saleh atas perbuatan salah mereka. Berikut ini contoh tobat dua nabi, yakni Nabi Adam dan Nabi Musa.
  • Ketika Nabi Yusuf dan Nabi Musa Ditegur Allah, Inilah Hikmahnya
    Hikmah
    Rabu, 08 Januari 2020 - 05:15 WIB
    Nabiyullah Yusuf pernah dijebloskan ke penjara selama 5 tahun lamanya karena fitnah Zulaikha pada masa pemerintahan Kerajaan Malik Heksos di Memphis Mesir tahun 1720 SM.
  • Saat Rasulullah Ditanya Tentang Akhlak yang Baik, Ini Kata Beliau
    Tausyiah
    Jum'at, 22 Mei 2020 - 13:26 WIB
    Tidak ada manusia yang di dalam dirinya terkumpul kesempurnaan kecuali ada pada diri Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Beliaulah sebaik-baik teladan bagi seluruh manusia.
  • Marga Keturunan Nabi di India, Ada Klaim Hindustan Pelindung Keturunan Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Selasa, 16 Mei 2023 - 12:23 WIB
    Marga keturunan Nabi Muhammad SAW di India tersebar di berbagai wilayah. Laman Defence menyebut lebih dari 15 juta orang mengklaim sebagai keturunan dari suku Nabi di Asia Selatan.
  • Ini Mengapa Ada Larangan Mencela Sahabat Nabi?
    Tausyiah
    Jum'at, 28 Mei 2021 - 11:36 WIB
    Para sahabat Rasulullah SAW adalah sebaik-baik dan seutama-utama manusia setelah para Nabi sendiri. Mereka adalah manusia yang selalu membela nabi dengan seluruh kemampuannya .
  • Memaafkan, Akhlak Mulia yang Dapat Menghapus Dosa-dosa
    Muslimah
    Minggu, 21 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Bermusuhan adalah perbuatan yang sangat dilarang oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam untuk dilakukan kaum muslimin. Rasul menganjurkan untuk saling memaafkan. karena sikap ini bisa menghapus dosa-dosa.
  • Kisah Nabi Isa Menghidupkan Kembali Putra Nabi Nuh
    Hikmah
    Sabtu, 25 Desember 2021 - 07:55 WIB
    Suatu ketika Nabi Isa AS menghidupkan kembali putra Nabi Nuh, Ham, untuk kepentingan interview. Nabi Isa bertanya seputar spesifikasi bahtera Nuh.
  • Hadis Arbain: Kebaikan Itu Adalah Akhlak yang Baik
    Tips
    Jum'at, 17 November 2023 - 11:13 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-27 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi . Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Pengertian Maulid Nabi, Sejarah dan Keutamaannya
    Tausyiah
    Kamis, 28 September 2023 - 06:05 WIB
    Hari ini Kamis bertepatan 12 Rabiul Awal 1445 H (28/9/2023) umat Islam memperingati Maulid Nabi Muhammad ?. Berikut ulasan pengertian Maulid Nabi, sejarah dan keutamaannya.