Topik Terkait: Dosa Riba (halaman 2)

  • 3 Dosa yang Paling Dimurkai Allah Taala, Apa Saja?
    Tausyiah
    Kamis, 23 Juli 2020 - 15:23 WIB
    Di antara dosa yang tidak disukai Allah Taala ada tiga perbuatan yang tergolong ke dalam dosa paling besar. Ketiga dosa ini merupakan dosa paling dimurkai Allah Taala.
  • Dosa Jariyah yang Perlu Diketahui Muslimah dan Dalilnya
    Muslimah
    Rabu, 26 Mei 2021 - 17:37 WIB
    Ada hal yang harus direnungi seorang muslimah, yakni tentang dosa jariyah. Dosa yang terus mengalir, meski sudah tidak melakukannya. Bahkan hingga pemiliknya sudah meninggal. Bagaimana bentuk dosa ini?
  • Dosa Anak Kecil yang Belum Baligh, Siapa yang Menanggung?
    Muslimah
    Senin, 15 November 2021 - 08:30 WIB
    Seringkali kita melihat perilaku anak-anak yang belum baligh merugikan orang lain. Perbuatannya bisa dikategorikan dosa, karena menyakiti orang lain. Bagaimana Islam memandang tentang dosa-dosa anak yang belum baligh ini?
  • Ghulul, Dosa Besar yang Diremehkan
    Tausyiah
    Kamis, 15 Oktober 2020 - 08:12 WIB
    Ghulul termasuk perbuatan zalim yang berat bisa menyeret masyarakat pada kerusakan, terutama pelakunya. Pelaku tindak kezaliman ini terancam hukuman yang keras di dunia dan akhirat.
  • Kisah Raja Charles III Bicara soal Keuangan Islam yang Anti-Riba
    Dunia Islam
    Jum'at, 16 Juni 2023 - 04:14 WIB
    Dalam pidato tahun 2013, misalnya, Charles III menunjukkan pengetahuan terperinci tentang keuangan Islam, dan manfaat yang dia yakini dapat dibawa ke pasar keuangan global.
  • Apakah Kredit Itu Riba? Begini Penjelasan Ustadz Abdul Somad
    Tausyiah
    Selasa, 15 Maret 2022 - 11:04 WIB
    Apakah kredit itu riba? Bagaimana sebenarnya hukum jual beli kredit ini dalam Islam? Dalam kondisi ekonomi saat ini, sistem kredit menjadi pilihan sebagian masyarakat Indonesia
  • Kategori Dosa Suami pada Istri yang Dijelaskan dalam Al-Quran dan Hadis
    Muslimah
    Selasa, 04 Januari 2022 - 13:23 WIB
    Dalam kehidupan rumah tangga, tidak jarang para suami melakukan tindakan yang menyimpang dari ketentuan Allah Subhanahu wa taala dan telah melanggar hak-hak isterinya
  • Masyumi Uji Materi Pasal Bunga Bank dalam KUH Perdata, Begini Riba Menurut Al-Quran
    Dunia Islam
    Selasa, 06 Juni 2023 - 12:10 WIB
    Partai Masyumi akan mengajukan uji materi ke MK atas Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Pasal 1765 hingga 1768 yang membolehkan bunga bank. Lalu, bagaimana riba menurut al-Quran?
  • Habib Quraisy Baharun: Dosa Jadi Penyebab Sempitnya Rezeki
    Tausyiah
    Rabu, 10 Maret 2021 - 15:10 WIB
    Hati-hati dengan dosa karena ia dapat menjadi penyebab sempitnya rezeki. Setiap muslim hendaknya tidak memandang remeh perkara dosa.
  • 10 Dosa yang Dianggap Sepele Suami, Nomor 6 Umum Terjadi
    Muslimah
    Senin, 30 Mei 2022 - 11:00 WIB
    Seorang suami perlu mengetahui perbuatan-perbuatan yang oleh Islam dikategorikan sebagai tindakan dosa suami terhadap istri sebagaimana dosa yang tak terampuni.
  • 5 Keutamaan Ramadhan, Salah Satunya Pelebur Dosa
    Tausyiah
    Kamis, 15 April 2021 - 02:40 WIB
    Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keutamaan, bulan panen pahala, bulan yang merupakan sekolah keimanan bagi kita semua. Bulan Ramadhan memiliki beberapa keistimewaan
  • Cara Bertaubat dari Dosa Ghibah, Insya Allah Diampuni
    Tausyiah
    Senin, 12 Juni 2023 - 21:31 WIB
    Cara bertaubat dari perbuatan dan dosa ghibah penting diketahui setiap muslim. Ghibah merupakan perbuatan tercela yang sangat dibenci Allah dan dapat menghapus amalan seseorang.
  • Penyebab Musibah di Dunia, Ternyata karena Perbuatan Dosa
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Januari 2024 - 05:15 WIB
    Islam mengajarkan kita untuk senantiasa berbaik sangka kepada Allah, Zat yang Maha Berkehendak. Terkadang Allah memberi musibah untuk menguji hamba-hamba yang dikehendaki-Nya.
  • Kedudukan Taubat dari Satu Dosa, tapi Rajin Melakukan Dosa yang Lain
    Tausyiah
    Minggu, 05 Juni 2022 - 19:53 WIB
    Apakah taubat dari suatu dosa sah, jika sambil tetap melakukan dosa yang lain? Orang yang telah taubat dari 99 dosa, namun ia tidak bertaubat dari satu dosa, maka bukan kelompok orang yang bertaubat.
  • 7 Dosa Besar yang Membinasakan: Taubat Tidak Menghilangkan Hukuman
    Tausyiah
    Kamis, 19 Mei 2022 - 16:22 WIB
    Tobat tidak menghilangkan kewajiban menerima hukuman. Inilah pendapat yang paling kuat di antara dua pendapat dalam Mazhab Syafii dan ini pula pendapat jumhur ulama.
  • Hati-hati Jebakan Riba dalam Tradisi Tukar Uang Jelang Lebaran
    Tips
    Selasa, 11 Mei 2021 - 09:05 WIB
    Sudah menjadi tradisi menjelang lebaran, kaum muslimin disibukkan dengan menukar uang pecahan baru guna memenuhi kebutuhan Hari Raya. Bagaimana hukumnya?
  • Akibat Sering Meremehkan Dosa, Ini yang Akan terjadi!
    Muslimah
    Minggu, 24 Oktober 2021 - 15:52 WIB
    Setiap muslim hendaknya jangan pernah meremehkan sebuah dosa, meskipun dosa itu kecil sekalipun. Sebab dosa kecil ditambah dosa kecil ditambah dosa kecil lainnya dan seterusnya akan menjadi segunung dosa, bahkan bisa menjadi dosa besar.
  • Berikut Amalan Penghapus Dosa Zina
    Tips
    Rabu, 23 Februari 2022 - 11:54 WIB
    Amalan penghapus dosa zina adalah tobat yang sebenar-benarnya tobat atau taubatan nasuha. Dalam Islam, zina adalah dosa yang sangat besar dan sangat keji.
  • Berbangga dengan Dosa, Kok Bisa?
    Muslimah
    Kamis, 01 Juli 2021 - 16:04 WIB
    Pada dasarnya setiap dosa manusia akan diampuni jika dibarengi dengan taubat. Namun saat ini, ternyata masih ada orang yang berbangga dengan dosa. Kenapa demikian?
  • Ngerinya Dosa untuk Pelakor dan Pebinor
    Muslimah
    Sabtu, 20 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Dalam Islam, merusak rumah tangga seorang muslim tersebut dinamai dengan takhbib. Perbuatan itu merupakan dosa yang sangat besar., selain ada ancaman khusus, ia juga telah membantu Iblis untuk menyukseskan programnya menyesatkan manusia.