Topik Terkait: Qadha Iktikaf

  • Hati-hati, Inilah Hal-hal yang Membatalkan Iktikaf
    Hikmah
    Minggu, 07 April 2024 - 08:39 WIB
    Hati-hati, ternyata ada hal-hal yang membatalkan Iktikaf yang penting umat muslim ketahui. Jangan sampai iktikaf yang sedang dilakukan menjadi sia-sia.
  • Iktikaf bagi Muslimah, Begini Syarat-syaratnya
    Muslimah
    Senin, 10 April 2023 - 12:35 WIB
    Menjelang 10 hari terakhir bulan Ramadan, kaum muslimin disunnahkan untuk melaksanakan iktikaf, atau berdiam diri di masjid dengan maksud mendekatkan diri hanya kepada Allah Subhanahu wa taala.
  • Niat Qadha Puasa Ramadan dan Tata Caranya
    Tips
    Senin, 15 Januari 2024 - 14:21 WIB
    Niat qadha puasa Ramadan dan tata caranya ini penting diketahui kaum muslim. Karena menunaikan qadha puasa Ramadan hukumnya wajib bagi yang memiliki utang puasa.
  • 11 Adab di Masjid Saat Iktikaf yang Penting Diketahui
    Tips
    Jum'at, 14 April 2023 - 09:04 WIB
    Masjid-masjid akan penuh dihadiri orang-orang yang beriktikaf. Karena itu, hendaknya seorang muslim yang berada di dalam masjid memperhatikan adab-adabnya.
  • Niat Puasa Qadha Ramadhan di Bulan Syawal dan Tata Caranya
    Tips
    Sabtu, 07 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Niat puasa qadha Ramadhan di bulan Syawal, umumnya banyak dilakukan kaum muslim yang memiliki utang puasa di bulan Ramadhan kemarin. Bagaimana bacaan doa atau niatnya? Serta bagaimana tata caranya?
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Pengertian Iktikaf: Arti, Tujuan, Syarat, dan Manfaat
    Tips
    Jum'at, 14 April 2023 - 15:53 WIB
    Dalam iktikaf, kita dapat memperbaiki hubungan dengan sesama muslim yang sedang melakukan iktikaf di tempat yang sama, serta memfokuskan diri pada hal-hal yang lebih penting dalam hidup.
  • Bacaan Niat Iktikaf Sebelum Masuk Masjid Lengkap Arab dan Latin
    Tausyiah
    Jum'at, 22 April 2022 - 17:19 WIB
    Malam ini kita akan memasuki malam 21 Ramadhan 1443 Hijriyah atau dikenal dengan fase 10 hari terakhir Ramadhan. Berikut bacaan niat Iktikaf.
  • Syaban Bulan Terakhir Qadha Puasa, Yuk Segerakan!
    Muslimah
    Kamis, 17 Maret 2022 - 10:40 WIB
    Bulan Syaban merupakan bulan terakhir untuk menqadha (mengganti) puasa Ramadhan. Karena itu, menyegerakan qadha puasa itu lebih utama, apalagi ketika telah tiba saat-saat terakhir dibolehkan mengqadhanya
  • Masa Iktikaf Telah Tiba, Inilah Adab-adabnya Saat Berada di Dalam Masjid
    Tips
    Sabtu, 23 April 2022 - 10:56 WIB
    Bulan Ramadhan sudah memasuki 10 hari terakhir menjelang Idul Fitri, waktu yang tersisa ini banyak dimanfaatkan umat muslim untuk beriktikaf. Masjid-masjid pun akan penuh dihadiri orang-orang yang beriktikaf tersebut.
  • Lebih Afdhal Mana, Qadha Puasa Ramadan atau Puasa Sunah Syawal Dulu?
    Tausyiah
    Kamis, 11 April 2024 - 09:00 WIB
    Setelah Puasa Ramadan, umat muslim dianjurkan menunaikan puasa sunah 6 hari di bulan Syawal. Pertanyaannya, mana yang harus didahulukan, puasa qadha Ramadan atau puasa sunah 6 hari Syawal tersebut?
  • Batas Waktu Qadha Puasa Ramadhan, Yuk Segera Lunasi !
    Tips
    Sabtu, 05 Maret 2022 - 20:17 WIB
    Batas waktu qadha puasa Ramadhan perlu diketahui umat muslim khususnya bagi yang memiliki utang puasa. Berikut
  • Niat Puasa Qadha Ramadhan di Bulan Syawal
    Tips
    Senin, 30 Mei 2022 - 00:30 WIB
    Puasa qadha Ramadhan di bulan Syawal merupakan puasa pengganti yang wajib dilakukan muslim karena suatu sebab yang tak dapat dihindari.
  • Hukum Menggabung Puasa Qadha Ramadhan dan Syawal
    Tips
    Minggu, 29 Mei 2022 - 23:40 WIB
    Apakah boleh menggabungkan puasa Syawal dengan puasa qadha Ramadhan? Para ulama memiliki dasar untuk ketentuan menggabungkan dua ibadah dalam satu niat.
  • 30 Hari Menuju Ramadhan, Kesempatan Terbaik untuk Qadha Puasa
    Tausyiah
    Jum'at, 04 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Ramadhan 1443 Hijriyah tinggal 30 hari. Bagi yang masih memiliki utang puasa Ramadhan, saat ini merupakan kesempatan terbaik untuk meng-qadha (menggantinya).
  • Bolehkah Menggabungkan Puasa Rajab dan Qadha Puasa Ramadhan?
    Tausyiah
    Rabu, 17 Februari 2021 - 17:43 WIB
    Puasa qadha Ramadhan tergolong puasa wajib yang wajib ditentukan jenis puasanya, misalkan dengan niat Saya niat berpuasa qadha Ramadhan fardlu karena Allah.
  • Iktikaf di Masa Wabah? Begini Penjelasan Ustaz Farid Numan
    Tausyiah
    Senin, 11 Mei 2020 - 03:50 WIB
    Iktikaf (??????) berasal dari kata akafa yang artinya menetap, mengurung diri. Secara umum Iktikaf dipahami sebagai ritual berdiam diri di dalam masjid untuk mencari keridhaan Allah Taala.
  • Inilah Amalan di Bulan Syawal yang Berlimpah Pahala
    Muslimah
    Senin, 24 Mei 2021 - 15:20 WIB
    Ternyata selain puasa sunnah enam hari, ada beberapa amalan yang dianjurkan dilaksanakan di bulan Syawal ini agar tetap memperoleh pahala yang melimpah. amalan apa saja?
  • Inilah Waktu yang Tepat untuk Meng-qadha’ Sholat
    Tips
    Kamis, 09 Desember 2021 - 17:23 WIB
    Karena suatu alasan, terkadang ketika melaksanakan sholat wajib kita harus meng-qadha sholat. Entah karena terlupa, atau dalam posisi perjalanan atau karena alasan lainnya.
  • Perempuan Mau Iktikaf di Masjid, Ini Syaratnya!
    Muslimah
    Minggu, 02 Mei 2021 - 03:31 WIB
    Pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan, kaum muslimin disunnahkan untuk melaksanakan iktikaf, atau berdiam diri di masjid. Bagaimana dengan kaum perempuan? Haruskah beriktikaf di masjid atau di rumah?
  • Menggabungkan Puasa Syawal dan Qadha Ramadan Beserta Niatnya
    Tips
    Rabu, 24 April 2024 - 11:23 WIB
    Bolehkah bolehkah menggabung puasa sunnah 6 hari Syawal dengan qadha Ramadan, terutama yang masih punya utang puasa Ramadan?