Topik Terkait: Buruknya Muamalah Sistem Ribawi

  • 13 Keburukan Muamalah Sistem Riba
    Muslimah
    Selasa, 25 Mei 2021 - 12:22 WIB
    Saat ini, banyak perkara yang diremehkan umat Islam padahal diharamkan Allah adalah soal muamalah ribawi. Tentang riba ini banyak Umat Islam yang tidak peduli. Padahal dampak buruk riba ini sungguh mengerikan.
  • Muamalah dalam Rumah Tangga Menurut Al-Quran dan Hadis Nabi
    Muslimah
    Minggu, 08 Agustus 2021 - 19:14 WIB
    Suami dan istri adalah cerminan dalam sebuah keluarga. Jika suami istri shaleh dan shalehah maka akan tercipta keluarga yang sakinah, mawadah wa rahmah. Keluarga yang diberkahi Allah Taala.
  • Apakah Kredit Itu Riba? Begini Penjelasan Ustadz Abdul Somad
    Tausyiah
    Selasa, 15 Maret 2022 - 11:04 WIB
    Apakah kredit itu riba? Bagaimana sebenarnya hukum jual beli kredit ini dalam Islam? Dalam kondisi ekonomi saat ini, sistem kredit menjadi pilihan sebagian masyarakat Indonesia
  • Sunnah Bersiwak, Waktu dan Keutamaannya
    Muslimah
    Kamis, 12 November 2020 - 11:10 WIB
    Islam memosisikan bersih dan sehat sebagai bagian dari kesalehan individual dan bentuk keimanan. Dan tentang menjaga kebersihan dan kesehatan diri ini banyak dicontohkan oleh aktivitas Rasulullah dalam kesehariannya.
  • Keutamaan Memikirkan Keluarga Jadi Pelindung dari Api Neraka
    Tausyiah
    Kamis, 14 Juli 2022 - 05:10 WIB
    Indahnya Islam tidak hanya menekankan ibadah ritual semata, tetapi juga mengajarkan kepedulian kepada sesama termasuk memperhatikan keluarga.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Perempuan Boleh Nyatakan Cinta Terlebih Dahulu
    Hikmah
    Senin, 29 Agustus 2022 - 17:57 WIB
    Al-Hafizh Ibnu Hajar mengatakan bahwa seorang wanita yang ingin kawin dengan laki-laki yang lebih tinggi kedudukannya daripadanya tidaklah aib sama sekali.
  • Eksistensi Sihir dan Amalan untuk Menjauhi Pengaruh Buruknya
    Muslimah
    Jum'at, 12 Agustus 2022 - 16:10 WIB
    Dalam waktu beberapa hari terakhir ini, istilah sihir, dukun, santen dan semacamnya tengah ramai diperbincangkan. Meskipun, kita berada dalam era serbadigital, ternyata eksistensi sihir masih tetap ada.
  • Menghormati dan Memuliakan Tetangga
    Muslimah
    Selasa, 06 Oktober 2020 - 13:07 WIB
    Berbuat baik kepada tetangga termasuk perkara yang mulai hilang atau pudar di kalangan kaum muslimin. Bahkan kita jumpai di sebagian kota, seseorang tidak mengenal tetangganya sama sekali. Masing-masing sibuk dengan urusannya sendiri-sendiri.
  • Inilah Batasan dan Adab Komunikasi dengan Lawan Jenis
    Muslimah
    Jum'at, 11 September 2020 - 07:38 WIB
    Berbicara antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram, sebenarnya tidak dilarang. Hanya syaratnya, pembicaraan yang dilakukan memenuhi ketentuan secara syara.
  • Anjuran Tolong Menolong Sesama Muslim dalam Islam, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 15 Agustus 2022 - 16:43 WIB
    Masalah tolong menolong atau membantu orang satu sama lain sangat diperhatikan dalam Islam. Allah Taala yang paling tahu kemaslahatan hamba-hambaNya
  • Meniru Cara Rasulullah SAW dalam Mengamalkan Manajemen Konflik Rumah Tangga
    Muslimah
    Minggu, 04 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Islam telah mengajarkan tuntunannya dalam memanajemen konflik dalam rumah tangga. Bagaimana hendaknya sikap seorang suami, istri, bahkan mertua dalam menyikapi perselisihan yang ada di rumah tangga.
  • Hebh Jamal: Sekularisme Prancis Berubah Menjadi Sistem Aliran Sesat yang Buruk
    Dunia Islam
    Selasa, 03 Oktober 2023 - 15:14 WIB
    Hebh Jamal menilai komitmen Prancis terhadap sekularisme, yang didefinisikan sebagai kebebasan dari pengaruh agama, telah berubah menjadi sistem aliran sesat yang buruk.
  • Tafsir Surat Al Isra Ayat 35: Etika dalam Berniaga
    Tausyiah
    Sabtu, 21 Agustus 2021 - 23:02 WIB
    Surat Al Isra Ayat 35, etika dalam berniaga perlu diketahui umat muslim. Islam mengatur secara rinci tentang aturan jual beli agar sesuai syariat Islam.
  • 3 Hal yang Dapat Mengeluarkan Perempuan dari Batas Tabarruj
    Muslimah
    Selasa, 27 September 2022 - 05:15 WIB
    Syaikh Muhammad Yusuf Qardhawi mengatakan 3 hal yang dapat mengeluarkan perempuan dari batas tabarruj atau kesopanan Islam. Pertama adalah Ghadh-dhul Bashar.
  • Sistem Penalaran Menurut Al-Quran
    Tausyiah
    Jum'at, 31 Maret 2023 - 17:14 WIB
    Pada masa-masa pertama dalam pembinaan masyarakat Islam, penilaian segolongan muslim terhadap nilai al-fikrah Al-Quraniyyah adalah bahwa ide-ide tersebut mempunyai hubungan erat dengan pribadi Rasulullah.
  • Jika Suami atau Istri Meninggal, Apakah Mertua Menjadi Mantan?
    Tausyiah
    Rabu, 16 September 2020 - 16:19 WIB
    Kali ini kita membahas fiqih muamalah seputar persoalan keluarga. Jika suami atau istri berpisah karena salah satu meninggal, apakah ayah/ibu mertua kembali menjadi non mahram?
  • Hukum Paylater dalam Islam, Halal atau Haram?
    Tausyiah
    Kamis, 22 Februari 2024 - 10:19 WIB
    Ssistem transaksi digital yang tengah tren adalah paylater (sistem transaksi bisnis yang pembayarannya bisa dilakukan di belakang atau kemudian hari). Bagaimana sebenarnya hukum paylater ini dalam Islam?
  • Debat Ummu Yaqub dengan Abdullah bin Masud Terkait Tato
    Tausyiah
    Senin, 29 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Debat Ummu Yaqub dengan Abdullah bin Masud terkait tato ini dinukil dari hadis yang diriwayatkan Imam Muslim dan dikutip Abdul Halim Abu Syuqqah dalam bukunya berjudul Tahrirul-Marah fi Ashrir-Risalah
  • Dahsyatnya Pahala Memberikan Pinjaman, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Minggu, 01 Oktober 2023 - 16:50 WIB
    Dalam Islam memberikan pinjaman adalah bentuk saling menolong, karena transaksi yang berniat membantu akan bernilai pahala di sisi Allah Taala.
  • Cak Nur: Sistem Hukum Islam Memiliki Kesempatan Besar untuk Diterapkan
    Tausyiah
    Senin, 20 Februari 2023 - 05:15 WIB
    Prasyaratnya ialah, kaum Muslim harus mampu terlebih dahulu menangkap pesan dasar agamanya, dan berdasarkan itu, mengembangkan pemikiran hukum yang akan menjawab tuntutan zaman dan tempat.