Kumpulan Artikel: Tajwid (halaman 4)

  • Tarqiq dan Tafkhim, Pengertian dan Hukum Bacaan dalam Ilmu Tajwid
    Tips
    Senin, 14 Agustus 2023 - 22:01 WIB
    Tarqiq dan Tafkhim penting dipelajari setiap muslim untuk mempermudah dalam melafalkan huruf Hijaiyah. Hukum bacaan Tarqiq dan Tafkhim ini termasuk bagian dari ilmu tajwid.
  • 10 Contoh Hukum Bacaan Mad Layyin Lengkap dengan Surat dan Ayatnya dalam Al-Quran
    Tips
    Rabu, 09 Agustus 2023 - 18:14 WIB
    Mad Layyin atau mad lin merupakan salah satu dari macam-macam hukum bacaan mad. Dalam ilmu tajwid, cara membaca hukum bacaan yang satu ini tidak boleh dipanjangkan.
  • Hukum Bacaan Tajwid Surat Yasin Ayat 40-41 dan Cara Membacanya
    Tips
    Senin, 07 Agustus 2023 - 21:37 WIB
    Kali ini kita akan membahas hukum bacaan tajwid Surat Yasin ayat 40-41. Mempelajari ilmu tajwid hukumnya wajib bagi setiap muslim. Yuk simak pembahasannya berikut ini.
  • Mad Tamkin: Pengertian, Hukum Bacaan dan Contohnya
    Tips
    Sabtu, 05 Agustus 2023 - 21:17 WIB
    Mad Tamkin adalah salah satu cabang ilmu tajwid dari bacaan Mad. Cara membaca Mad Tamkin ini wajib dipahami umat muslim supaya tidak keliru saat tilawah Al-Quran.
  • Mengenal Alif Lam Qomariah: Pengertian, Ciri, dan Contohnya dalam Al-Qur’an
    Tips
    Senin, 31 Juli 2023 - 16:26 WIB
    Alif lam qomariah menjadi salah satu ilmu yang akan dipelajari ketika belajar tajwid. Menjadi bagian dari hukum bacaan alif lam, pemahaman terkait lam qomariah akan sangat penting, mengingat banyaknya contoh yang terdapat di Al Quran.
  • Kumpulan Contoh Bacaan Nun Mati dan Tanwin dalam Al-Qur’an
    Tips
    Sabtu, 29 Juli 2023 - 09:01 WIB
    Bacaan nun mati dan tanwin hampir sering ditemui saat membaca membaca Al-Quran. Hampir di setiap dalam Al-Quran terdapat hukum bacaan nun mati dan tanwin yang bertemu dengan huruf hijaiyah.
  • Bacaan Tashil dalam Al-Quran, Begini Cara Membacanya
    Tips
    Jum'at, 28 Juli 2023 - 21:17 WIB
    Bacaan tashil dalam Al-Quran penting dipelajari kaum muslim umat Islam agar tidak keliru saat tilawah. Tashil merupakan salah satu hukum tajwid yang terdapat dalam ayat-ayat Al-Quran.
  • Contoh Bacaan Idgham Bighunnah dalam Al-Qur’an, Lengkap dengan Cara Membacanya
    Tips
    Sabtu, 22 Juli 2023 - 14:41 WIB
    Contoh bacaan idgham bighunnah dalam Al-Quran penting untuk diketahui umat Islam. Dengan memahaminya bacaan Al-Quran akan semakin benar, baik, dan tartil.
  • Hukum Tajwid Surat Al Maidah Ayat 15
    Tips
    Selasa, 11 Juli 2023 - 18:58 WIB
    Terdapat sejumlah hukum tajwid dalam surat Al Maidah ayat 15 yang penting dipahami seluruh umat Islam agar tidak mengalami salah baca yang dapat menimbulkan salah arti dan makna.
  • Belajar Ilmu Tajwid Mudah dan Lengkap untuk Pemula
    Tips
    Senin, 10 Juli 2023 - 20:55 WIB
    Belajar ilmu Tajwid mudah dan lengkap untuk pemula dapat dipraktikkan langsung. Cukup dengan memahami hukum-hukum Tajwid insya Allah bisa membaca Al-Quran dengan benar.
  • Hukum Bacaan Lam Jalalah Tafkhim dan Tarqiq Beserta Contohnya
    Tips
    Senin, 10 Juli 2023 - 20:44 WIB
    Hukum bacaan lam jalalah, tafkhim, dan tarqiq menjadi informasi penting untuk diketahui. Khususnya, bagi Anda yang sedang mempelajari ilmu tajwid agar bisa membaca Al Quran dengan benar.
  • Macam Tanda Waqaf dalam Al-Quran Serta Cara Membacanya
    Tips
    Jum'at, 07 Juli 2023 - 23:41 WIB
    Macam-macam tanda Waqaf dalam Al-Quran serta cara membacanya wajib diketahui umat muslim. Waqaf berasal dari Bahasa Arab yang artinya berhenti atau menahan.
  • Mad Lazim: Pengertian, Contoh dan Cara Bacanya
    Tips
    Kamis, 06 Juli 2023 - 12:21 WIB
    Mad lazim merupakan salah satu cara cara baca di dalam Al-Quran yang wajib diketahui oleh seluruh umat Islam. Sebab, hukum bacaan yang satu ini kerap di temui dalam ayat-ayat Al-Quran.
  • Mad Layyin: Pengertian, Hukum Bacaan dan Contohnya
    Tips
    Rabu, 05 Juli 2023 - 21:43 WIB
    Mad Layyin merupakan salah satu bagian dari ilmu tajwid yang penting dipahami kaum muslim. Semakin sering mempelajari ilmu Tajwid akan membuat tilawah Al-Quran kita semakin lancar dan baik.
  • Bacaan Ghunnah: Pengertian, Hukum dan Contohnya
    Tips
    Rabu, 05 Juli 2023 - 11:54 WIB
    Pengertian, hukum dan contoh dari bacaan ghunnah akan dibahas dalam artikel ini. Membaca Al-Quran dengan menggunakan ilmu tajwid adalah wajib hukumnya bagi seluruh umat Islam.
  • Kenali 5 Hukum Nun Sukun dan Tanwin Beserta Contohnya
    Tips
    Sabtu, 01 Juli 2023 - 16:31 WIB
    Hukum nun sukun dan tanwin ini perlu dipahami oleh umat muslim supaya dapat membaca Al Quran dengan benar dan tartil dan tidak mengakibatkan salah baca yang berujung salah makna.
  • Idgham Mimi : Pengertian, Cara Baca dan Contohnya
    Tips
    Jum'at, 23 Juni 2023 - 17:34 WIB
    Idgham Mimi adalah salah satu hukum bacaan yang perlu dipahami oleh umat muslim baik dari pengertian maupun cara membacanya. Karena membaca Al Quran dengan benar dan tartil menjadi anjuran bagi setiap Islam.
  • Izhar Halqi: Pengertian, Hukum Bacaan dan Contohnya
    Tips
    Selasa, 20 Juni 2023 - 18:11 WIB
    Pengertian, hukum dan contoh bacaan Izhar Halqi akan dibahas dalam artikel ini. Membaca Al-Quran menggunakan ilmu tajwid hukumnya fardhu ain bagi setiap muslim.
  • Mad Far’i: Pengertian, Hukum Bacaan dan Contohnya
    Tips
    Minggu, 18 Juni 2023 - 15:13 WIB
    Dalam membaca Al-Quran penting untuk mengetahui hukum bacaan mad fari. Sebab dalam membaca Al-Quran tidak boleh sembarangan karena harus benar dan tartil.
  • Hukum Bacaan Idgham Mutamajannisain Beserta Contohnya
    Tips
    Selasa, 13 Juni 2023 - 06:12 WIB
    Hukum bacaan idgham mutajanisain adalah apabila ada huruf sukun atau mati bertemu huruf berharakat dan kedua huruf tersebut memiliki makhroj yang sama namun berbeda sifatnya.