Topik Terkait: Surat Al Qashash

  • Kapan Waktu Terbaik Membaca Surat Al Kahfi?
    Tausyiah
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 19:25 WIB
    Kapan waktu terbaik membaca surat Al-Kahfi? Amalkan pada malam Jumat atau hari Jumat? Pertanyaan tersebut muncul mengingat banyak keutamaan membaca surat tersebut sebagai amalan Jumat.
  • Keutamaan Surat Al Waqiah, Dijauhkan dari Kemiskinan hingga Dapat Syafaat
    Hikmah
    Jum'at, 26 April 2024 - 15:43 WIB
    Banyak keutamaan surat Al Waqiah serta faedah bila rutin membacanya. Surat ini dikenal sebagai surat Al-Quran yang mustajab mengatasi kesulitan ekonomi.
  • Surat Al-Ikhlas Doa untuk Apa? Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Senin, 27 November 2023 - 17:13 WIB
    Surat Al-Ikhlas merupakan salah satu surat pendek dalam Al-Quran yang mengandung makna keesaan Allah SWT. Surat ini terdiri dari empat ayat dan termasuk dalam golongan surat Makkiyah.
  • Juz 29 Al Qur’an Berisikan Surat Apa Saja?
    Tips
    Senin, 06 Mei 2024 - 16:56 WIB
    Juz 29 dalam Al Quran terdiri atas sejumlah surat berbeda. Dimulai dari surat Al Mulk dan diakhiri dengan surat Al Mursalat.
  • Mengapa Kita Harus Membaca Surat Al-Kahfi? Ini Rahasianya
    Tausyiah
    Kamis, 09 September 2021 - 22:03 WIB
    Surah Al-Kahfi adalah surat ke-18 dalam Al-Quran terdiri dari 110 ayat. Mengapa kita harus membaca dan mentadabburi Surat Al-Kahfi setiap Jumat? Ini jawabannya.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Keutamaan Membaca Surat Al Waqiah Beserta Waktu Terbaiknya
    Hikmah
    Senin, 18 September 2023 - 09:58 WIB
    Keutamaan membaca Surat Al Wakiah salah satunya adalah dapat menjadi pembuka pintu rezeki, namun selain mengetahui keutamaannya umat muslim juga perlu tahu kapan waktu terbaik untuk membaca surat yang punya 96 ayat tersebut.
  • Asbabun Nuzul Surat Al-Kafirun Menarik untuk Diketahui
    Tausyiah
    Selasa, 22 November 2022 - 16:26 WIB
    Surat Al-Kafirun merupakan surat ke-109 dalam Al-Quran. Dalam penggolongannya, surat ini masuk kategori Makkiyah karena diturunkan di Kota Mekkah.
  • Keutamaan Membaca Surat Al Ikhlas dalam Gambaran Hadis Nabi SAW
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Mei 2024 - 08:07 WIB
    Ada keutamaan yang paling dahsyat dari Surat Al Ikhlas yang pernah disabdakan Rasulullah SAW yakni membaca Surat Al Ikhlas akan disetarakan oleh Allah Taala seperti halnya membaca sepertiga Al-Quran
  • Keutamaan, Kandungan dan Manfaat Membaca Surat Al-Jatsiyah
    Tips
    Sabtu, 14 Januari 2023 - 14:30 WIB
    Surat Al-Jatsiyah memiliki keutamaan dan manfaat yang dapat diamalkan umat Islam. Surat ke-45 dalam Al-Quran ini terdiri 37 ayat diturunkan sesudah Surat Ad-Dukhaan (surat Makkiyyah).
  • Inilah Faedah Surat Al-Baqarah saat Menempati Rumah Baru
    Hikmah
    Minggu, 30 Juli 2023 - 13:25 WIB
    Manfaat dan faedah Surat Al-Baqarah sudah banyak dijelaskan, salah satunya ketika akan menempati rumah baru. Membaca surah al-Baqarah untuk mengusir dan menjaga rumah tersebut dari keburukan dan setan yang terkutuk.
  • 6 Keutamaan Membaca Surat Al Fath di Awal Ramadan
    Hikmah
    Jum'at, 15 Maret 2024 - 13:40 WIB
    Ada banyak keutamaan membaca Surat Al Fath di awal Ramadan yang penting diketahui kaum muslim. Surat Al-Fath sendiri merupakan surat ke-48 dalam susunan mushaf Al-Quran
  • Surat Al-Kafirun, Surat yang Sangat Ditakuti Iblis
    Muslimah
    Kamis, 01 Oktober 2020 - 13:49 WIB
    Beberapa surat pendek yang sering kita baca saat melaksanakan salat, ternyata banyak memiliki keutamaan dan fadhilah. Salah satunya adalah surat Al-Kafirun.
  • Surat Al-Insyirah: Bersama Kesulitan Ada Kemudahan
    Tausyiah
    Kamis, 12 Agustus 2021 - 23:29 WIB
    Surat Al Insyirah, bersama kesulitan ada kemudahan. Surat ini dikenal sebagai surat penghibur Rasulullah sekaligus menguatkan hati beliau ketika mengemban misi dakwah.
  • Manfaat Membaca Surat Al Waqiah 7 Kali, Magnet yang Mendatangkan Rezeki
    Tips
    Selasa, 03 Januari 2023 - 11:09 WIB
    Manfaat membaca surat Al Waqiah sebanyak 7 kali disertai dengan keyakinan penuh kepada Allah Subhanahu wa taala, akan mampu mendatangkan rezeki berlimpah
  • Khasiat Membaca Surat Al-Fatihah Sebanyak 7 Kali
    Tips
    Senin, 30 Januari 2023 - 17:24 WIB
    Sebagai induk dari semua isi Al-Quran, Al-Fatihah juga disebut Ummul Quran atau pembuka kitab suci Al-Quran. Surat ini memiliki khasiat dan keutamaan luar biasa.
  • Manfaat Surat Al-Mulk Dibaca Setiap Hari, Jadi Pembela di Hari Kiamat Kelak
    Tips
    Senin, 17 Oktober 2022 - 15:20 WIB
    Manfaat surat Al-Mulk dibaca setiap hari, akan menjadi pembela di Hari Kiamat. Bagi seorang muslim yang rutin mengamalkannya, maka ia akan dihindarkan dari api neraka.
  • Amalan Memperlancar Rezeki dalam Surat Al-Waqiah, Yuk Amalkan!
    Tausyiah
    Rabu, 15 Februari 2023 - 21:54 WIB
    Surat Al-Waqiah merupakan bacaan yang dapat memperlancar rezeki dan wasilah menjauhkan seseorang dari kemiskinan. Berikut keutamaan ayat 30 dari Surat Al-Waqiah.
  • Khasiat Membaca Surat Al Insyirah Rutin Setiap Hari
    Tips
    Jum'at, 11 November 2022 - 14:27 WIB
    Khasiat membaca Surat Al Insyirah rutin setiap hari, Allah Subhanahu wa taala janjikan di balik kesulitan pasti ada jalan keluar yang begitu dekat. Bahkan Allah pun akan memberi kemudahan dalam segala urusan dan mendapat rezeki yang tidak terduga
  • Asbabun Nuzul Surat Al Waqiah Ayat 13 dan 39 , Simak Penjelasan Lengkapnya
    Hikmah
    Kamis, 22 Februari 2024 - 14:15 WIB
    Asbabun Nuzul Surat Al Waqiah ayat 13 dan 39 ini memiliki satu sebab yang sama. Dari sebab turunnya ayat ini umat muslim dapat mengetahui tentang sejarah dan berbagai riwayat peninggalan Islam.
  • Hukum Bacaan Tajwid Surat Al Kautsar 1 sampai 3
    Tips
    Rabu, 07 Juni 2023 - 17:42 WIB
    Terdapat sejumlah hukum bacaan tajwid di surat Al Kautsar ayat 1 sampai 3 yang perlu diperhatikan umat muslim ketika membaca ayat suci Al Quran.