Kumpulan Artikel: Asbabun Nuzul (halaman 4)

  • Asbabun Nuzul Surat Fathir yang Tidak Banyak Diketahui
    Hikmah
    Selasa, 03 Januari 2023 - 15:21 WIB
    Surat Fathir adalah surah ke-35 dalam Al-Quran terdiri atas 45 ayat (Surah Makkiyah) . Fathir artinya Pencipta diambil dari ayat pertama surah ini. Berikut asbabun nuzul (sebab turunnya) Surat Fathir.
  • Asbabun Nuzul Surat Saba yang Jarang Diketahui
    Hikmah
    Sabtu, 31 Desember 2022 - 16:27 WIB
    Surat Saba merupakan surah ke-34 dalam Al Quran terdiri dari 54 ayat, diturunkan sesudah surat Luqman. Berikut Asbabun Nuzul (sebab turunnya) Surat ini.
  • Asbabun Nuzul Surat Al-Humazah, Peringatan Bagi Pengumpat dan Pencela
    Hikmah
    Kamis, 29 Desember 2022 - 21:49 WIB
    Surat Al-Humazah merupakan surat ke-104 dalam mushaf Al-Quran. Asbabun Nuzul (sebab turunnya) surat ini berkaitan dengan orang yang suka mencela dan mengejek Rasulullah SAW.
  • Asbabun Nuzul Surat Ali Imran Ayat 78 Terkait Perilaku Buruk Pendeta Yahudi
    Hikmah
    Rabu, 28 Desember 2022 - 22:40 WIB
    Perilaku buruk pendeta Yahudi yang suka merekayasa dan mengubah isi Kitab Allah menjadi pelajaran berharga bagi umat Islam. Hal ini disebutkan dalam Surat Ali Imran ayat 78.
  • Asbabun Nuzul Surat An-Nashr Beserta Maknanya
    Hikmah
    Selasa, 27 Desember 2022 - 21:54 WIB
    Surat An-Nashr merupakan surat ke 110 dalam Al-Quran terdiri 3 ayat. Dinamai An-Nashr (pertolongan) diambil dari ayat pertama surat ini. Berikut Asbabun Nuzulnya beserta maknanya.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Asbabun Nuzul Surat Al-Falaq dan Keutamaan Membacanya
    Hikmah
    Senin, 26 Desember 2022 - 22:48 WIB
    Asbabun Nuzul Surat Al-Falaq berkaitan dengan sakit yang pernah dialami Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam. Surat ini memiliki keutamaan sebagai perlindungan.
  • Asbabun Nuzul Surat At-Tin, Kabar Gembira Bagi Mukmin yang Pikun
    Hikmah
    Sabtu, 24 Desember 2022 - 07:30 WIB
    Sebagian muslim mungkin belum mengetahui Asbabun Nuzul Surat At-Tin yang sering kita baca dalam sholat. Berikut sebab turunnya surat tersebut diriwayatkan oleh Ibnu Jarir.
  • Asbabun Nuzul Surat Yasin Ayat 9, Terhalangnya Kebenaran Bagi Orang-orang yang Sombong
    Tausyiah
    Selasa, 13 Desember 2022 - 11:38 WIB
    Asbabun nuzul (sebab-sebab turunnya) Surat Yasin ayat 9, terjadi karena rasa bencinya abu Jahal terhadap Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Implikasi Asbabun Nuzul, Kasus Perkawinan Nabi SAW dengan Mantan Istri Anak Angkatnya
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Desember 2022 - 16:31 WIB
    Asbab al-Nuzul menunjukkan banyaknya kasus suatu nilai ajaran atau hukum diwahyukan kepada Nabi dalam kaitannya dengan peristiwa nyata tertentu yang menyangkut Nabi dan masyarakat Islam di zaman beliau.
  • 3 Versi Asbabun Nuzul Surat Al-Baqarah Ayat 115
    Tausyiah
    Kamis, 08 Desember 2022 - 19:37 WIB
    Seperti halnya persoalan hadis pada umumnya, penuturan atau berita tentang suatu sebab turunnya wahyu tertentu juga dapat beraneka ragam, sejalan dengan keaneka ragaman sumber berita.
  • Arti Penting Pengetahuan tentang Asbabun Nuzul Menurut Masdar Farid Masudi
    Tausyiah
    Kamis, 08 Desember 2022 - 19:09 WIB
    Kiai Haji Masdar Farid Masudi mengatakan pengetahuan tentang asbab al-Nuzul akan membantu seseorang memahami konteks diturunkannya sebuah ayat suci.
  • Asbabun Nuzul Surat Ali Imran Ayat 154 yang Jarang Diketahui
    Hikmah
    Senin, 28 November 2022 - 06:30 WIB
    Surat Ali Imran merupakan surah ketiga dalam Al-Quran terdiri 200 ayat. Berikut penjelasan Asbabun Nuzul (sebab turunnya) Surat Ali Imran ayat 154.
  • 8 Derajat Ahli Waris Menurut Syaikh Ash-Shabuni
    Tips
    Rabu, 23 November 2022 - 10:07 WIB
    Prof Dr Muhammad Ali ash-Shabuni (1930 2021) mengatakan antara ahli waris yang satu dan lainnya mempunyai perbedaan derajat dan urutan. Berikut urutannya.
  • Asbabun Nuzul Surat Al-Kafirun Menarik untuk Diketahui
    Tausyiah
    Selasa, 22 November 2022 - 16:26 WIB
    Surat Al-Kafirun merupakan surat ke-109 dalam Al-Quran. Dalam penggolongannya, surat ini masuk kategori Makkiyah karena diturunkan di Kota Mekkah.
  • Ayat-Ayat Waris: Hukum Hak Saudara Seibu Menurut Surat An-Nisa Ayat 12
    Tips
    Senin, 21 November 2022 - 12:58 WIB
    Hukum hak waris saudara laki-laki atau saudara perempuan seibu lain ayah diatur dalam Surat An-Nisa ayat 12. Ini tidak mencakup saudara kandung dan tidak pula saudara seayah lain ibu.
  • Surat Al-Mulk Ayat 13, Asbabun Nuzul dan Hikmahnya
    Hikmah
    Minggu, 20 November 2022 - 23:27 WIB
    Surat Al-Mulk adalah salah satu surat terbaik dalam Al-Quran yang fadhilahnya mendatangkan syafaat bagi pembacanya. Berikut Asbabun Nuzul Surat Al-Mulk ayat 13.
  • Ayat-Ayat Waris: Hukum Bagian Kedua Orangtua Menurut Surat An-Nisa Ayat 11
    Tips
    Sabtu, 19 November 2022 - 09:25 WIB
    Perihal hak waris, Prof Dr Muhammad Ali ash-Shabuni menjelaskan hukum bagian kedua orangtua yang diatur dalam al-Quran Surat An-Nisa ayat 11. Berikut penjelasannya.
  • Ayat-Ayat Waris: Bagian Anak Lelaki dan Perempuan Menurut Surat An-Nisa Ayat 11
    Tips
    Jum'at, 18 November 2022 - 14:28 WIB
    Syariat Islam menetapkan aturan waris dengan bentuk yang sangat teratur dan adil. Di dalamnya ditetapkan hak kepemilikan harta bagi setiap manusia, baik laki-laki maupun perempuan dengan cara yang legal.
  • Asbabun Nuzul dan Arti Al-Quran Surat Al Maidah Ayat 48
    Tausyiah
    Jum'at, 18 November 2022 - 09:34 WIB
    Asbabun nuzul dan arti Al-Quran surat Al Maidah ayat 48 patut kita ketahui untuk mempertebal keimanan kita kepada kitab-kitab Allah SWT. Berikut penjelasannya.
  • Cara Pembagian Warisan Menurut Islam
    Tausyiah
    Rabu, 16 November 2022 - 14:49 WIB
    Cara pembagian warisan menurut Islam sudah diatur dengan sangat sempurna dan detil. Pembagian warisan diatur dalam syariat Islam untuk menghindari kezaliman dan ketidakadilan. Dan khusus tentang warisan, hampir seluruhnya telah di jelaskan dan dirinci bagian perbagiannya dalam Al-Quran.