Topik Terkait: Nasab Wali Nikah Waris

  • Wali Nikah yang Wajib Diketahui Umat Muslim
    Tips
    Rabu, 16 Februari 2022 - 10:55 WIB
    Umat muslim wajib tahu siapa saja wali yang sah dalam pernikahan. Sebagaimana diketahui dalam Mazhab Syafii, wali nikah adalah satu dari rukun nikah.
  • Fatwa Rasulullah SAW dan Pengertian Nasab yang Perlu Diketahui
    Muslimah
    Minggu, 18 Desember 2022 - 18:11 WIB
    Memahami nasab tetap perlu untuk diketahui karena nantinya akan menentukan pembagian waris, perwalian, mengetahui mahram, dan lain sebagianya.
  • Nabi Muhammad SAW Pun Tidak Mengandalkan Nasab
    Tausyiah
    Selasa, 30 Agustus 2022 - 11:24 WIB
    Banyak orang terlahir dari keluarga biasa-biasa tapi hidupnya sukses. Sebaliknya, tidak sedikit yang lahir dari keluarga terhormat tapi nasib hidupnya biasa-biasa saja.
  • Status Anak di Luar Nikah dalam Pandangan Syariat
    Muslimah
    Minggu, 29 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Status anak biologis atau kehadiran anak tanpa ikatan pernikahan kembali ramai diperbincangkan. Kasus tersebut terjadi, dari pasangan muda mudi yang kebablasan dalam menjalin cinta
  • Efek Zina: Anak yang Dihasilkan Terputus Nasab dan Hak Waris dengan Ayah Biologisnya
    Tausyiah
    Selasa, 25 Januari 2022 - 07:33 WIB
    Anak hasil zina tidak mempunyai hubungan nasab, wali, nikah, waris, dan nafkah dengan lelaki yang mengakibatkan kelahirannya. Anak hasil zina hanya memiliki hubungan dengan ibu.
  • 8 Derajat Ahli Waris Menurut Islam
    Tausyiah
    Selasa, 20 Februari 2024 - 18:47 WIB
    Di antara ahli waris yang satu dan lainnya mempunyai perbedaan derajat dan urutan. Berikut ini ahli waris berdasarkan urutan dan derajatnya, menurut Prof Muhammad Ali ash-Shabuni.
  • 6 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Anak di Luar Nikah
    Muslimah
    Sabtu, 18 September 2021 - 05:15 WIB
    Banyak pasangan muda mudi kebablasan dalam menjalin cinta. Sebagian remaja, bahkan terjerumus pada zina, hingga sang perempuan hamil. Tentu saja ini menjadi masalah karena terkait status anak setelah dilahirkan.
  • Bacaan Ijab Kabul Nikah dalam Bahasa Arab dan Indonesia
    Tips
    Selasa, 30 November 2021 - 15:34 WIB
    Bacaan (lafaz) ijab kabul nikah dalam Bahasa Arab dan Indonesia penting diketahui bagi yang hendak melangsungkan pernikahan. Berikut bacaannya.
  • Hikmah Fatimah Sebagai Jalur Nasab Satu-satunya Keturunan Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Rabu, 27 Juli 2022 - 22:33 WIB
    Sayyidah Fatimah adalah sosok penting bagi Rasulullah SAW karena punya peran menemani beliau setelah ibunda Khadijah wafat. Dari Fatimah lah jalur nasab keturunan Nabi Muhammad.
  • Apakah Ada Wali yang Berdakwah Keras dan Lantang?
    Tausyiah
    Sabtu, 14 November 2020 - 07:30 WIB
    Apakah benar seseorang dapat dikatakan bahwa dia seorang wali jika dakwahnya keras dan tegas? Berikut ulasan Ustaz Miftah el-Banjary, Dai yang juga pakar ilmu linguistik Arab.
  • Di Manakah Keberadaan Wali Berpangkat Al-Ghauts?
    Tausyiah
    Selasa, 05 April 2022 - 18:11 WIB
    Dalam ajaran al-Imam Muhyiddin Ibnu Arabi, wali yang tertinggi dinamakan Al-Qutb (kutub) atau poros alam. Kadang dinamakan Al-Ghauts (penolong) atau raja para wali.
  • 7 Pernikahan yang Dilarang dalam Islam, Salah Satunya Nikah saat Ihram
    Tausyiah
    Selasa, 13 Februari 2024 - 09:00 WIB
    Ada beberapa jenis pernikahan yang dilarang dalam Islam, bahkan wajib dibatalkan karena haram hukumnya. Pernikahan apa saja itu?
  • Pahami!  Bolehkah Membuat Perjanjian Pra Nikah Agar Tidak Poligami?
    Muslimah
    Sabtu, 26 Februari 2022 - 15:01 WIB
    Ketika akan menikah, ada kalanya pasangan calon pengantin sengaja membuat perjanjian pra nikah. Salah satu perjanjian itu, adalah meminta tidak akan melakukan poligami atau tidak mau dipoligami. Bolehkah hal tersebut dilakukan?
  • Menikah Tanpa Wali Ayah Kandung, Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Sabtu, 17 Juli 2021 - 05:00 WIB
    Menikah tanpa wali ayah kandung, bolehkah dilakukan? Bagaimana hukum dan status pernikahannya sendiri? Pernikahan merupakan salah satu syariat dalam Islam, juga adalah ibadah untuk menyempurnakan agama.
  • Cara Pembagian Warisan Menurut Islam
    Tausyiah
    Rabu, 16 November 2022 - 14:49 WIB
    Cara pembagian warisan menurut Islam sudah diatur dengan sangat sempurna dan detil. Pembagian warisan diatur dalam syariat Islam untuk menghindari kezaliman dan ketidakadilan. Dan khusus tentang warisan, hampir seluruhnya telah di jelaskan dan dirinci bagian perbagiannya dalam Al-Quran.
  • Doa Setelah Akad Nikah yang Diajarkan Rasulullah
    Muslimah
    Selasa, 18 Januari 2022 - 11:26 WIB
    Doa atau mendoakan pengantin setelah akad nikah adalah hal penting yang mesti dilakukan demi mengantar dan membekali kedua mempelai dalam mengarungi bahtera rumah tangga.
  • Hukum Nikah: Bisa Wajib, Haram dan Makruh, Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Selasa, 28 November 2023 - 14:33 WIB
    Nikah jadi wajib jika orang sudah stabil finansialnya dan mampu untuk adil pada wanita yang dinikahinya serta mempunyai praduga yang kuat bahwa ia akan melakukan zina jika tidak menikah.
  • Kisah Wali Naik Haji, Tempuh Perjalanan dalam Waktu Sekejap
    Hikmah
    Selasa, 14 Juni 2022 - 12:20 WIB
    Ibadah Haji seringkali meninggalkan kisah-kisah unik yang dialami para jamaah. Bahkan tidak jarang ditemukan kisah-kisah ajaib yang tidak bisa dinalar.
  • Terminologi Nikah Misyar, Tak Sekadar Bobok-Bobok Siang
    Hikmah
    Selasa, 31 Oktober 2023 - 18:36 WIB
    Pernikahan misyar telah menimbulkan perdebatan terutama di kalangan ulama kontemporer. Karena model nikah misyar baru dikenal masa kini, maka para ulama kontemporer berbeda pendapat menghukuminya.
  • Prinsip Ahlus Sunnah wal Jamaah: Membenarkan Adanya Karamah Wali
    Tausyiah
    Kamis, 29 Februari 2024 - 11:29 WIB
    Di antara prinsip Ahlus Sunnah wal Jamaah adalah membenarkan adanya karamah para wali, yaitu apa-apa yang Allah perlihatkan melalui tangan-tangan sebagian mereka berupa hal-hal yang luar biasa.