Topik Terkait: Dosa Riba

  • 4 Dosa yang Tidak Diampuni oleh Allah
    Tips
    Selasa, 08 Februari 2022 - 21:13 WIB
    Beberapa dosa yang tidak diampuni oleh Allah termasuk kategori dosa sangat besar. Berikut 4 dosa besar yang tidak diampuni Allah Azza wa Jalla.
  • Tadabbur Al-Baqarah Ayat 276: Allah Memusnahkan Riba dan Menyuburkan Sedekah
    Tausyiah
    Minggu, 08 Oktober 2023 - 23:16 WIB
    Tadabbur ayat kali ini menarik untuk diulas karena berkaitan dengan perkara riba dan sedekah. Dua perkara yang mengandung makna berbeda sebagaimana dijelaskan dalam Surat Al-Baqarah.
  • Contoh Dosa Riba di Sekitar Kita yang Jarang Disadari
    Tausyiah
    Sabtu, 19 November 2022 - 08:02 WIB
    Contoh dosa riba di sekitar kita yang jarang disadati umat muslim. Dalam Islam, riba adalah perkara haram yang dosanya sangat besar melebihi 36 kali dosa zina.
  • Awas Riba dalam Tradisi Tukar Uang Baru Menjelang Lebaran
    Tips
    Kamis, 20 April 2023 - 08:05 WIB
    Sudah menjadi tradisi menjelang lebaran Idulfitri umat Islam di Indonesia selalu disibukkan dengan aktivitas tukar uang baru. Bagaimana hukum menukar uang baru dalam Islam?
  • Keutamaan Menjauhi Dosa-dosa Besar
    Muslimah
    Rabu, 29 September 2021 - 07:25 WIB
    Ada keutamaan ketika kita menjauhi dosa-dosa besar. Apa itu dosa-dosa besar dan apa saja keutamaannya? Apalagi dosa-dosa besar ini tanpa kita sadari sering terjadi dalam aktivitas sehari-hari.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Dzikir Penghapus Dosa Sebanyak Buih di Lautan
    Tips
    Senin, 07 Februari 2022 - 19:49 WIB
    Umat Islam perlu mengamalkan dzikir penghapus dosa sebanyak buih di lautan ketimbang menunggu penghapusan dosa dari Allah melalui musibah. berikut lafaznya.
  • Ain, Pandangan Dosa yang Disepelekan Kaum Wanita
    Muslimah
    Rabu, 02 Maret 2022 - 16:13 WIB
    Penyakit ain atau penyakit yang muncul karena pandangan mata, seringkali diremehkan oleh kebanyakan kaum wanita. Padahal, pandangan ain ini, salah satu dosa besar bagi yang melakukannya.
  • Jauhi Aktivitas Ini Karena Mengundang Laknat Allah Taala
    Muslimah
    Selasa, 06 Oktober 2020 - 16:03 WIB
    Allah Taala telah memberikan peringatakan keras terhadap aktivitas tercela bahkan melaknat bagi siapa saja yang melakukannya. Riba dan sua, merupakan kegiatan yang tidak boleh dilakukan oleh manusia terlebih lagi jika pelakunya adalah perempuan
  • Sebab-sebab Pelebur Dosa yang Telah Lalu dan yang Akan Datang
    Tausyiah
    Sabtu, 03 Desember 2022 - 18:10 WIB
    Manusia diciptakan Allah Subhanahu wa Taala dengan berbagai kekurangan dan kecenderungan melakukan salah dan dosa. Tak satupun manusia yang terbebas dari dosa dan kekeliruan.
  • 15 Dosa-Dosa Besar Menurut Al-Quran yang Sebagian Sudah Dianggap Biasa
    Tausyiah
    Kamis, 06 Januari 2022 - 18:44 WIB
    Ada setidaknya 15 dosa besar yang disebut di dalam Al-Quran. Dosa-dosa besar ini sebagian dianggap biasa oleh sementara umat Islam. Apa saja itu?
  • Dahsyatnya Dosa Syirik Kecil Menurut Pandangan Ulama
    Hikmah
    Kamis, 15 Februari 2024 - 13:23 WIB
    Ternyata dosa syirik kecil lebih dahsyat daripada dosa kemaksiatan yang tercakup dalam dosa-dosa besar (al-kabaair). Mengapa demikian?
  • Inilah Dosa yang Lebih Besar Daripada Zina
    Tausyiah
    Jum'at, 23 Oktober 2020 - 08:30 WIB
    Berikut kisah seorang perempuan pezina dari Bani Israel yang mengadu kepada Nabiyullah Musa alaihisslam. Kisah ini mengajarkan banyak hikmah dan pelajaran berharga.
  • 3 Sumber Dosa Wanita dari Kepala, Dua di Antaranya Jadi Tren Fashion
    Muslimah
    Sabtu, 23 Oktober 2021 - 11:49 WIB
    Bagian kepala yang merupakan mahkota kaum wanita, ternyata bisa memikul dosa yang cukup berat bagi pemiliknya. Ironisnya, beberapa hal tentang kepala tersebut, sekarang dianggap biasa oleh kaum Hawa itu sendiri.
  • Ngerinya Dampak Dosa dan Maksiat
    Muslimah
    Rabu, 24 Maret 2021 - 09:36 WIB
    Dosa dan maksiat sangat berbahaya bagi hati, seperti bahayanya racun apabila masuk kedalam tubuh. Seluruh keburukan dan bencana yang menimpa tidak lain dikarenakan dosa dan maksiat.
  • Berkata Kotor dan Keji, Dosa yang Sering Diremehkan
    Muslimah
    Sabtu, 26 September 2020 - 06:01 WIB
    Sebagian orang sangat mudah melontarkan kata-kata kotor, kata-kata yang buruk, dan bisa jadi menyakitkan orang lain yang mendengarnya. Ucapan kotor itu seolah-olah sudah menjadi tabiat dan karakternya, sehingga mudah terucap dan sulit dihilangkan.
  • 5 Keutamaan Ramadhan, Salah Satunya Pelebur Dosa
    Tausyiah
    Kamis, 15 April 2021 - 02:40 WIB
    Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keutamaan, bulan panen pahala, bulan yang merupakan sekolah keimanan bagi kita semua. Bulan Ramadhan memiliki beberapa keistimewaan
  • Pengin Dosa Zina Dihapus? Ini Amalan-amalannya!
    Tips
    Sabtu, 29 Juli 2023 - 14:29 WIB
    Amalan penghapus dosa zina penting diketahui karena setiap manusia tidak akan luput dari dosa. Dalam Islam, zina termasuk dosa besar yang memiliki hukuman yang berat baik di dunia maupun di akhirat.
  • Apakah Kredit Itu Riba? Begini Penjelasan Ustadz Abdul Somad
    Tausyiah
    Selasa, 15 Maret 2022 - 11:04 WIB
    Apakah kredit itu riba? Bagaimana sebenarnya hukum jual beli kredit ini dalam Islam? Dalam kondisi ekonomi saat ini, sistem kredit menjadi pilihan sebagian masyarakat Indonesia
  • Hukum Pinjam Uang di Bank Syariah: Hati-Hati Terjebak Riba
    Tausyiah
    Kamis, 22 Juli 2021 - 16:55 WIB
    Hukum pinjam uang di bank syariah masih menjadi perdebatan di antara para ulama karena ada beberapa sistem dalam bank konvensional yang diterapkan pada bank syariah.
  • Ngerinya Dosa untuk Pelakor dan Pebinor
    Muslimah
    Sabtu, 20 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Dalam Islam, merusak rumah tangga seorang muslim tersebut dinamai dengan takhbib. Perbuatan itu merupakan dosa yang sangat besar., selain ada ancaman khusus, ia juga telah membantu Iblis untuk menyukseskan programnya menyesatkan manusia.