Topik Terkait: Wawasan Kebangsaan (halaman 4)

  • Kenabian Muhammad SAW:...
    Hikmah
    Sabtu, 16 Juli 2022 - 11:10 WIB
    Al-Quran menegaskan bahwa para nabi telah pernah diangkat janjinya untuk percaya dan membela Nabi Muhammad SAW. Hal ini termaktub dalam Surat Ali Imran ayat 81.
  • Wawasan Al-Quran tentang...
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Juli 2020 - 07:24 WIB
    Patung-patung tersebut, karena tidak disembah atau diduga akan disembah, maka keterampilan membuatnya serta memilikannya dinilai sebagai bagian dari anugerah Ilahi.
  • Begini Jawaban Al-Quran...
    Tausyiah
    Rabu, 16 Februari 2022 - 06:27 WIB
    Al-Quran seringkali mengemukakan alasan-alasan pengingkaran, baru kemudian menanggapi dan menolaknya. Hal demikian terlihat dengan jelas dalam uraian Al-Quran tentang hari akhir.
  • Lagi, Soal Jilbab dan...
    Tausyiah
    Kamis, 06 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Mengutip Muhammad Thahir, Quraish Shihab berpendapat bahwa ada hadis-hadis Nabi yang merupakan perintah, tetapi perintah dalam arti sebaiknya bukan seharusnya
  • Selain Al-Fatihah, Ada...
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Oktober 2020 - 13:20 WIB
    Al-Biqai dalam tafsirnya menyebut al-hamdulillah dalam surat Al-Fatihah menggambarkan segala anugerah Tuhan yang dapat dinikmati oleh makhluk, khususnya manusia.
  • Quraish Shihab Bicara...
    Tausyiah
    Rabu, 04 Mei 2022 - 16:37 WIB
    Kata halal dari segi hukum diartikan sebagai sesuatu yang bukan haram, sedangkan haram merupakan perbuatan yang mengakibatkan dosa dan ancaman siksa.
  • Kesejahteraan Sosial...
    Tausyiah
    Sabtu, 27 Agustus 2022 - 14:28 WIB
    Kesejahteraan sosial dimulai dengan Islam, yaitu penyerahan diri sepenuhnya kepada Allah SWT. Tidak mungkin jiwa akan merasakan ketenangan apabila kepribadian terpecah (split personality):
  • Keadilan Sosial Bukan...
    Tausyiah
    Selasa, 16 Januari 2024 - 05:15 WIB
    Quraish Shihab mengatakan keadilan sosial bukan mempersamakan semua anggota masyarakat, melainkan mempersamakan mereka dalam kesempatan mengukir prestasi.
  • Keadilan dan Makna Adil...
    Tausyiah
    Minggu, 14 Agustus 2022 - 10:05 WIB
    Leadilan yang dibicarakan dan dituntut oleh Al-Quran amat beragam, tidak hanya pada proses penetapan hukum atau terhadap pihak yang berselisih, melainkan keadilan terhadap diri sendiri.
  • Akhlak Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Kamis, 21 Juli 2022 - 15:10 WIB
    Al-Quran mengakui secara tegas bahwa Nabi Muhammad SAW memiliki akhlak yang sangat agung. Bahkan dapat dikatakan bahwa konsideran pengangkatan beliau sebagai nabi adalah keluhuran budi pekertinya
  • Ada yang Berpendapat...
    Tausyiah
    Selasa, 05 April 2022 - 03:00 WIB
    Sebagian besar ulama bermazhab Maliki dan Syafii menilai bahwa hal ini sebaiknya diserahkan kepada masing-masing pribadi, dalam arti apa pun pilihannya, maka itulah yang lebih baik dan utama.
  • Nuzulul Quran: Makna...
    Tausyiah
    Senin, 03 April 2023 - 04:00 WIB
    Mengapa iqra, merupakan perintah pertama yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW padahal beliau seorang ummi (yang tidak pandai membaca dan menulis)? Mengapa demikian?
  • Video Santri Tutup Telinga,...
    Tausyiah
    Rabu, 15 September 2021 - 19:56 WIB
    Viralnya video yang memperlihatkan santri menutup telinga mereka saat divaksin mengapungkan kembali perdebatan mengenai halal dan haramnya seni musik dan seni suara. Begini pendapat Quraish Shihab.
  • Prinsip-Prinsip Kekuasaan...
    Tausyiah
    Rabu, 10 Januari 2024 - 09:45 WIB
    Ikatan ini terjalin antara sang penguasa dengan Allah SWT di satu pihak dan dengan masyarakatnya di pihak lain. Perjanjian dengan Allah dinamai oleh-Nya dalam Al-Quran dengan ahd.
  • Hindarilah Telanjang,...
    Tausyiah
    Minggu, 02 Agustus 2020 - 07:27 WIB
    Hindarilah telanjang, karena ada (malaikat) yang selalu bersamamu yang tak pernah berpisah denganmu kecuali ketika ke kamar belakang dan ketika berhubungan seks dengan istrinya.
  • Ini Mengapa Nabi dan...
    Tausyiah
    Sabtu, 08 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Quraish Shihab mengatakan yang jelas, Nabi dan sahabat-sahabat utama beliau, tidak pernah mempersoalkan takdir sebagaimana dilakukan oleh para teolog itu.
  • Halalkah Makanan Sembelihan...
    Tausyiah
    Senin, 27 Juli 2020 - 15:46 WIB
    Timbul perselisihan pendapat di kalangan ulama tentang siapa yang dimaksud dengan Ahl Al-Kitab, dan apakah umat Yahudi dan Nasrani masa kini, masih sebagai Ahl Al-Kitab.
  • Minal Aidin wal Faizin...
    Tausyiah
    Sabtu, 22 April 2023 - 07:32 WIB
    Quraish Shihab mengatakan dalam Al-Quran ditemukan sebanyak 29 kali. Terakhir itu diucapkan oleh orang munafik yang menyesal karena tidak ikut berperang bersama-sama orang Islam.
  • Quraish Shihab: Puasa...
    Tausyiah
    Selasa, 05 April 2022 - 15:20 WIB
    Kalau melihat sikap Al-Quran yang seringkali melakukan penahapan dalam perintah-perintahnya, maka agaknya kewajiban berpuasa pun dapat dikatakan demikian.
  • Benarkah Kewajiban Puasa...
    Tausyiah
    Selasa, 21 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Apakah kewajiban itu langsung ditetapkan oleh Al-Quran selama sebutan penuh, ataukah bertahap? Sikap Al-Quran seringkali memang melakukan penahapan dalam perintah-perintahnya.