Topik Terkait: Seni Islami

  • Parenting Islami : Menanamkan Kejujuran Pada Anak
    Muslimah
    Selasa, 12 Oktober 2021 - 16:15 WIB
    Sikap jujur sangat penting, karena merupakan fondasi utama semua karakter baik. Jujur adalah kunci kebahagiaan, karenanya jika ingin anak-anak kita berbahagia di kehidupannya, maka menanamkan sikap jujur adalah kuncinya.
  • Wawasan Al-Qur’an: Haruskah Seni Suara Islami Itu Mesti Berbahasa Arab?
    Tausyiah
    Minggu, 26 Juli 2020 - 05:00 WIB
    Islam, melalui sumber utamanya Al-Quran, bahkan melukiskan dengan sangat indah, kelemahan-kelemahan manusia gejolak nafsu berahi pun ditampilkannya.
  • Wawasan Al-Quran: Ini Ayat-Ayat yang Jadi Dalil Larangan Seni Suara
    Tausyiah
    Sabtu, 25 Juli 2020 - 05:00 WIB
    Al-Quran sendiri memperhatikan nada dan langgam ketika memilih kata-kata yang digunakannya setelah terlebih dahulu memperhatikan kaitan antara kandungan kata dan pesan yang ingin disampaikannya.
  • Benarkah Taaruf adalah Pacaran Islami? Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Kamis, 13 Oktober 2022 - 11:03 WIB
    Dalam mencari jodoh seringkali seorang muslim dianjurkan untuk melakukan taaruf, karena dalam Islam tidak diperbolehkan adanya hubungan pacaran. Maka taaruf, seringkali disebut-sebut sebagai jenis pacaran Islami. Benarkah?
  • Parenting Islami : Mengajarkan Sikap Optimisme pada Anak Sejak Dini
    Muslimah
    Rabu, 07 Desember 2022 - 15:00 WIB
    Mengajarkan sikap optimisme kepada anak-anak sejak dini, penting dilakukan. Dalam Islam, optimisme tersebut dibangun berdasarkan raja? (sikap berharap), raghbah (semangat meraih cita-cita), dan tawakkal kepada Allah Azza wa Jalla.
  • Allah Taala Maha Indah: Lalu, Bagaimana Seni Menurut Al-Quran?
    Tausyiah
    Kamis, 23 Juli 2020 - 05:01 WIB
    Mengapa warna kesenian Islami tidak tampak dengan jelas pada masa Nabi dan para sahabatnya. Bahkan mengapa terasa adanya semacam pembatasan yang menghambat perkembangan kesenian?
  • Apakah Taaruf Model Pacaran Islami? Baca Penjelasannya
    Muslimah
    Rabu, 02 Agustus 2023 - 17:29 WIB
    Dalam mencari jodoh seringkali seorang muslim dianjurkan untuk melakukan taaruf, dan taaruf seringkali disamakan dengan gaya atau model pacaran Islami. Benarkah demikian?
  • 7 Ciri-ciri Rumah Tangga Islami
    Tausiyah
    Jum'at, 24 Januari 2020 - 17:47 WIB
    Dalam Kitab Uqudulujain karya Syeikh Nawawi Al-Bantani, ulama besar asal Banten yang berdakwah di Makkah menjelaskan 7 ciri-ciri rumah tangga islami.
  • Wawasan Al-Quran tentang Seni Lukis, Pahat, dan Patung
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Juli 2020 - 07:24 WIB
    Patung-patung tersebut, karena tidak disembah atau diduga akan disembah, maka keterampilan membuatnya serta memilikannya dinilai sebagai bagian dari anugerah Ilahi.
  • Masyarakat Religius yang Islami Menurut Al-Quran
    Tausyiah
    Minggu, 09 Juli 2023 - 17:54 WIB
    Quraish Shihab mengatakan semakin kokoh hubungan manusia dengan alam raya dan semakin dalam pengenalannya terhadapnya, akan semakin banyak yang dapat diperolehnya melalui alam itu.
  • Permainan dan Seni, Syaikh Al-Qardhawi: Banyak yang Terjerumus Berlebihan
    Tausyiah
    Jum'at, 14 Juli 2023 - 15:15 WIB
    Kebanyakan manusia terjerumus pada permasalahan antara berlebihan dan mempermudah, mengingat karena masalah permainan dan seni lebih berkaitan dengan perasaan hati nurani daripada akal dan pemikiran.
  • Khutbah Jumat: Membangun Keluarga yang Islami, Menggapai Ridha Ilahi
    Tausyiah
    Kamis, 23 September 2021 - 20:46 WIB
    Berikut adalah materi khutbah Jumat yang mengingatkan kepada kaum muslimin agar senantiasa berupaya membangun keluarga yang islami untuk menggapai ridha ilahi.
  • Kompetisi Film Pendek Islami, Kemenag Siapkan Hadiah Total Rp1 Miliar
    Dunia Islam
    Jum'at, 13 Mei 2022 - 16:09 WIB
    Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kementerian Agama kembali mengajak para pekerja film dan masyarakat umum untuk mengikuti Kompetisi Film Pendek Islami (KFPI) tahun 2022.
  • Nama Islami dan Fenomena Corona
    Hikmah
    Senin, 06 April 2020 - 20:11 WIB
    Belakangan ini beredar foto bayi yang baru lahir pada&nbsp 28 Maret 2020 di media sosial atau medsos. Nama itu lucu: Vairus Abdul Corona. Bagaimana Islam mengatur pemberian nama?
  • 4 Golongan Manusia yang Dirindukan Surga
    Hikmah
    Rabu, 10 Juni 2020 - 16:11 WIB
    Mendengar kata surga (Al-Jannah) tentu yang terbayang di benak kita adalah tempat yang penuh kenikmatan dan kebahagiaan. Tidak ada sedih, duka, kesusahan, ketakutan apalagi permusuhan.
  • Arab Saudi akan Gelar Fertival Seni Tradisonal
    Dunia Islam
    Rabu, 16 Agustus 2023 - 14:07 WIB
    Kementerian Kebudayaan Arab Saudi akan menggelar Festival Seni Pertunjukan Tradisional bertajuk Tharaa di Baha dari 28-30 September. Arab News melaporkan Selasa 15 Agustus 2023.
  • Video Santri Tutup Telinga, Quraish Shihab: Islam Bertemu Seni dalam Jiwa Manusia
    Tausyiah
    Rabu, 15 September 2021 - 19:56 WIB
    Viralnya video yang memperlihatkan santri menutup telinga mereka saat divaksin mengapungkan kembali perdebatan mengenai halal dan haramnya seni musik dan seni suara. Begini pendapat Quraish Shihab.
  • Parenting Islami : Mengajarkan Anak Bermain Sesuai Fitrahnya
    Muslimah
    Sabtu, 25 Maret 2023 - 10:48 WIB
    Salah satu ikhtiar dalam mendidik anak adalah memenuhi kebutuhan dasarnya, yakni bermain. Namun, hal tersebut belum sepenuhnya dipahami oleh para orang tua zaman sekarang.
  • Pertahankan Warisan Seni Dakwah lewat Musik Karawitan
    Santri
    Selasa, 12 Mei 2020 - 11:13 WIB
    Musik karawitan sebagai kebudayaan masyarakat kini masih dijaga sekelompok anak muda yang menimba ilmu di pondok pesantren (ponpes). Salah satunya santri di Ponpes Al Ikhlas Mulyorejo Panceng Gresik.
  • 5 Hal yang Perlu Diajarkan Kepada Anak
    Muslimah
    Jum'at, 24 September 2021 - 18:09 WIB
    Kewajiban paling utama dalam mendidik anak adalah mengenalkan Allah Taala kepada mereka. Ini agar si anak mencintai Allah Taala, tuhan semesta alam.