Kumpulan Artikel: Surat Surat Al Quran (halaman 2)

  • Tadabur Surat An-Nuur Ayat 35: Cahaya Allah SWT di Atas Segala Cahaya
    Hikmah
    Senin, 15 Januari 2024 - 10:07 WIB
    Tadabur surat An Nuur ayat 35 ini berisi tentang cahaya di atas segala cahaya. Cahaya Allah Subhanahu Wa Taala merupakan cahaya di atas semua cahaya yang ada di langit dan bumi.
  • Tafsir Surat Al Fushilat ayat 30 : Orang Istiqamah akan Dihibur Malaikat Menjelang Ajal
    Hikmah
    Minggu, 14 Januari 2024 - 07:30 WIB
    Pahala orang yang Istiqamah sangat besar dalam sisi Allah Subhanahu wa Taala. Mereka akan didampingi malaikat dalam perjalanan kehidupannya.
  • 20 Bacaan Surat Pendek dalam Al-Qur’an, Mudah Dihafal dan Diajarkan
    Tips
    Minggu, 14 Januari 2024 - 05:15 WIB
    Bacaan surat pendek dalam Al-Quran menjadi informasi penting untuk diketahui. Karena bacaannya yang tidak terlalu banyak, surat-surat ini bisa dengan mudah dihafal atau diajarkan kepada orang lain.
  • Cara Membaca Tajwid Surat At-Taubah Ayat 105 Beserta Penjelasannya
    Tips
    Sabtu, 23 Desember 2023 - 16:17 WIB
    Cara membaca tajwid Surat At-Taubah ayat 105 menjadi pembelajaran penting untuk dipelajari umat Muslim sehingga bisa meminimalisir kesalahan ketika membacanya.
  • Hukum Tajwid Surat Al Furqan Ayat 2 Beserta Penjelasan dan Cara Baca
    Tips
    Rabu, 20 Desember 2023 - 19:06 WIB
    Mempelajari tajwid Surat Al Furqon ayat 2 bisa menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan keimanan seorang Muslim. Pasalnya membaca ayat suci Al - Quran sesuai dengan tajwid atau hukum bacaan adalah hal yang wajib dilakukan.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Hukum Tajwid Surat Al Alaq Ayat 1-19 Beserta dengan Cara Bacanya
    Tips
    Rabu, 20 Desember 2023 - 13:25 WIB
    Hukum tajwid Al Alaq ayat 1-19 penting untuk dipelajari umat Islam. Sebab didalamnya terdapat banyak tajwid yang berbeda dan perlu diperhatikan saat membacanya.
  • Mengulik Asbabun Nuzul Surat Maryam Ayat 77
    Tips
    Kamis, 14 Desember 2023 - 08:29 WIB
    Asbabun nuzul Surat Maryat ayat 77 menjadi pembahasan menarik untuk diketahui. Dengan memahaminya, umat Muslim bisa mengetahui asal-usul atau penyebab turunnya ayat tersebut.
  • Hukum Tajwid Surat Ibrahim Ayat 9, Lengkap dengan Cara Bacanya
    Tips
    Rabu, 13 Desember 2023 - 10:47 WIB
    Mempelajari tajwid Surat Ibrahim ayat 9 bisa menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan keimanan seorang Muslim. Pasalnya membaca ayat suci Al - Quran sesuai dengan tajwid adalah hal yang wajib dilakukan.
  • Asbabun Nuzul Maryam Ayat 64: Bukti Kekuasaan Allah SWT Pemilik Alam Semesta
    Muslimah
    Minggu, 10 Desember 2023 - 13:06 WIB
    Asbabun Nuzul surat Maryam berguna untuk meningkatkan keimanan seorang muslim. Surat Maryam surat tergolong surat Makkiyah yang disebut sebagai surat ke-19 dalam Al-Quran dan terdiri dari 98 ayat.
  • Inilah Asbabun Nuzul Surat Quraisy Ayat 1
    Hikmah
    Kamis, 30 November 2023 - 11:01 WIB
    Asbabun nuzul Surat Quraisy ayat 1 menjadi pembahasan menarik untuk diketahui. Dengan memahaminya, umat Muslim bisa mengetahui sejarah tentang asal-usul atau penyebab turunnya ayat tersebut.
  • Surat Al Mutaffifin Juz ke Berapa?
    Tips
    Rabu, 29 November 2023 - 10:23 WIB
    Surat Al Mutaffifin adalah salah satu surat dalam Al-Quran yang memiliki keutamaan besar dalam Islam. Surat ini menggambarkan tentang keadilan sosial dan peringatan bagi orang-orang yang tidak jujur dalam urusan timbangan dan pengukuran.
  • Rahasia Besar Surat Al Kafirun, Keutamaannya sangat Berguna dalam Kehidupan Sehari-hari
    Tips
    Sabtu, 11 November 2023 - 08:25 WIB
    Surat Al Kafirun memiliki keutamaan, di antaranya memperkuat keimanan, ditakuti iblis, dan terbebas dari kemusyrikan. Bila rutin diamalkan, faedahnya sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari.
  • Gambaran Kehancuran Yahudi dan Bebasnya Masjid Al-Aqsa yang Tercantum dalam Surat Al Isra
    Tausyiah
    Selasa, 07 November 2023 - 19:40 WIB
    Peristiwa Isra yang disebut dalam surat Al-Isra adalah mengabarkan tentang tumbangnya kejayaan Bani Israel. Ayat Al Quran inilah menjadi jawaban, bahwa kehancuran Yahudi pasti terjadi
  • Hukum Bacaan Surat Ar Rum Ayat 41 Beserta Cara Baca dan Penjelasannya
    Tips
    Kamis, 02 November 2023 - 10:13 WIB
    Hukum bacaan surat Ar Rum ayat 41 ini perlu dipahami oleh setiap muslim supaya ketika membacanya tidak terjadi kesalahan arti dan makanya.
  • 7 Surat Al-Quran yang Dianjurkan Dibaca untuk Ibu Hamil
    Muslimah
    Selasa, 03 Oktober 2023 - 13:45 WIB
    Salah satu amalan untuk ibu hamil adalah membaca Al Quran, dan ada beberapa surat Al-Quran yang dianjurkan untuk diamalkan. Surat-surat apa saja?
  • Keutamaan Surat Al Anfal : Rutin Membacanya akan Dicintai Semua Orang
    Hikmah
    Jum'at, 22 September 2023 - 10:41 WIB
    Keutamaan surat Al Anfal penting untuk diketahui umat muslim, karena khasiat dan keutamaan surat Al-Anfal ini dapat menjadi wasilah agar pembacanya dicintai oleh semua orang.
  • Pengertian Asbabun Nuzul : Macam, Fungsi Beserta Contohnya
    Tips
    Jum'at, 22 September 2023 - 10:18 WIB
    Memahami Asbabun Nuzul membantu kita untuk menggali konteks sejarah dan latar belakang sosial budaya yang mempengaruhi serta menjadi latar belakang turunnya ayat-ayat Al-Quran.
  • Surat-surat yang Dibaca dalam Rakaat Salat Dhuha
    Tips
    Selasa, 19 September 2023 - 09:48 WIB
    Ada banyak surat yang boleh dibaca pada saat salat dhuha, namun beberapa surat di antaranya sangat dianjurkan mengingat banyaknya keutamaan salat Dhuha.
  • 4 Surat yang Dianjurkan Dibaca pada Malam Jumat Selain Yasin
    Tips
    Jum'at, 15 September 2023 - 07:25 WIB
    Selain surat Yasin, terdapat sejumlah surat yang dianjurkan dibaca pada malam Jumat. Beberapa surat tersebut memiliki keutamaan yang luar biasa kepada siapapun yang mengamalkannya.
  • Tadabbur Surat An-Naba: Menggali Makna dan Hikmah dalam Al-Quran
    Hikmah
    Minggu, 10 September 2023 - 10:30 WIB
    Surat An-Naba adalah surat ke-78 dalam Al-Quran dan terdiri dari 40 ayat. Surat ini termasuk dalam golongan surat-surat Makkiyah, yang berarti surat-surat ini diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW selama masa tinggalnya di Mekkah.