Topik Terkait: Keutamaan Puasa Daud

  • Puasa Daud dan Keutamaannya Bagi Perempuan
    Muslimah
    Selasa, 10 November 2020 - 10:58 WIB
    Berpuasa bisa menahan hawa nafsu dan juga mengkontrol diri adalah hal yang paling tepat, agar potensi negatif dari dominannya perasaan perempuan tidak muncul begitu saja
  • Hilangkan Kebiasaan Berghibah dengan Puasa Daud, Cocok untuk Kaum Muslimah
    Muslimah
    Jum'at, 23 Juni 2023 - 16:48 WIB
    Selain mendapatkan pahala, puasa Daud juga bermanfaat bagi kesehatan, spriritualitas dan juga sosial. Manfaat-manfaat puasa Daud ini, justru sangat optimal bila diamalkan kaum muslimah.
  • Puasa Daud, Mendatangkan Rezeki yang Tidak Disangka-sangka
    Tausyiah
    Selasa, 03 Agustus 2021 - 12:08 WIB
    Puasa Daud merupakan puasa khusus amalannya Nabi Daud AS. Puasa Daud dapat diartikan sebagai puasa sunnah yang dikerjakan dengan cara sehari puasa, kemudian sehari berbuka
  • Keutamaan Puasa Rajab dan Qiyamullail di Malam Pertama
    Tips
    Selasa, 01 Februari 2022 - 22:47 WIB
    Keutamaan puasa Rajab terdapat dalam Hadis yang diriwayatkan Imam Ahmad, Imam Abu Dawud dan Ibnu Majah. Nabi berpesan, berpuasalah pada bulan-bulan haram.
  • Inilah 5 Keutamaan Puasa Syawal Menurut Hadis
    Tips
    Jum'at, 06 Mei 2022 - 09:14 WIB
    Salah satu puasa sunnah yang dianjurkan dalam Islam adalah melakukan puasa selama enam hari di bulan Syawal. Puasa ini dimulai sejak 2 Syawal atau tepat selang sehari setelah Hari Raya Idul Fitri
  • Alasan Mengapa Puasa dan Sholat Nabi Daud Paling Disukai Allah Taala
    Tausyiah
    Kamis, 10 Maret 2022 - 10:23 WIB
    Rasulullah pernah bersabda puasa yang lebih disukai Allah adalah puasanya Daud, dan sholat yang paling disukai Allah adalah sholatnya Daud. Berikut kisahnya.
  • 4 Manfaat Puasa Daud Bagi Muslimah, Nomor Terakhir Terhindar dari Dosa Ghibah
    Muslimah
    Selasa, 08 Maret 2022 - 20:15 WIB
    Salah satu puasa sunnah yang banyak sekali manfaatnya adalah puasa Daud, tak terkecuali bagi kalangan muslimah. Selain mendapatkan pahala, puasa Daud juga bermanfaat bagi kesehatan, spriritualitas dan juga sosial.
  • Keutamaan Puasa Asyura: Menghapus Dosa Setahun Lalu
    Tips
    Senin, 01 Agustus 2022 - 10:49 WIB
    Keutamaan puasa Asyura (hari ke-10 bulan Muharram) perlu diketahui umat Islam, mengingat keistimewaannya puasa di hari tersebut. Apa yang membuat hari Asyura begitu istimewa dan apa saja keutamaannya?
  • 6 Keutamaan Puasa Arafah, Nomor 1 Menghapuskan Dosa 2 Tahun
    Tips
    Senin, 04 Juli 2022 - 07:43 WIB
    Banyak ibadah sunnah yang dianjurkan (tathawu) bisa dilakukan di bulan istimewa Dzulhijjah ini. Ibadah tathawu sendiri merupakan perkara yang akan menambah pahala, menggugurkan dosa-dosa.
  • 5 Keutamaan Memberi Makan Orang Berbuka Puasa
    Tausyiah
    Sabtu, 01 April 2023 - 04:00 WIB
    Keutamaan memberi makan orang berbuka puasa bertabur pahala melimpah. Tak hanya mendapat ganjaran pahala orang yang berpuasa, tetapi juga menjadi sebab diampuninya dosa-dosa.
  • Niat dan Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh
    Tips
    Kamis, 11 Agustus 2022 - 10:41 WIB
    Puasa ayyamul bidh adalah puasa sunnah yang jatuh setiap tanggal 13,14 dan 15 hijriah setiap bulannya. Puasa Ayyamul Bidh diartikan sebagai puasa pada 3 hari bulan bersinar terang, sehingga malam tampak bercahaya.
  • Keutamaan Puasa, Balasannya Adalah Surga Bernama Ar-Rayyan
    Hikmah
    Senin, 29 April 2019 - 01:13 WIB
    Puasa merupakan ibadah yang mempunyai kedudukan tinggi di sisi Allah. Dalam salah satu hadis disebutkan ganjaran menghidupkan puasa adalah surga istimewa bernama Ar-Rayyan.
  • Keutamaan Puasa Ramadan dalam Penjelasan Hadis Nabi SAW
    Hikmah
    Rabu, 13 Maret 2024 - 10:38 WIB
    Umat Islam penting dan memahami keutamaan puasa Ramadan dalam pandangan syariat. Kenapa? Karena umat muslim yang akan menjalani puasa jangan sekedar menahan lapar dan haus saja, padahal banyak sekali ilmu dari berpuasa Ramadan ini.
  • Kisah Nabi Daud Disindir Ulat Merah, Ini Penyebabnya
    Hikmah
    Selasa, 16 Mei 2023 - 15:53 WIB
    Nabi Daud melihat seekor ulat merah sedang berjalan di atas tanah. Kemudian, beliau berkata kepada dirinya, apa yang sebenarnya diinginkan oleh Allah menciptakan makhluk semacam ini?
  • Kisah Ulat Berzikir dan Malunya Nabi Daud AS
    Hikmah
    Minggu, 29 Oktober 2023 - 13:15 WIB
    Kisah Nabi Daud banyak dijelaskan dalam Al-Quran, terutama dalam 9 surat berikut, surat Shad, Surat Al-Anbiya, An-Naml, Saba, Al-Baqarah, An-Nisa, Al-Maidah, Al-Anam dan Al-Isra.
  • Keutamaan dan Manfaat Puasa Ayyamul Bidh serta Cara Pelaksanaannya
    Tips
    Jum'at, 06 Januari 2023 - 12:51 WIB
    Tak hanya manfaat fisik , puasa ayyamul bidh juga banyak faedahnya untuk psikis kita. Sedangkan keutamaan puasa sunnah ini tercantum dalam beberapa riwayat hadis Nabi Muhammad SAW.
  • 7 Keutamaan Puasa Ramadhan, Nomor 1 Banyak yang Mendambakan
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Maret 2022 - 17:36 WIB
    Paling tidak ada tujuh keutamaan puasa ramadhan. Ketujuh keutamaan itu sebagai bentuk penempaan jiwa sekaligus penyucian diri (tazkiyatun nafs) bagi seorang hamba.
  • Inilah Keutamaan Puasa dan Cara Mendapatkannya
    Muslimah
    Kamis, 18 Maret 2021 - 13:26 WIB
    Bulan suci Ramadhan, adalah bulan istimewa yang diperintahkan Allah untuk menjalankan puasa wajib selama sebulan penuh. Banyak keutamaan puasa, salah satunya akan mendapat pahala, karunia dan pemuliaan dari Allah Subhanahu wa taala.
  • Keutamaan Puasa Sunnah Senin dan Lafaz Niatnya
    Tausyiah
    Minggu, 26 Juli 2020 - 21:27 WIB
    Kelebihan puasa dari ibadah lain adalah adanya jaminan Allah Taala bagi mereka yang mengerjakannya. Berikut keutamaan puasa sunnah Senin dan lafaz niatnya.
  • Niatkan Sahur Sebelum Puasa Sunnah, Ini Keutamaannya!
    Tips
    Minggu, 05 Maret 2023 - 15:29 WIB
    Agar puasa sunnah baik puasa Senin atau Syaban bisa berjalan baik dan mendapat pahala berlimpah, niatkan sahur terlebih dahulu. Ada banyak keutamaan dalam sahur tersebut. Apa saja?