Topik Terkait: Khalifah Al Mutashim Billah

  • Sosok Khalifah yang Dijuluki Serba Delapan, Berikut Kisahnya
    Hikmah
    Minggu, 15 Januari 2023 - 17:25 WIB
    Dari banyak sosok khalifah Islam, ada seorang khalifah yang memiliki julukan aneh. Beliau salah satu khalifah terkenal Dinasti Abbasiyah (750-1258 M) yang dijuluki si Serba Delapan.
  • Mengenal Khalifah Abu Abbas As-Saffah, Pendiri Dinasti Abbasiyah
    Dunia Islam
    Sabtu, 28 Januari 2023 - 23:24 WIB
    Berdirinya Dinasti Abbasiyah sebagai kekhalifahan Islam ketiga tak lepas dari sosok Abdullah bin Muhammad atau dikenal dengan Abu Abbas As-Saffah.
  • Kisah Mubahalah dan Pemberontakan Keturunan Ali bin Abi Thalib di Era Khalifah Harun Al-Rasyid
    Dunia Islam
    Minggu, 12 Juni 2022 - 19:38 WIB
    Hampir saban tahun sejak tahun 175 H, selalu saja ada gejolak keamanan. Pemberontakan terjadi di sejumlah wilayah, mulai dari Mesir di barat, Suriah dan sekitarnya di utara, serta Khurasan di Timur.
  • Kondisi Terbaru Lokasi Abu Bakar Dibaiat Menjadi Khalifah
    Dunia Islam
    Selasa, 30 Mei 2023 - 07:30 WIB
    Di sini terjadi perdebatan sengit antara kaum Anshar dan kaum Muhajirin tentang siapa pengganti Nabi Muhammad SAW. Akhirnya, umat Islam sepakat mengangkat Abu Bakar sebagai khalifah.
  • Berakhirnya Dinasti Utsmani: Kisah Turki Menolak Pemakaman Khalifah Terakhir
    Dunia Islam
    Senin, 04 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Satu abad yang lalu, negara Turki yang masih baru mengirim khalifah terakhir, Abdulmecid II, ke pengasingan dan memasukkan institusi Islam ke dalam sejarah.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Kisah Khalifah Al-Hadi: Menjabat karena Dukungan Harun Al-Rasyid
    Dunia Islam
    Senin, 23 Mei 2022 - 16:12 WIB
    Harun meminta baiat dari semua orang untuk Al-Hadi dan juga dirinya sebagai putra mahkota. Setelah itu Harun memegang kendali pemerintahan sambil menunggu kakaknya kembali ke Baghdad.
  • Maaf dan Marah Khalifah Abu Bakar kepada Kaum yang Murtad
    Hikmah
    Selasa, 04 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Politik Abu Bakar memberi maaf itu bukan berarti suatu kelonggaran atau ragu dari pihaknya, tetapi dimaksudkan meredam segala gejolak. Tujuannya untuk kebaikan Islam dan Muslimin.
  • Kezuhudan Istri Khalifah
    Muslimah
    Minggu, 08 November 2020 - 15:18 WIB
    Dia adalah putri seorang khalifah, memiliki saudara para khalifah, dan dipersunting oleh seorang laki-laki saleh yang juga menjadi khalifah. Anugerah terindah dan juga impian mayoritas kaum perempuan.
  • Lelaki Zuhud Ini Tolak Pinangan Khalifah Abdul Malik bin Marwan
    Hikmah
    Senin, 17 Agustus 2020 - 13:45 WIB
    Benarkah ia tidak mau menikahkan putrinya dengan al-Walid bin Abdul Malik? Apakah dia mendapatkan pasangan untuk putrinya yang lebih layak dari calon pengganti Amirul mukminin dan khalifah?
  • Kisah Al-Mustashim Billah, Khalifah yang Syahid Diinjak-injak Kuda Pasukan Mongol
    Dunia Islam
    Senin, 22 November 2021 - 05:15 WIB
    Hulagu Khan mengeluarkan perintah mengeksekusi khalifah dengan cara menggulungnya dengan karpet tebal, lkemudian secara bersama-sama diinjak oleh barisan pasukan kuda Hulagu sampai syahid.
  • Kisah Raja Romawi Nicephorus I Bersimpuh di Hadapan Khalifah Harun Al-Rasyid
    Dunia Islam
    Sabtu, 02 Juli 2022 - 09:28 WIB
    Dalam kondisi malu dan kalah, Nicephorus I bersimpuh di hadapan Khalifah Harun Al-Rasyid dan mohon ampunan berkali-kali. Permohonan ini akhirnya dikabulkan oleh Khalifah Harun Al-Rasyid.
  • Tahun Abu: Ini Penyebab Paceklik dan Kelaparan di Era Khalifah Umar bin Khattab
    Hikmah
    Minggu, 17 Desember 2023 - 08:19 WIB
    Kelaparan sempat terjadi di masa Khalifah Umar bin Khattab. Penyebab terjadinya paceklik karena di seluruh Semenanjung itu samasekali tidak turun hujan selama sembilan bulan.
  • Kisah Khalifah Harun Al-Rasyid Membagi Dunia kepada 3 Putranya di Kaki Kakbah
    Dunia Islam
    Kamis, 23 Juni 2022 - 09:31 WIB
    Harun Al-Rasyid membuat sebuah piagam perjanjian yang mengikat kesepakatan di antara anak-anaknya. Kemudian menggantung piagam tersebut di dinding Kakbah.
  • Kebijakan 2 Khalifah Dinasti Umayyah yang Tetap Berpengaruh hingga Kini
    Hikmah
    Minggu, 05 Februari 2023 - 14:22 WIB
    Ada dua khalifah di era Bani Umayyah yang dicatat sejarah paling legendaris, selain Muawiyah. Jasa mereka dikenang dan masih membekas sampai kini. Mereka adalah Abd al-Malik dan Umar bin Abdul Aziz.
  • Kisah Khalifah Abu al-Abbas: Orang yang Gemar Menumpahkan Darah
    Dunia Islam
    Rabu, 30 Maret 2022 - 16:00 WIB
    Abu al-Abbas adalah khalifah pertama Dinasti Abbasiyah. Ia berjuluk As-Saffah yang bermakna orang yang menumpahkan darah. Uniknya, dia terkenal dermawan.
  • Krisis Politik: Para Sahabat Nabi Kirim Putra Mereka untuk Lindungi Khalifah Utsman
    Hikmah
    Selasa, 12 Januari 2021 - 09:01 WIB
    Tindakan pencegahan yang dilakukan oleh Ali bin Abi Thalib diikuti oleh para sahabat Nabi Muhammad yang lain. Thalhah dan Zubair juga memerintahkan putranya melindungi Khalifah Utsman.
  • Ini Penyebab Retaknya Hubungan Khalifah Ali bin Abi Thalib dan Siti Aisyah
    Hikmah
    Minggu, 24 Januari 2021 - 14:09 WIB
    Gara-gara Haditsul Ifk itulah, Sitti Aisyah r.a. sangat kecewa mendengar Ali bin Abi Thalib r.a. dibaiat sebagai Khalifah oleh penduduk Madinah.
  • Ketegangan Saat Sahabat Nabi Menolak Jadi Khalifah, Gantikan Utsman bin Affan
    Hikmah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 14:02 WIB
    Kaum pemberontak menyadari, tanpa kerjasama dan bantuan aktif kaum Muhajirin dan Anshar, mereka tidak akan berhasil menentukan pengganti Khalifah Utsman r.a.
  • Baghdad Berubah Jadi Metropolitan Terbesar di Dunia pada Era Khalifah Harun Al-Rasyid
    Dunia Islam
    Rabu, 08 Juni 2022 - 16:26 WIB
    Pada masa pemerintahan Khalifah Harun Al-Rasyid, Baghdad berubah menjadi metropolitan paling besar di dunia. Kemegahannya bahkan mengalahkan Bizantium Romawi.
  • Membaca Surat Al Kafirun Sebelum Tidur Bisa Membebaskan dari Kemusyrikan
    Tips
    Sabtu, 07 Januari 2023 - 17:55 WIB
    Surat Al Kafirun memiliki banyak keutamaan, di antaranya memperkuat keimanan, ditakuti iblis, dan terbebas dari kemusyrikan.