Kumpulan Artikel: Tokoh Sufi (halaman 2)

  • Kisah Sultan Mesir yang Ingkar Mikraj Nabi SAW ke Sidratul Muntaha
    Hikmah
    Selasa, 14 Februari 2023 - 14:27 WIB
    Seorang Sultan Mesir menganggap mikraj Nabi Muhammad SAW ke sidratul muntaha yang hanya semalam tidak masuk di akal. Sejumlah ulama mencoba menjelaskan namun dia tak puas.
  • Kisah Mojud Bertemu Nabi Khidir, Dunia Tak Kasat Mata
    Hikmah
    Senin, 13 Februari 2023 - 16:20 WIB
    Kisah ini penting dalam menjelaskan kepercayaan Sufi bahwa dunia tak kasat mata selalu menembus kenyataan sehari-hari, pada setiap saat, di berbagai tempat.
  • Kisah Sufi, Ketika Kebenaran Mencoba Mewujudkan Dirinya Sendiri
    Hikmah
    Jum'at, 10 Februari 2023 - 16:27 WIB
    Kisah ini menggambarkan, di samping hal lainnya, tema kesukaan Sufi bahwa kebenaran mencoba mewujudkan dirinya sendiri bagi manusia. Dan bahwa kebenaran itu muncul lagi dan lagi
  • Beberapa Orang Sufi Menyaksikan Neraka saat Kerasukan
    Tausyiah
    Jum'at, 10 Februari 2023 - 09:12 WIB
    Beberapa orang sufi telah dapat menampak dunia dan neraka yang tak kasat mata, diungkapkan kepada mereka pada saat-saat mereka berada dalam keadaan kerasukan (trance) seperti mati.
  • Kisah Sufi: Mereka yang Tidak Tahu tetapi Bersikap Seolah-olah Tahu
    Hikmah
    Kamis, 09 Februari 2023 - 16:17 WIB
    Mereka yang telah mengembangkan nilai-nilai batiniah tertentu niscaya memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap masyarakat daripada mereka yang berusaha mengamalkan prinsip-prinsip moral secara kering.
  • Kisah Sufi Shaikh-Pir Shattari: Dua Arti Toko Lampu
    Hikmah
    Rabu, 08 Februari 2023 - 13:34 WIB
    Ia dipercaya mampu melakukan hubungan telepati dengan para guru masa lampau, masa kini, dan masa depan, dan memberi mereka cara-cara untuk menerangkan pesan mereka.
  • Kisah Sufi yang Tidak Boleh Dipublikasikan Selama 1000 tahun
    Hikmah
    Selasa, 07 Februari 2023 - 18:00 WIB
    Kisah ini memperkenalkan legenda lisan para darwis yang secara tradisional disusun oleh Al-Mutanabbi. Kisah-kisah ini, wasiatnya, tidak boleh dituliskan selama seribu tahun.
  • Kisah Sufi: Bayazid dan Orang yang Mementingkan Diri Sendiri
    Hikmah
    Senin, 06 Februari 2023 - 17:39 WIB
    Betapa pun tulus berusaha mencari kebenaran itu tampaknya bagi dirinya sendiri mungkin bagi orang lain juga pada kenyataannya didasari oleh kesombongan atau mementingkan diri sendiri.
  • Kisah Sufi Malik Dinar Mencari Guru Tersembunyi
    Hikmah
    Minggu, 05 Februari 2023 - 14:32 WIB
    Dalam kisah ini, Raja yang Menang adalah perwujudan fungsi akal yang lebih tinggi, yang disebut Rumi Roh Manusia, yang harus manusia kembangkan sebelum ia bisa berfungsi dalam keadaan tercerahkan.
  • Kisah Sufi untuk Menyeimbangkan Pikiran Agar Terhindar dari Muslihat
    Hikmah
    Sabtu, 04 Februari 2023 - 14:55 WIB
    Kisah ini digunakan untuk memperkenalkan teknik psikologis yang dirancang untuk menyeimbangkan pikiran, membuatnya terbuka dan terhindar dari muslihat-muslihat penipuan diri sendiri
  • Ajaran Nizamudin Awlia: Tuan Rumah dan Tamu
    Hikmah
    Rabu, 01 Februari 2023 - 10:33 WIB
    Kisah ini tidak muncul dalam kumpulan karya klasik mana pun, tetapi mungkin ditemukan dalam koleksi catatan yang dimiliki para darwis mereka pun menceritakannya dari waktu ke waktu.
  • Kisah Sufi Tarekat Khwajagan: Bendungan, 5 Orang Bersaudara dan Tuan Tanah Lalim
    Hikmah
    Senin, 30 Januari 2023 - 19:24 WIB
    Cerita ini menggambarkan asal-usul pelik dari ajaran-ajaran Sufi, yang datang dari suatu tempat, tetapi tampaknya datang dari tempat lain, sebab pikiran manusia tak dapat merasakan Sumber yang sejati.
  • Kisah Sufi Dzun-Nun: Pukullah pada Tanda Ini untuk Harta Karun
    Hikmah
    Rabu, 25 Januari 2023 - 20:11 WIB
    Kisah yang bisa dibilang serupa dengan apa yang telah dituturkan oleh Paus Sylvester II, yang membawa pengetahuan dari Negeri Arab. Termasuk matematika, dari Sevilla, Spanyol, pada abad kesepuluh
  • Bentuk-Bentuk Kegiatan Sufi Menurut Idries Shah
    Hikmah
    Sabtu, 14 Januari 2023 - 21:47 WIB
    Seorang anak tidak memiliki ilmu pengetahuan yang nyata mengenai hasil-hasil yang dicapai oleh orang dewasa. Seorang dewasa biasa (awam) tidak dapat memahami hasil-hasil yang dicapai seorang terpelajar.
  • Ajaran Sayed Imam Ali Shah tentang Waktu, Tempat, dan Orang
    Hikmah
    Kamis, 12 Januari 2023 - 09:01 WIB
    Benturan antara para Sufi dan pelajar biasanya tampak jelas dalam teori bahwa pemikiran-pemikiran Sufi hanya bisa dipelajari dalam kesesuaian dengan prinsip-prinsip tertentu termasuk di antaranya waktu, tempat, dan orang.
  • Kisah Sufi: Orang yang Murah Hati dan Sulitnya Memahami Anugerah
    Hikmah
    Selasa, 10 Januari 2023 - 14:51 WIB
    Walaupun anugerah bisa direnggut oleh orang cerdik, kemampuan yang diambil secara benar dari seorang guru seperti Si Pemurah dari Bokhara itu memiliki kekuatan yang melampaui apa yang kasat mata.
  • Kisah Sufi: Timur Agha dan Bahasa Binatang
    Hikmah
    Minggu, 08 Januari 2023 - 09:59 WIB
    Idries Shah mengatakan kisah ini dikaitkan (dalam bentuk awalnya) dengan Abu Ishak Chishti, pemimpin tarekat Darwis Menyanyi (Singing Dervishes) pada abad kesepuluh.
  • Kisah Sufi: Perumpamaan tentang Anak-anak Serakah
    Hikmah
    Rabu, 04 Januari 2023 - 18:39 WIB
    Kisah ini diterbitkan oleh seorang Fransiskan, Roger Bacon, yang suka mengutip filsafat Sufi dan mengajar di Oxford, dan oleh karena itu ia kemudian dipecat atas perintah Paus.
  • Kisah Sufi: Legenda Harta Ajaib 4 Darwis
    Hikmah
    Selasa, 03 Januari 2023 - 15:21 WIB
    Legenda ini menyerupai banyak cerita dari Timur tentang benda-benda ajaib, yang sering dijumpai dalam cerita-cerita rakyat. Beberapa kalangan menganggap kisah ini merujuk Yesus tidak mati di Salib
  • Kisah Sufi: 50 Keping Emas dari Saudagar Penghina Darwis Kristen untuk Jalaluddin Rumi
    Hikmah
    Senin, 02 Januari 2023 - 17:31 WIB
    Rumi memiliki kedekatan tertentu dengan para pemikir dan mistikus Barat. Versi ini diterjemahkan dari Munaqib Al-Arifin karya Aflaki, yang memuat tentang kehidupan para darwis Mevlevi awal, yang selesai ditulis pada 1353.