Topik Terkait: Hadis Tentang Menasehati

  • Teladan Rasulullah : Memilih Waktu yang Tepat dalam Menasehati
    Hikmah
    Minggu, 20 November 2022 - 05:15 WIB
    Salah satu ajaran dalam agama Islam adalah saling memberi nasehat. Bahkan derajatnya sama dengan fardhu ain (wajib dilakukan setiap orang Islam). Disebut dalam hadis Rasulullah Shallallahu Alaihi, agama itu adalah nasehat.
  • Hadis-hadis Tentang Doa Mustajab
    Muslimah
    Selasa, 15 Desember 2020 - 17:34 WIB
    Ketika kita berdoa, yang paling diharapkan adalah Allah Taala mengabulkan semua permohonan doa kita. Namun terkadang keinginan-keinginan yang dipanjatkan melalui doa-doa masih belum juga terkabulkan
  • 2 Hadis Dhaif tentang Kurban Menurut Al-Albani
    Tausyiah
    Sabtu, 02 Juli 2022 - 16:45 WIB
    Syaikh Muhammad Nashruddin al-Albani menyebut 2 hadis dhaif atau lemah tentang ibadah kurban. Salah satu hadis itu berbunyi, Sebagus-bagus binatang kurban adalah domba yang muda.
  • Inilah Hadis-hadis Tentang Pernikahan yang Perlu Diketahui
    Muslimah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 14:02 WIB
    Sasaran utama dari disyariatkannya pernikahan dalam Islam di antaranya adalah untuk membentengi martabat manusia. Pernikahan melindungi manusia dari perbuatan kotor dan keji, yang dapat merendahkan dan merusak martabat manusia yang luhur.
  • 3 Hadis Palsu tentang Haji dan Ziarah ke Makam Rasulullah SAW
    Tausyiah
    Senin, 27 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Syaikh Muhammad Nashruddin al-Albani menyampaikan banyak hadis palsu termasuk hadis tentang haji dan ziarah ke makam Rasulullah SAW. Berikut hadis-hadis itu.
  • 4 Hadis Tentang Doa Mustajab
    Tips
    Jum'at, 17 September 2021 - 20:06 WIB
    Doa mustajab adalah doa yang terkabul. Setiap orang tentu mengharapkan doa yang mustajab ini, agar doa yang dipanjatkan dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa taala
  • Hadis-Hadis Palsu dan Dhaif tentang Cinta Allah Taala
    Tausyiah
    Rabu, 17 Agustus 2022 - 13:25 WIB
    Ada sejumlah hadis palsu atau maudhu dan dhaif terkait cinta Allah SWT. Salah satu hadis itu berbunyi, Sesungguhnya Allah mencintai hamba yang mukmin, yang tertimpa fitnah, yang banyak bertobat.
  • Kumpulan Hadis tentang Fitnah Akhir Zaman yang Harus Diwaspadai
    Hikmah
    Rabu, 18 Januari 2023 - 17:09 WIB
    Saat ini kita sedang berada pada akhir zaman yang dipenuhi banyak fitnah (ujian) dan cobaan. Berikut kumpulan Hadis tentang Fitnah akhir zaman yang harus diwaspadai.
  • Hadis-hadis tentang Memuliakan Wanita dalam Islam
    Muslimah
    Senin, 15 Januari 2024 - 11:36 WIB
    Dalam Islam, seorang wanita sangat dimuliakan, bahkan mulai dari ia dilahirkan hingga posisinya menjadi seorang ibu yang melahirkan. Banyak hadis yang menceritakan kedudukan dan kemuliaan seorang wanita ini.
  • Furaiah binti Malik, Sang Penghapal Hadis Tentang Masa Berkabung
    Muslimah
    Minggu, 11 Oktober 2020 - 18:04 WIB
    Furaiah binti Malik, salah satu perawi perempuan dengan hadis-hadis yang ia riwayatkan langsung dari Baginda Nabi Shallallahu alaihi wa sallam. Sosok perempuan kaum Anshar yang dijamin masuk surga.
  • Informasi Kiamat dalam Hadis tentang Dialog Rasulullah SAW dengan Jibril
    Hikmah
    Minggu, 03 September 2023 - 12:16 WIB
    Siapa yang mengaku dapat mengetahui kapan terjadinya kiamat atau membenarkan orang yang mengaku tersebut, maka dia adalah bodoh, sesat, dan pendusta.
  • Kisah Isra Miraj Rasulullah SAW dalam Hadis Sahih
    Hikmah
    Minggu, 27 Februari 2022 - 07:36 WIB
    Beberapa Hadis sahih menceritakan kisah Isra Miraj Nabi Muhammad SAW pada malam 27 Rajab. Perjalanan Beliau dilakukan dengan ruh dan jasad, bukan dalam keadaan tidur.
  • Berikut Ini Hadis Dhaif Mengenai Kiamat dan Hadis Palsu tentang Al-Mahdi
    Tausyiah
    Minggu, 03 Juli 2022 - 18:50 WIB
    Ada sejumlah hadis dhaif terkait hari kiamat juga hadis palsu terkait Imam Al-Mahdi. Berikut hadis bermasalah yang dimaksud Syaikh Muhammad Nashruddin al-Albani tersebut.
  • Hadis-hadis Tentang Dianjurkannya Tersenyum
    Muslimah
    Kamis, 04 Februari 2021 - 09:10 WIB
    Dalam Islam, seulas senyuman yang disunggingkan kepada seseorang adalah ibadah bahkan pahalanya senilai dengan sedekah. Senyum merupakan sedekah yang paling gampang dilakukan.
  • Hadis tentang Kalimat Memuji Allah SWT dan Memohon Ampunan-Nya
    Hikmah
    Senin, 27 November 2023 - 07:34 WIB
    Tuhanku mengabarkan kepadaku bahwasanya aku akan melihat tanda pada umatku. Tatkala aku melihat tanda itu, maka aku memperbanyak ucapan Mahasuci Allah dan aku memujinya.
  • 9 Hadis Tentang Pernikahan yang Penting untuk Diketahui Kaum Muslim
    Tips
    Kamis, 23 Juni 2022 - 16:54 WIB
    Islam memandang pernikahan dan pembentukan keluarga sebagai sarana efektif untuk memelihara muslim dan muslimah dari kerusakan, dan melindungi masyarakat dari kekacauan.
  • Hadis Arbain: Amalan Kebaikan Itu Dilipatgandakan
    Tips
    Senin, 20 November 2023 - 06:54 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-37 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi . Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Keutamaan Puasa Ramadan dalam Penjelasan Hadis Nabi SAW
    Hikmah
    Rabu, 13 Maret 2024 - 10:38 WIB
    Umat Islam penting dan memahami keutamaan puasa Ramadan dalam pandangan syariat. Kenapa? Karena umat muslim yang akan menjalani puasa jangan sekedar menahan lapar dan haus saja, padahal banyak sekali ilmu dari berpuasa Ramadan ini.
  • 3 Hadis Masyhur tapi Dhaif dan Maudhu Menurut Syaikh Al-Albani
    Tausyiah
    Rabu, 15 Juni 2022 - 13:00 WIB
    Tak sedikit hadis masyhur ternyata palsu. Seorang zindiq diketemukan telah memalsu lebih dari 4.000 hadis. Bahkan dari tiga orang pemalsu bisa dipastikan telah keluar puluhan ribu hadis palsu.
  • Ada Hadis Palsu yang Disebut sebagai Buatan Orang Bodoh yang Mengada-ada
    Tausyiah
    Selasa, 05 Juli 2022 - 17:57 WIB
    Ada hadis palsu yang disebut Ash-Saghani dalam deretan hadis-hadis maudhu sebagai hadis buatan orang-orang bodoh yang mengada-ada. Sebab, dari susunan bahasannya saja sudah dapat dilihat.