Topik Terkait: Larangan Menggulung Celana

  • Larangan Menggulung Pakaian ketika Sholat, Ini Hadisnya
    Tausyiah
    Minggu, 25 September 2022 - 21:43 WIB
    Kita sering melihat fenomena ketika sholat di masjid banyak yang melipat bajunya atau menggulung celana yang Isbal (melebihi mata kaki). Benarkah hal ini dilarang oleh syariat?
  • Larangan Beribadah Secara Berlebihan
    Muslimah
    Minggu, 23 Mei 2021 - 05:00 WIB
    Berlebihan merupakan sikap tercela meskipun itu dalam hal ibadah. Sebab segala sesuatu yang melampaui tidak disukai oleh Allah Subhanahu wa taala. Mengapa demikian?
  • 7 Larangan di Bulan Muharam yang Jarang Diketahui
    Hikmah
    Kamis, 27 Juli 2023 - 14:22 WIB
    Terdapat sejumlah larangan di bulan Muharam yang penting diketahui umat Islam. Bulan Muharam adalah salah satu bulan suci yang dianggap sakral oleh umat Islam, dan menjadi bulan yang istimewa.
  • 10 Larangan Saat Puasa Ramadan, Nomor Terakhir Sering Diperdebatkan
    Tausyiah
    Selasa, 28 Maret 2023 - 03:02 WIB
    Puasa Ramadan tidak hanya sebatas menahan makan dan minum saja. Ada banyak larangan yang harus dijauhi agar puasa kita bernilai di sisi Allah. Berikut 10 larangan saat puasa Ramadan.
  • Tadabbur Al-Quran: Larangan Memanggil Orang Lain dengan Julukan Buruk Seperti Cebong Atau Kampret
    Tausyiah
    Rabu, 06 September 2023 - 12:35 WIB
    Tadabbur ayat kali ini mengulas tentang hukum memanggil orang lain dengan panggilan buruk dalam Surat Al-Hujurat Ayat 11. Islam sangat melarang umatnya untuk saling mencela satu sama lain.
  • Larangan Menyakiti Orang Lain
    Muslimah
    Jum'at, 11 Juni 2021 - 17:00 WIB
    Seorang Muslim diajarkan untuk tidak melakukan perbuatan zalim atau menyakiti orang lain, termasuk aniaya bagi dirinya sendiri. Allah Subhanahu wa taala bahkan menyebut akan memberi azab bagi orang yang zalim.
  • Larangan Saat Haid yang Penting Diketahui Muslimah
    Muslimah
    Jum'at, 23 Februari 2024 - 12:27 WIB
    Larangan-larangan saat haid wajib diketahui oleh kaum muslimah. Yaitu hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan dan hal yang dilarang ini juga berlaku bagi wanita muslimah yang sedang nifas.
  • Larangan Tidur Setelah Sahur, Begini Penjelasannya
    Tips
    Selasa, 12 April 2022 - 18:30 WIB
    Dalam Islam, langsung tidur setelah santap sahur dan shalat subuh memang tidak dianjurkan, bahkan beberapa ulama menghukuminya itu adalah makruh (jika tidak ada udzur dan keperluan).
  • Larangan Memata-matai dan Mengorek-ngorek Informasi
    Muslimah
    Rabu, 10 Februari 2021 - 08:01 WIB
    Perbuatan memata-matai atau mengorek-ngorek informasi tentang seseorang atau sesama saudara muslim sangat ditentang Rasulullah. Apalagi, jika perbuatan memata-matai ini dimaksudkan untuk membongkar aib.
  • Pemkot Depok Terbitkan Aturan Itikaf, Idul Fitri dan Larangan Mudik
    Dunia Islam
    Selasa, 04 Mei 2021 - 16:14 WIB
    Pemkot Depok resmi menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 451/203-HUK tentang penyelenggaraan Itikaf, salat Idul Fitri, dan Perayaan Idul Fitri 1442 H/2021 M selama masa pandemi Covid-19.
  • Larangan-larangan Bagi yang Berhadas Besar
    Tips
    Selasa, 28 September 2021 - 13:49 WIB
    Ada larangan-larangan bagi orang-orang yang berhadas besar, seperti tengah haid, keluar sperma atau junub. Larangan ini berlaku selama ia belum bersuci dari hadasnya, baik hadas besar maupun kecil.
  • Hadis Pilihan: Larangan Menghina dan Mencaci-maki Seorang Muslim
    Tausyiah
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 16:35 WIB
    Salah satu adab yang diajarkan Baginda Nabi Muhammad ? untuk diperhatikan umat Islam adalah tidak menghina atau merendahkan sesama muslim.
  • Penting yang Mana: Meninggalkan Larangan atau Melakukan Ketaatan?
    Tausyiah
    Senin, 28 September 2020 - 05:16 WIB
    Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah SAW bersabda, hindarilah perkara-perkara yang diharamkan, niscaya engkau akan menjadi manusia yang paling baik dalam beribadah
  • Larangan Menyakiti dan Memfitnah Seorang Mukmin, Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Senin, 19 Februari 2024 - 10:41 WIB
    Ada larangan yang diperintahkan langsung Allah Subhanahu wa taala dalam Al Quran yakni menyakiti dan memfitnah orang-orang mukmin tanpa ada kesalahan yang mereka perbuat.
  • Bolehkah Muslimah Memakai Celana Panjang?
    Muslimah
    Kamis, 25 Mei 2023 - 10:19 WIB
    Hukum memakai celana panjang untuk busana seorang muslimah penting diketahui mereka. Karena hal ini berkaitan dengan cara menutup aurat yang berbeda antara kaum laki-laki dan wanita.
  • Larangan Mencela Suatu Penyakit
    Tips
    Rabu, 07 Juli 2021 - 17:35 WIB
    Ketika kita sedang sakit, secara tidak sadar terkadang kita mencela atau mencaci rasa sakit/penyakit itu. Padahal, dibalik rasa sakit itu selalu ada hikmah yang Allah berikan kepada hamba-hambanya.
  • Hukum Memakai Celana untuk Wanita? Begini Pesan Buya Yahya
    Muslimah
    Senin, 08 November 2021 - 11:36 WIB
    Hukum memakai celana untuk wanita perlu diketahui kaum muslimah. Karena hal ini berkaitan dengan cara menutup aurat yang berbeda antara kaum laki-laki dan wanita.
  • Hukum Cadar dan Celana Cingkrang Menurut 4 Mazhab
    Tausiyah
    Kamis, 14 November 2019 - 17:19 WIB
    Cadar dan celana cingkrang sempat ramai diperbincangkan menyusul adanya wacana pelarangan oleh pejabat Kemenag belum lama ini. Bagaimana sebenarnya hukum memakai cadar dan celana cingkrang?
  • Dasar Hukum Larangan Jual Beli di Hari Jumat
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Juli 2022 - 13:42 WIB
    Dalam al-Quran surat Al-Jumuah ayat 9 disebutkan bahwa Allah melarang jual beli di hari Jumat. Hanya saja, ulama menafsirkan bahwa larangan ini ada waktunya.
  • Larangan Berdusta serta Dalilnya dalam Al Quran dan Hadis
    Tausyiah
    Kamis, 04 Januari 2024 - 11:29 WIB
    Berdusta adalah perbuatan yang sangat tercela, ini salah satu sifat yang buruk. Perbuatan dusta juga merupakan sifat dari orang-orang munafik, maka Islam sangat melarang keras perbuatan dusta ini.