Kumpulan Artikel: Hagia Sophia (halaman 3)

  • Sang Penakluk Konstantinopel yang Mewujudkan Janji Rasulullah
    Hikmah
    Kamis, 16 Juli 2020 - 05:00 WIB
    Kekuatan Sultan Muhammad al Fatih terletak pada ketinggian pribadinya. Mempunyai kepakaran dalam bidang ketentaraan, sains, matematika dan menguasai enam bahasa saat berumur 21 tahun.
  • Menyikapi Hagia Sofia dengan Bijak (2)
    Hikmah
    Rabu, 15 Juli 2020 - 19:30 WIB
    Selain isu syariah tentunya kita juga diingatkan kembali bahwa saat ini umat sedang dalam peperangan sengit (state of war). Peperangan itu bukan perang nuklir atau atom.
  • Misi Hadis Penaklukan Konstantinopel, Bukan Sekadar Hagia Shopia
    Hikmah
    Rabu, 15 Juli 2020 - 15:38 WIB
    Misi penaklukan umat Islam atas konstantinopel adalah misi suci yang mengemban amanah sebuah hadis Nabi Muhammad SAW yang menyebut bahwa umat Islam bakal menang.
  • Menyikapi Hagia Sofia dengan Bijak (1)
    Hikmah
    Rabu, 15 Juli 2020 - 13:45 WIB
    Banyak di antara umat Islam begitu senang dan bahagia karena Hagia Sophia, sebuah gedung yang bersejarah dan telah bergonta ganti status, kembali akan mengalami perubahan status (konversi) baru di tahun ini.
  • Jalan Panjang Konstantinopel, Hagia Shophia, dan Muhammad Al-Fatih
    Hikmah
    Rabu, 15 Juli 2020 - 12:20 WIB
    Jauh sebelum dinasti Utsmani, beberapa kali kaum Muslimin berusaha menaklukkan Konstantinopel. Usaha pertama dilakukan pada masa kekhalifahan Utsman bin Affan.
  • Hagia Sophia dan Masjid-Masjid yang Menjadi Gereja
    Hikmah
    Rabu, 15 Juli 2020 - 07:37 WIB
    Dalam sejarah, peristiwa dijadikannya rumah ibadah menjadi tempat ibadah yang sesuai dengan agama yang dipeluk penguasa bukanlah hal baru. Di Barat banyak masjid diubah menjadi gereja.
  • Toleransi Islam di Hagia Sophia: Simbol-Simbol Gereja itu Tetap Utuh
    Hikmah
    Rabu, 15 Juli 2020 - 05:00 WIB
    Sebelum diubah menjadi masjid, bangunan ini berada dalam keadaan bobrok, dengan beberapa pintu telah terlepas dari engselnya. Sultan Mehmed II memerintahkan perbaikan.
  • Hagia Sophia dan Kehebatan Sultan Muhammad Al-Fatih
    Hikmah
    Selasa, 14 Juli 2020 - 21:28 WIB
    14 abad lalu, Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam telah memprediksi bahwa pasukan muslim akan merebut Konstantinopel (kini bernama Istanbul Turki). Berikut hadisnya.