Kumpulan Artikel: Akhirat (halaman 5)

  • Penyesalan Kunci Sukses Taubat
    Muslimah
    Jum'at, 24 September 2021 - 06:50 WIB
    Taubat adalah unsur penting untuk menyucikan jiwa (tazkiyatun nafs). Dengan bertaubat, seorang hamba berarti menyesali dosanya sehingga ia mendapat ampunan Allah Taala.
  • Potret Penyesalan Setelah Kematian yang Tercantum dalam Al-Quran
    Muslimah
    Minggu, 19 September 2021 - 15:10 WIB
    Kesempatan hidup hanya sekali, jangan sampai penyesalan terjadi setelah kematian nanti. Karenanya pergunakan kesempatan di dunia untuk ibadah dan melakukan aktivitas yang berfaedah.
  • 3 Golongan Orang yang Dipandang Allah di Padang Mahsyar
    Tausyiah
    Selasa, 14 September 2021 - 22:32 WIB
    Ada tiga golongan manusia yang dipandang Allah kelak di Padang Mahsyar? Berikut penjelasan Syekh Ridwan Al-Amri dalam satu kajian di Majelis Rasulullah.
  • Fitnah Dunia yang Paling Banyak Menjerumuskan Manusia
    Muslimah
    Selasa, 07 September 2021 - 19:33 WIB
    Di antara fitnah dunia yang paling banyak menjerumuskan manusia adalah harta. Betapa banyak manusia rela menghabiskan waktunya hanya untuk berburu kemewahan harta dunia.
  • Tidak Sendiri dalam Mendidik Anak
    Muslimah
    Jum'at, 03 September 2021 - 09:07 WIB
    Tuntunan mendidik anak telah dicontohkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam sebagai teladan paripurna bagi kita umatnya. Lantas bagaimana kita sebagai orang tua menerapkan tuntunan Rasulullah ini?
  • Tipu Daya Duniawi (2): Kemewahan dan Kenikmatan Dunia Sebagai Ujian
    Tausyiah
    Senin, 23 Agustus 2021 - 16:04 WIB
    Sesungguhnya segala macam kenikmatan dunia adalah ujian dari Allah SAW, karena pada dasarnya setiap manusia memiliki kecenderungan atau rasa suka terhadap hal-hal dunia
  • Tipu Daya Duniawi (1): Banyak Ayat Al-Quran dan Hadits yang Mencela Dunia
    Tausyiah
    Minggu, 22 Agustus 2021 - 19:20 WIB
    Banyak ayat Al-Quran dan hadits-hadits yang mencela dunia. Bahkan al-Quran lebih sering mencela kehidupan dunia dan mengajak manusia agar berpaling dari dunia dan kembali kepada kampung akhirat.
  • Ciri-ciri Orang Sukses Menurut Al-Quran
    Tausyiah
    Minggu, 18 Juli 2021 - 19:51 WIB
    Dalam Islam tidak ada yang utama didamba setiap muslim yaitu bisa sangat dekat dengan Allah. Mereka-mereka ini adalah para kekasih Allah. Berikut ciri sukses menurut Al-Quran.
  • Pentingnya Mendidik Anak Berorientasi Akhirat
    Muslimah
    Kamis, 15 Juli 2021 - 14:17 WIB
    Mendidik anak bagi setiap muslim harus berorientasi akhirat. Jika sekadar hanya untuk mendidik anak yang sukses di dunia saja maka orang selain Islam juga bisa, banyak yang sukses di dunia
  • Inilah Nestapa Manusia di Padang Mahsyar
    Muslimah
    Jum'at, 02 Juli 2021 - 14:01 WIB
    Seluruh manusia kelak di hari kiamat, akan digiring ke Padang Mahsyar dengan berbagai kondisi yang berbeda sesuai dengan amalnya. Inilah gambaran nestapa manusia di padang mahsyar itu.
  • Sejatinya, Anak Adalah Tabungan di Akhirat
    Muslimah
    Sabtu, 26 Juni 2021 - 18:31 WIB
    Anak itu sejatinya adalah tabungan akhirat bagi orang tuanya. Sebab, anak adalah tanggungjawab orang tua yang langsung diamanahkan oleh Sang Pemberi amanah, yakni Allah Subhanahu wa Taala.
  • Dampak Maksiat, Rugi di Dunia dan Akhirat
    Muslimah
    Selasa, 22 Juni 2021 - 12:00 WIB
    Orang yang berbuat maksiat pasti akan merugi di dunia dan akhirat. Karena perbuatan maksiat itu akan menyengsarakan pelakunya. Sebab, mereka durhaka kepada Allah dan rasul-NYA.
  • Masih Adakah yang Berlomba-lomba Dalam Hal Akhirat?
    Muslimah
    Minggu, 06 Juni 2021 - 12:02 WIB
    Berlomba-lomba dalam menggapai dunia, mungkin sudah biasa. Namun amat jarang kita perhatikan orang-orang berlomba-lomba dalam hal akhirat. Hanya sedikit orang yang mendapat rahmat Allah yang mungkin sadar akan hal ini.
  • Mengejar Pahala Amal Akhirat
    Muslimah
    Sabtu, 05 Juni 2021 - 13:41 WIB
    Allah Subhanahu wa Taala menciptakan dunia memang untuk manusia. Tetapi, manusia diciptakan bukan untuk dunia. Manusia diciptakan untuk akhirat, karena itulah perlunya mengejar amal akhirat.
  • Beda Lokasi Padang Mahsyar Dunia dan Akhirat: Sama-Sama Menakutkan
    Tausyiah
    Jum'at, 04 Juni 2021 - 15:30 WIB
    Dalam kitab Syarh Daoiqul Akhbar disebutkan tiga golongan yang dipanggil ke surga sebelum perhitungan atau hisab amal perbuatan. Siapa saja mereka itu?
  • Ngerinya Balasan Bagi yang Suka Meninggalkan Shalat
    Muslimah
    Selasa, 04 Mei 2021 - 10:50 WIB
    Salah satu perintah Allah Subhanahu wa taala kepada umat Islam adalah menunaikan ibadah sholat fardhu 5 waktu. Jadi, jika kewajiban ini tidak dilaksanakan, selain menjadi dosa maka akan ada balasannya.
  • Di Dunia Amalnya Segunung, di Akhirat Seperti Debu Beterbangan
    Tausyiah
    Rabu, 07 April 2021 - 21:51 WIB
    Habib Umar Bin Hafizh mengatakan, ada manusia yang amalnya seperti gunung di dunia, akan tetapi di akhirat umpama debu yang berterbangan. Apa sebabnya?
  • Keberuntungan Orang Tua di Akhirat Ditentukan oleh Hal Ini
    Muslimah
    Senin, 22 Februari 2021 - 07:02 WIB
    Bagi orang tua, keturunan atau anak yang shalih adalah harapan dan anugerah terindah dalam hidup. Terutama ketika orang tua telah tiada, ia akan terus mendapatkan manfaat dari anaknya.
  • Dunia Lebih Hina Daripada Bangkai Anak Kambing
    Tausyiah
    Rabu, 13 Januari 2021 - 22:03 WIB
    Sejak 14 abad lalu, Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam telah mengingatkan manusia bahwa dunia hanyalah tempat tinggal sementara.
  • Leluasa di Dunia dan Bahagia di Akhirat
    Muslimah
    Selasa, 12 Januari 2021 - 08:56 WIB
    Dunia ini bukanlah tujuan hidup kita. Dunia tiada lain hanyalah tempat persinggahan kita sebelum memasuki alam akhirat. Inilah tujuan akhir perjalanan hidup