Topik Terkait: Wawasan Kebangsaan

  • Wawasan Kebangsaan Dalam...
    Tausyiah
    Jum'at, 16 April 2021 - 03:46 WIB
    Paham kebangsaan belum dikenal pada masa turunnya Al-Quran. Paham ini baru muncul dan berkembang di Eropa sejak akhir abad ke-18, dan dari sana menyebar ke seluruh dunia Islam.
  • Wawasan Kebangsaan (4):...
    Tausyiah
    Minggu, 18 April 2021 - 17:53 WIB
    Orang-orang Yahudi yang bahasanya satu, yaitu bahasa Ibrani, dikecam oleh Al-Quran dengan menyatakan: Engkau menduga mereka bersatu, padahal hati mereka berkeping-keping.
  • Wawasan Kebangsaan Dalam...
    Tausyiah
    Jum'at, 16 April 2021 - 17:29 WIB
    Makna kata umat dalam Al-Quran sangat lentur, dan mudah menyesuaikan diri. Tidak ada batas minimal atau maksimal untuk suatu persatuan. Yang membatasi hanyalah bahasa.
  • Wawasan Kebangsaan Dalam...
    Tausyiah
    Sabtu, 17 April 2021 - 16:31 WIB
    Penggabungan diri ke dalam satu wadah kekerabatan dapat disetujui oleh Al-Quran, apalagi menggabungkan diri pada wadah yang lebih besar semacam kebangsaan.
  • Wawasan Kebangsaan dalam...
    Tausyiah
    Senin, 19 April 2021 - 16:43 WIB
    Pakar-pakar hukum menetapkan bahwa adat kebiasaan dalam suatu masyarakat selama tidak bertentangan dengan prinsip ajaran Islam, dapat dijadikan sebagai salah satu pertimbangan hukum.
  • Wawasan Kebangsaan (6):...
    Tausyiah
    Selasa, 20 April 2021 - 18:34 WIB
    Al-Quran sangat menonjol dalam menguraikan peristiwa sejarah. Bahkan tujuan utama dari uraian sejarahnya adalah guna mengambil itibar (pelajaran), guna menentukan langkah berikutnya
  • Wawasan Al-Quran: Ini...
    Tausyiah
    Sabtu, 25 Juli 2020 - 05:00 WIB
    Al-Quran sendiri memperhatikan nada dan langgam ketika memilih kata-kata yang digunakannya setelah terlebih dahulu memperhatikan kaitan antara kandungan kata dan pesan yang ingin disampaikannya.
  • Wawasan Al-Qur’an:...
    Tausyiah
    Minggu, 26 Juli 2020 - 05:00 WIB
    Islam, melalui sumber utamanya Al-Quran, bahkan melukiskan dengan sangat indah, kelemahan-kelemahan manusia gejolak nafsu berahi pun ditampilkannya.
  • Quraish Shihab: Islam...
    Tausyiah
    Kamis, 09 Maret 2023 - 15:10 WIB
    Islam datang tidak hanya bertujuan mempertahankan eksistensinya sebagai agama, tetapi juga mengakui eksistensi agama-agama lain, dan memberinya hak untuk hidup berdampingan.
  • Pakaian Sebagai Pelindung:...
    Tausyiah
    Selasa, 04 Agustus 2020 - 06:51 WIB
    Pakaian memang tidak menciptakan santri, tetapi dia dapat mendorong pemakainya untuk berperilaku seperti santri atau sebaliknya menjadi setan.
  • Awas! Berhati-hatilah...
    Tausyiah
    Rabu, 17 Agustus 2022 - 13:42 WIB
    Allah SWT berjanji akan mengabulkan doa orang-orang yang dizalimi meskipun dia adalah orang kafir sekali pun. Doa orang yang terzalimi tersebut pasti akan dikabulkan oleh Allah SWT.
  • Mengapa Tak Ada Ayat...
    Tausyiah
    Minggu, 19 Juni 2022 - 18:26 WIB
    Syaikh Abdul Halim Mahmud mengatakan jangankan Al-Quran, Kitab Taurat, dan Injil dalam bentuknya yang sekarang pun (Perjanjian Lama dan Baru) tidak menguraikan tentang wujud Tuhan.
  • Minal Aidin wal Faizin...
    Tausyiah
    Sabtu, 22 April 2023 - 07:32 WIB
    Quraish Shihab mengatakan dalam Al-Quran ditemukan sebanyak 29 kali. Terakhir itu diucapkan oleh orang munafik yang menyesal karena tidak ikut berperang bersama-sama orang Islam.
  • Ayat dan Hadis tentang...
    Hikmah
    Minggu, 18 Agustus 2024 - 05:46 WIB
    Berikut ini ayat dan hadis tentang kemerdekaan dan cinta tanah air. Dalam Al-Quran kemerdekaan disebut sebagai al-Hurriyah. Islam menghormati kemerdekaan individu.
  • Makna Ucapan Umar bin...
    Tausyiah
    Selasa, 26 Juli 2022 - 14:15 WIB
    Muhammad Quraish Shihab mengatakan peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam raya ini, dan sisi kejadiannya, dalam kadar atau ukuran tertentu, pada tempat dan waktu tertentu, disebut takdir.
  • Ayat-Ayat Al-Quran Terkesan...
    Tausyiah
    Minggu, 17 April 2022 - 19:09 WIB
    Seringkali pada saat Al-Quran berbicara tentang satu persoalan menyangkut satu dimensi atau aspek tertentu, tiba-tiba ayat lain muncul berbicara tentang aspek atau dimensi lain.
  • Mewujudkan Khaer Ummah:...
    Tausyiah
    Jum'at, 16 September 2022 - 23:18 WIB
    Poin ketiga ini yang saya simpulkan dalam kata-kata wawasan Iqra. Bahwa umat ini harus kembali menyadari urgensi iqra tidak saja dalam agama.
  • Quraish Shihab: Puasa...
    Tausyiah
    Kamis, 07 April 2022 - 15:40 WIB
    Esensi puasa adalah menahan atau mengendalikan diri. Pengendalian ini diperlukan oleh manusia, baik secara individu maupun kelompok. Latihan dan pengendalian diri itulah esensi puasa.
  • Allah Menciptakan dan...
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Januari 2024 - 09:01 WIB
    Allah menciptakan dan mengelola alam raya ini dengan keadilan, dan menuntut agar keadilan mencakup semua aspek kehidupan. Akidah, syariat atau hukum, akhlak, bahkan cinta dan benci.
  • 3 Makna Lailatul Qadar...
    Tausyiah
    Selasa, 19 April 2022 - 14:08 WIB
    Hal yang dinantikan di bulan Ramadhan seperti saat ini adalah turunnya lailatul qadar atau malam yang lebih baik dari seribu bulan. Lalu, apa arti malam Al-Qadr dan mengapa malam itu dinamai demikian?