Kumpulan Artikel: Burung Merak

  • Kisah Sufi Mencari Makna Merak dan Ular
    Hikmah
    Sabtu, 13 November 2021 - 15:19 WIB
    Kisah ini, yang melegenda, menunjukkan bagaimana guru-guru darwis membentuk aliran-aliran-nya berdasarkan berbagai lambang, yang dipilih sebagai contoh dalam ajaran-ajarannya.
  • Renungan: Mengupas Keburukan, Belajar dari Kisah Kaki Merak
    Hikmah
    Selasa, 13 April 2021 - 15:25 WIB
    Manusia harus menyadari bahwa dia benar-benar indah. Jika ia dapat menghilangkan kegelapan pikiran, ia tidak akan lagi depresi. Semuanya dalam dirinya akan menjadi indah, jelas, dan bahagia.
  • Si Burung Merak Dzakhwan bin Kaisan, Tak Pikun di Usia Lebih 100 Tahun
    Hikmah
    Jum'at, 11 September 2020 - 16:40 WIB
    Malam 10 Dzulhijah 106 H, wafatlah seorang syaikh lanjut usia itu ketika tengah menunaikan haji, dari Arafah menuju Muzdalifah, pada perjalanannya yang keempat puluh kalinya.
  • Kisah Dzakhwan bin Kaisan Lepas dari Jebakan Rezim
    Hikmah
    Selasa, 08 September 2020 - 11:07 WIB
    Kedua pengawal Muhammad bin Yusuf ats-Tsaqafi memeriksa tempat yang dimaksud dan ternyata mereka mendapatkan pundi-pundi berisi uang itu masih utuh seperti semula.
  • Dzakhwan bin Kaisan: Si Burung Merak yang Tak Terbeli
    Hikmah
    Senin, 07 September 2020 - 14:16 WIB
    Fakta menjadi bukti baginya bahwa kebaikan secara total dapat terwujud bila dimulai dari penguasa. Bila baik pemimpinnya, akan baik pula umatnya. Bila rusak pemimpinnya, rusak pula rakyatnya.
  • Merak Kencana serta Kisah Guru dan Murid
    Hikmah
    Rabu, 12 Agustus 2020 - 06:02 WIB
    Bagi seorang pencinta, seratus ribu kehidupan pun tiada artinya tanpa yang dikasihinya. Ia yang hidup untuk sesuatu yang lain dari Dia, biar Adam sendirilah itu, telah terusir.