Kumpulan Artikel: Sejarah (halaman 4)

  • Catatan Sejarah: Omong Kosong Yitzhak Rabin tentang Resolusi PBB 242
    Dunia Islam
    Sabtu, 14 Oktober 2023 - 15:25 WIB
    Mengomentari resolusi ini, Perdana Menteri Israel Yitzhak Rabin yang menjabat pada 1974 1977 mengatakan Resolusi PBB 242 memerlukan perundingan-perundingan antara kedua belah pihak.
  • Shalahuddin Al Ayyubi Merebut Kota al-Quds dan Membebaskan Baitul Maqdis di Hari Jumat
    Hikmah
    Kamis, 12 Oktober 2023 - 14:29 WIB
    Pada pada hari Jumat, 27 Rajab 583 H bertepatan dengan 2 Oktober 1187, pasukan Islam yang dipimpin Shalahuddin Al Ayyubi sukses merebut Kota al-Quds dan membebaskan Baitul Maqdis.
  • Jejak Kekejaman Israel: Kisah Pembersihan Orang-Orang Arab dari Bumi Palestina
    Dunia Islam
    Rabu, 11 Oktober 2023 - 08:40 WIB
    Jejak kekejaman Israel saat merampas tanah Palestina membekas sampai hari ini. Di samping orang-orang yang pergi akibat perang, Israel juga secara sengaja mengusir beribu-ribu orang lainnya dari rumah-rumah mereka.
  • Inilah Orang Pertama yang Menyandang Gelar Habib
    Dunia Islam
    Rabu, 11 Oktober 2023 - 07:35 WIB
    Istilah Habib dalam Bahasa Arab artinya adalah kekasih atau yang dikasihi dan dicintai. Dalam bentuk jamak biasa disebut Habaib. Inilah orang pertama yang menyandang gelar Habib.
  • Arah Baru Umat Islam Sesudah Kemenangan dalam Perang Badar
    Hikmah
    Jum'at, 06 Oktober 2023 - 09:54 WIB
    Perang Badar itu merupakan permulaan hidup baru buat kaum Muslimin. Kaum Muslimin mulai mengatur siasat dalam menghadapi Quraisy dan kabilah-kabilah sekitarnya yang melawan mereka.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Salman Sayyid: Tak Ada yang Rasional dalam Islamofobia
    Dunia Islam
    Rabu, 04 Oktober 2023 - 16:01 WIB
    Profesor Retorika dan Pemikiran Dekolonial, Universitas Leeds, ini berpendapat tidak ada yang rasional dalam Islamofobia, namun Islamofobia adalah salah satu bentuk rasisme tertua.
  • Ragam dan Sejarah Maulid Nabi Muhammad SAW, Arab Saudi Tidak Merayakan
    Hikmah
    Kamis, 28 September 2023 - 15:49 WIB
    Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini dirayakan pada hari Rabu 27 September. Banyak negara dengan populasi mayoritas Muslim menetapkan perayaan tersebut sebagai hari libur umum.
  • Kebijakan Rasulullah SAW Ini Membuat Abu Bakar Yakin, Islam Agama Persamaan
    Hikmah
    Kamis, 28 September 2023 - 12:09 WIB
    Persamaan adalah pola Islam dan oleh karenanya ia merupakan inti kedaulatannya. Sejumlah kebijakan Rasulullah SAW menyadarkan umat Islam bahwa Islam adalah agama persamaan.
  • Pengertian Maulid Nabi, Sejarah dan Keutamaannya
    Tausyiah
    Kamis, 28 September 2023 - 06:05 WIB
    Hari ini Kamis bertepatan 12 Rabiul Awal 1445 H (28/9/2023) umat Islam memperingati Maulid Nabi Muhammad ?. Berikut ulasan pengertian Maulid Nabi, sejarah dan keutamaannya.
  • Mengenal Tell es-Sultan, Kota Berbenteng Tertua di Dunia
    Dunia Islam
    Senin, 18 September 2023 - 18:02 WIB
    Situs yang terletak di Lembah Yordan ini diyakini sudah ada sebelum piramida Mesir dan terdiri dari gundukan berbentuk oval yang berisi endapan dan artefak prasejarah.
  • Kapan Maulid Nabi 2023? Ini Hari dan Tanggalnya
    Dunia Islam
    Minggu, 17 September 2023 - 23:29 WIB
    Maulid Nabi 2023 sebentar lagi akan diperingati umat Islam di berbagai negara termasuk di Indonesia. Peringatan Maulid Nabi ini dirayakan setiap tanggal 12 Rabiul Awal.
  • Perayaan Wisuda Paling Wah dalam Sejarah Islam Habiskan Rp400 Miliar Lebih
    Dunia Islam
    Senin, 04 September 2023 - 06:40 WIB
    Perayaan wisuda paling wah dalam sejarah Islam pernah diadakan di masa Abbasiyah. Kala itu Khalifah Al-Mutawakkil mengeluarkan 100.000 Dinar lebih atau setara Rp400 M untuk merayakan wisuda putranya.
  • Jumlah Korban Perang di Zaman Nabi Ternyata Sedikit, Tak Lebih dari 400 Orang
    Dunia Islam
    Kamis, 24 Agustus 2023 - 19:49 WIB
    Tahukah Anda, jumlah korban perang di zaman Nabi Muhammad ternyata tidak melebihi 400 orang? Padahal masa peperangan di zaman Nabi berlangsung selama 23 tahun.
  • Kisah Praktik Pengobatan Dunia Muslim Menggunakan Terapi Musik
    Dunia Islam
    Rabu, 23 Agustus 2023 - 05:51 WIB
    Abu Nasr al-Farabi, seorang filsuf, menulis setiap mode dapat menimbulkan perasaan yang berbeda-beda, seperti kepuasan, kemudahan, kesedihan, ketakutan, kantuk dan beberapa lainnya.
  • Begini Gambaran Jenis Pengobatan di Rumah Sakit pada Era Kejayaan Islam
    Dunia Islam
    Rabu, 23 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Operasi mata (terutama katarak) adalah salah satu kisah sukses pengobatan Islam terbesar, dengan polymath Andalusia Abu Al Qasim Al Zahrawi (Albucasis), dianggap sebagai bapak operasi modern.
  • Sejarah Unik Dunia Islam sebagai Pelopor Rumah Sakit Moderen
    Dunia Islam
    Selasa, 22 Agustus 2023 - 18:34 WIB
    Apa yang oleh orang Persia dan Arab disebut bimaristan, atau darushifa dalam bahasa Turki, adalah lahirnya sebuah institusi dan gagasan yang merevolusi pengobatan dan perawatan kesehatan.
  • 3 Pelajaran Pokok Riwayat Nabi Ibrahim Menurut Jafar Subhani
    Hikmah
    Minggu, 13 Agustus 2023 - 16:32 WIB
    Walaupun orang Yahudi mengaku sebagai pelopor kafilah penganut tauhid, riwayat tentang Nabi Ibrahim menghancurkan berhala lalu dihukum bakar tak masyhur di kalangan mereka.
  • 5 Ulama Arab Saudi Keturunan Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Jum'at, 11 Agustus 2023 - 18:02 WIB
    Ulama Arab Saudi keturunan Nabi Muhammad SAW tidak begitu banyak jika dibandingkan Yaman. Para keturunan Nabi di Saudi dulu pernah berkuasa di Makkah dan Madinah secara turun temurun.
  • Inilah Dalil Panggilan Azan Dapat Mengusir Setan
    Hikmah
    Rabu, 09 Agustus 2023 - 11:34 WIB
    Azan, tak hanya sebagai penanda waktu salat. Ada hikmah lain di balik lantunan suara azan yakni bisa mengusir setan. Benarkah demikian? Adakah dalil yang menjelaskannya?
  • Mengenal Teori Gujarat, Cikal Bakal Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia
    Dunia Islam
    Minggu, 30 Juli 2023 - 14:21 WIB
    Teori Gujarat merupakan salah satu teori yang menjelaskan tentang sejarah masuknya Islam ke Indonesia. Teori ini menyebut, awal penyebaran agama Islam di Indonesia melalui para pedagang dari India muslim (Gujarat).