Topik Terkait: Zakat Online

  • Bagaimana Hukum Zakat Fitrah Online? Begini Penjelasan dan Niat Serta Tatacaranya
    Tausyiah
    Selasa, 11 April 2023 - 05:15 WIB
    Umumnya, ketika membayar zakat baik zakat fitrah maupun zakat mal, biasanya kita perlu melakukan doa sebagai tanda terima dari zakat yang telah kita berikan. Lantas bagaimana dengan hukum zakat online?
  • Bayar Zakat Online, Begini Pendapat Para Ulama tentang Hukumnya
    Tips
    Kamis, 29 Juli 2021 - 18:19 WIB
    Membayar zakat secara online atau dalam jaringan (daring) di era digital bukanlah sesuatu yang aneh. Kemenag juga menyarankan umat Islam membayar zakat secara online pada saat pandemi.
  • Membayar Zakat Fitrah Secara Online, Sahkah?
    Muslimah
    Selasa, 11 Mei 2021 - 05:55 WIB
    Allah menitipkan harta benda kepada manusia bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga berbagi ke orang-orang sekitar. Zakat juga difungsikan untuk menyucikan harta.
  • Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal Berikut Takarannya
    Tausyiah
    Rabu, 19 April 2023 - 07:01 WIB
    Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal penting diketahui kaum muslim berikut takarannya. Untuk diketahui, zakat sudah diwajibkan sebelum masa Rasulullah shollallahu alaihi wasallam.
  • Zakat Ketentuan Setahun Berdasar Hadis dari Ali bin Abi Thalib
    Tips
    Kamis, 19 Januari 2023 - 18:42 WIB
    Berikut ini zakat dengan ketentuan nisab setelah setahun yang menjadi perdebatan kalangan ulama. Ini adalah hadis dari 4 sahabat ini jyakni Ali, Ibnu Umar, Anas dan Aisyah ra.
  • Mengenal Ragam Zakat yang Harus Ditunaikan Umat Muslim
    Tausyiah
    Senin, 01 April 2024 - 08:14 WIB
    Bagi seorang muslim, membayar zakat adalah suatu kewajiban dan menjadi bagian dari rukun Islam. Siapa saja yang harus bayar zakat ini dan ada berapa macam zakatnya?
  • Zakat Fitrah Hanya Diberikan kepada Orang Miskin
    Tausyiah
    Sabtu, 06 April 2024 - 13:47 WIB
    Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah sebagai pembersih bagi orang yang berpuasa dari perkataan yang tak berguna dan kotor, dan sebagai makanan bagi orang-orang miskin.
  • Cara Menghitung Zakat Mal dan Penghasilan yang Benar
    Tips
    Jum'at, 23 Juli 2021 - 15:58 WIB
    Cara menghitung zakat mal yang benar perlu diketahui oleh kaum muslimin. Mengeluarkan zakat mal (harta) adalah salah satu perintah syariat yang wajib ditunaikan.
  • 8 Golongan Penerima Zakat, Siapa Saja Mereka?
    Tausyiah
    Selasa, 19 April 2022 - 19:41 WIB
    Zakat merupakan kewajiban dari Allah bagi setiap muslim yang mampu. Salah satu keutamaan menunaikan zakat adalah membersihkan harta dan menyucikan jiwa.
  • Bolehkah Menyerahkan Zakat kepada Keluarga Sendiri?
    Tausyiah
    Senin, 25 April 2022 - 14:41 WIB
    Mazhab Malikiyah dan Syafiiyah menyatakan, tidak boleh memberikan zakat kepada kerabat yang si pemberi zakat berkewajiban menanggung nafkah mereka.
  • Bolehkah Menyalurkan Zakat Fitrah Sekeluarga Kepada Satu Orang?
    Tips
    Senin, 18 Mei 2020 - 04:05 WIB
    Banyak cara dilakukan masyarakat dalam menunaikan zakat fitrah. Ada yang menyerahkannya kepada petugas pengumpulan zakat, ada juga yang mengeluarkannya sendiri.
  • Mengapa Islam Mewajibkan Zakat Fitrah? Ini Alasannya
    Tips
    Jum'at, 22 Mei 2020 - 03:15 WIB
    Zakat fitrah (fitri) adalah zakat yang wajib dikeluarkan sekali setahun yaitu di bulan Ramadhan menjelang Idul Fitri. Mengapa umat Islam diwajibkan menunaikan zakat fitrah?
  • Catat! Ini Waktu Terbaik dan Paling Afdhol Membayar Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Kamis, 21 April 2022 - 09:30 WIB
    Di antara kewajiban seorang muslim yang sangat penting adalah menunaikan Zakat Fitrah. Berikut ini waktu terbaik dan paling afdhol membayar Zakat Fitrah.
  • Macam-macam Zakat Selain Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Kamis, 21 April 2022 - 04:01 WIB
    Zakat merupakan amalan penting bagi umat muslim. Dalam Islam dikenal dua jenis zakat. Pertama adalah zakat fitrah, kedua adalah zakat harta atau zakat mal.
  • Doa untuk Orang yang Membayar Zakat
    Tips
    Selasa, 02 April 2024 - 16:54 WIB
    Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka.
  • Zakat bagi kita
    Tausiyah
    Minggu, 04 Agustus 2013 - 09:05 WIB
    Zakat merupakan salah satu bentuk syariat Allah yang akan memberikan keuntungan itu. Ada banyak nilai dan keuntungan dari zakat bila telah ditunaikan dengan baik. Tiga keuntungan berzakat yaitu membersihkan harta dan jiwa, menumbuhkan dan menambahkan, memenuhi hak.
  • Beda Pendapat 4 Mazhab tentang Zakat Harta Penghasilan
    Tips
    Kamis, 09 Maret 2023 - 13:33 WIB
    Para imam mazhab empat berbeda pendapat yang cukup kisruh tentang harta penghasilan. Abu Hanifah berpendapat harta penghasilan itu dikeluarkan zakatnya bila mencapai masa setahun penuh.
  • Bolehkah Harta Zakat Didistribusikan untuk Korban Terdampak Corona?
    Tips
    Senin, 18 Mei 2020 - 08:05 WIB
    Distribusi zakat untuk mereka yang terdampak Covid-19 perlu mendapat kajian ulama dan pemerintah. Apakah harta zakat boleh didistribusikan kepada korban terdampak wabah Corona ini?
  • Pengertian Kalkulator Zakat Emas dan Cara Menghitungnya
    Tips
    Kamis, 19 Januari 2023 - 16:42 WIB
    Kalkulator zakat emas adalah layanan yang bisa dimanfaatkan kaum muslim untuk memudahkan dalam penghitungan zakat emas. Berikut cara menghitung zakat emas.
  • Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga
    Tausyiah
    Senin, 18 April 2022 - 23:48 WIB
    Niat zakat fitrah perlu diketahui umat muslim yang akan menunaikan kewajibannya. Untuk diketahui, puasa Ramadhan tidak akan terangkat kecuali dengan menunaikan zakat fitrah.