Topik Terkait: Universitas Islam Madinah (halaman 26)

  • Dialog Prof Wilson dan...
    Dunia Islam
    Jum'at, 06 Oktober 2023 - 21:19 WIB
    Islam tidak pernah menasihatkan anda agar menjauhkan diri dari diskusi-diskusi yang mungkin mengarah pada ilmu pengetahuan yang baru dan penemuan dari kebenaran.
  • Suhu di Madinah Sangat...
    Dunia Islam
    Senin, 10 Juli 2023 - 13:48 WIB
    Kadaker Madinah Zaenal Muttaqin mengimbau jemaah haji Indonesia gelombang kedua yang tiba di Madinah tidak memaksakan diri untuk menjalankan ibadah Arbain.
  • Sempat Minta Turun Pesawat...
    Dunia Islam
    Senin, 05 Juni 2023 - 00:38 WIB
    Juhani (95) jemaah haji lanjut usia (lansia) yang videonya viral di media sosial (medsos) karena ingin turun dari pesawat untuk kasih makan ayam kini telah berada di Madinah.
  • Takaful Bidang Materi...
    Tausyiah
    Selasa, 09 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Di antara bentuk taawun, taraahum dan tanaashur adalah takaful (saling menanggung) di antara anggota masyarakat Islam. Baik takaful di bidang materi dan moral, ekonomi dan politik, militer dan sipil, sosiai dan budaya.
  • Ternyata Orang Eropa...
    Hikmah
    Kamis, 05 November 2020 - 23:05 WIB
    Budaya mandi menggunakan sabun dan sikat gigi (siwak) merupakan budaya bersih yang diajarkan Islam. Berkat ajaran Islam inilah orang Eropa baru mengenal budaya mandi.
  • Inilah Asal-usul Yahudi...
    Hikmah
    Sabtu, 14 Oktober 2023 - 14:13 WIB
    Menurut sumber yang paling kuat, mereka datang dari Syam pada abad pertama dan kedua sebelum Masehi ketika pasukan Romawi berhasil menguasai Suriah dan Mesir.
  • Konflik Politik Berdarah...
    Dunia Islam
    Kamis, 24 Maret 2022 - 18:51 WIB
    Konflik politik berdarah dan pembunuhan khalifah pada Dinasti Abbasiyah seakan menjadi tradisi. Ini akibat kesalahan penerapan pada sistem pengangkatan putra mahkota.
  • Begini Jawaban Muhammadiyah...
    Dunia Islam
    Kamis, 11 Juli 2024 - 11:04 WIB
    Konsep Kalender Hijriah Global Tunggal (KHGT) telah memicu berbagai kritikan. Para kritikus menilai bahwa pemaksaan kalender Hijriah yang seragam secara global bertentangan dengan prinsip ilmiah dan praktik rukyat.
  • Fatimah al-Fihri: Janda...
    Dunia Islam
    Sabtu, 23 Oktober 2021 - 13:59 WIB
    Fatimah al-Fihri adalah wanita muslim yang mendirikan universitas pertama di dunia. Tidak hanya sekadar pendiri, ide mengenai Universitas ini dan penentuan lokasinya pun semuanya berasal dari dia.
  • Cara Mengatasi Mual...
    Muslimah
    Minggu, 05 Desember 2021 - 15:10 WIB
    Cara mengatasi mual saat hamil muda menurut Islam perlu diketahui para ibu hamil agar janin yang di kandungannya tetap sehat. Kehamilan sendiri adalah langkah awal bagi pembentukan kepribadian calon manusia yang dilahirkannya nanti.
  • Hukum Meminta-minta...
    Tausyiah
    Sabtu, 27 Juli 2024 - 16:47 WIB
    Rasulullah SAW bersaba: Sesungguhnya meminta-minta itu sama dengan luka-luka, yang dengan meminta-minta itu berarti seseorang melukai mukanya sendiri.
  • 4 Cara Qatar Dakwahkan...
    Dunia Islam
    Senin, 28 November 2022 - 11:45 WIB
    Setidaknya ada 4 cara Qatar dakwahkan Islam di Piala Dunia 2022. Pada saat pembukaan, misalnya, dengan bacaan Al-Quran. Selain itu, Qatar juga menyuguhi mural-mural hadis yang dipasang di sejumlah lokasi strategis.
  • Tahun Abu: Kisah Umar...
    Hikmah
    Senin, 18 Desember 2023 - 07:18 WIB
    Selama 9 bulan itu ia mengimami salat isya dan setelah pulang ke rumah ia masih melanjutkan dengan salat sampai larut malam, memohon kepada Allah jangan sampai kehancuran umat berada di tangannya.
  • 7 Peristiwa Penting...
    Hikmah
    Senin, 07 Oktober 2024 - 10:02 WIB
    Dalam sejarah Islam, Rabiul Akhir disebut juga bulan peperangan, karena pada bulan itu banyak terjadi perang melibatkan kaum muslimin di masa Rasulullah dan para Sahabat.
  • 2 Rukun Puasa yang Wajib...
    Tips
    Sabtu, 25 April 2020 - 03:30 WIB
    Di antara ilmu Fiqih yang tidak kalah penting untuk dipelajari adalah rukun puasa. Setiap muslim wajib mengetahui apa saja rukun puasa sebelum mengamalkannya.
  • Bolehkah Menikah dengan...
    Tausyiah
    Sabtu, 26 November 2022 - 05:15 WIB
    Bolehkah menikah saudara tiri? Bagaimana hukumnya dalam Islam? Bagaimana pula kaitannya dengan mahram? Beberapa pertanyaan soal pernikahan ini umum terjadi dalam masyarakat kita.
  • Syam dan Mesir Ditaklukkan...
    Hikmah
    Kamis, 11 Juli 2024 - 14:43 WIB
    Ketika Heraklius menemui ajalnya di Konstantinopel, keadaan istana sudah dicekam oleh kekacauan akibat bencana yang telah menimpa Syam dan Mesir.
  • 6 Etika dan Adab Berjabat...
    Tips
    Senin, 26 Agustus 2024 - 18:20 WIB
    Berjabat tangan merupakan salah satu ciri orang yang memiliki kelembutan hati. Dengan berjabat tangan juga akan memberikan pengaruh positif lainnya, yaitu akan menghilangkan permusuhan.
  • Perkembangan Islam di...
    Dunia Islam
    Selasa, 08 Oktober 2024 - 10:37 WIB
    Perkembangan Islam di Lebanon, salah satu negara di Timur Tengah ini penting dikenali, karena mengalami perkembangan yang cukup signfikan dari sejarahnya dahulu.
  • 3 Kelemahan Kristen,...
    Dunia Islam
    Rabu, 11 Januari 2023 - 15:37 WIB
    Untuk mengapresiasi dengan benar titik temu pertama antara Islam dan Kristen yang diperlukan bagi umat yang beragama Kristen adalah agar mereka sadar akan kelemahan Kristiani di periode zaman itu.