Kumpulan Artikel: Tahun Baru Masehi

  • Bolehkah Seorang Muslimah Membuat Resolusi di Tahun Baru Masehi?
    Muslimah
    Minggu, 31 Desember 2023 - 05:15 WIB
    Pergantian tahun masehi sudah tinggal beberapa saat lagi. Bolehkah seorang muslimah melakukan atau membuat resolusi di tahun baru masehi? Bagaimana hukumnya dalam Islam?
  • Bacaan Doa akhir Tahun 2023 Arab, Latin, dan Artinya
    Tips
    Jum'at, 29 Desember 2023 - 14:08 WIB
    Bacaan doa akhir tahun 2023 Arab, Latin, dan artinya bisa diamalkan pada pergantian tahun Hijriyah maupun tahun Masehi. Dalam kaidah fiqih memang tidak ada doa khusus saat pergantian tahun baru.
  • Bacaan Doa Awal Tahun 2024 Lengkap Arab, Latin, dan Artinya
    Tips
    Jum'at, 29 Desember 2023 - 14:02 WIB
    Berikut ini bacaan doa awal tahun 2024 lengkap Arab, Latin, dan artinya. Bacaan doa ini dapat diamalkan umat Islam sebagai wujud rasa syukur. Dalam kaidah fiqih memang tidak ada doa khusus saat pergantian tahun baru.
  • Hukum Merayakan Tahun Baru Masehi Menurut Gus Baha
    Tausyiah
    Selasa, 19 Desember 2023 - 10:21 WIB
    Bagaimana hukum merayakan tahun baru masehi bagi umat Islam? Sebab pergantian tahun masehi atau malam 1 Januari di kalangan umat Islam memang masih diperdebatkan.
  • Bagaimana Hukum Merayakan Tahun Baru Masehi dalam Islam? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Sabtu, 16 Desember 2023 - 05:15 WIB
    Pergantian tahun sudah diambang pintu, lantas bagaimana hukumnya umat Islam merayakan tahun baru masehi tersebut? Boleh atau tidak, bagaimana dalilnya?
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Hukum Merayakan Tahun Baru Masehi Bagi Umat Muslim
    Tausyiah
    Senin, 26 Desember 2022 - 21:48 WIB
    Hukum merayakan Tahun Baru Masehi bagi umat muslim terdapat khilaf di antara ulama. Pertanyaan ini selalu muncul setiap tahun dan umat Islam harus bijak menyikapinya.