Kumpulan Artikel: Anak (halaman 5)

  • Membangun Sikap Optimisme dan Keimanan Anak
    Muslimah
    Kamis, 20 Juli 2023 - 15:05 WIB
    Dalam Islam, sikap optimisme anak harus dibangun berdasarkan raja? (sikap berharap), raghbah (semangat meraih cita-cita), dan tawakal kepada Allah Azza wa Jalla.
  • Surat-surat Al-Quran untuk Ibu Hamil, Bisa Diamalkan sebagai Zikir
    Muslimah
    Minggu, 16 Juli 2023 - 15:41 WIB
    Al-Quran menjelaskan tentang kondisi wanita yang hamil dalam beberapa ayat di dalamnya. B ahkan Al-Quran menceritakan detik-detik kelahiran seorang anak yang dikandung ibunya ketika usia kehamilan sudah waktunya melahirkan
  • 4 Doa Para Nabi untuk Anak-anaknya yang Tercantum dalam Al-Quran
    Tips
    Selasa, 11 Juli 2023 - 21:32 WIB
    Doa orang tua untuk anak bukti curahan hati orang tua kepada anak untuk terus berbuat tanpa henti meluruskan jalan si anak agar semakin baik terhadap lingkungan dan taat kepada Allah Subhanahu Wa Taala.
  • Kisah Nabi Zakaria dan Doanya yang Dikabulkan Allah
    Hikmah
    Rabu, 05 Juli 2023 - 23:21 WIB
    Nabi Zakaria alaihissalam adalah salah satu Rasul yang diuji dengan sulitnya mendapatkan keturunan (anak). Berkat kesabarannya, Allah memperkenankan doanya.
  • Masjidilharam Buka Tempat Penitipan Anak untuk Buah Hati Jemaah Haji
    Dunia Islam
    Minggu, 02 Juli 2023 - 19:09 WIB
    Ini adalah pusat penitipan anak pertama di masjid yang menawarkan layanan 24 jam bagi jemaah untuk membantu mereka melakukan ibadah dengan nyaman dan tenang. Hanya tiga jam pertama yang gratis.
  • Melihat Kematangan Berpikir Anak dalam Islam, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Kamis, 29 Juni 2023 - 19:12 WIB
    Salah satu yang perlu dikawal dan diperhatikan oleh para orang tua terhadap anak-anak mereka adalah kematangan berpikirnya. Apa sebenarnya yang dimaksud kematangan berpikir dalam perspektif IsqWQgfdq lam?
  • Bagaimana Pola Asuh dan Cara Menyapih Anak dalam Islam?
    Muslimah
    Senin, 26 Juni 2023 - 14:30 WIB
    Dalam Islam dibolehkan untuk menyusui anak hingga berumur lebih dari dua tahun, sebagaimana dibolehkan untuk menyapihnya kurang dari dua tahun, dengan dua syarat, y tidak membahayakan kesehatan anak maupun ibu, serta disepakati kedua orang tuanya.
  • Harta Umat Itu Mirip dengan Harta Anak Yatim, Begini Penjelasan Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Senin, 26 Juni 2023 - 05:15 WIB
    Harta umat ini mirip-mirip dengan harta anak yatim, sedangkan daulah (pemerintah) yang bertugas untuk memeliharanya dan lembaga-lembaganya itu seperti wali anak yatim.
  • Doa yang Dicontohkan Nabi Muhammad SAW untuk Buah Hati yang Rewel
    Tips
    Kamis, 22 Juni 2023 - 10:58 WIB
    Jika buah hati rewel maka ikutilah petunjuk Rasulullah SAW saat menghadapi masalah ini. Dalam kitab Maslakul Akhyar yang ditulis oleh Imam Sayyid Ustman bin Yahya disebutkan hal tersebut.
  • Syarat-syarat Syari untuk Wanita yang Boleh Mengasuh Anak
    Muslimah
    Selasa, 20 Juni 2023 - 10:25 WIB
    Dalam Islam, seorang wanita yang akan mengasuh anak, ternyata ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Jika salah satu syarat ini tidak terpenuhi maka gugurlah haknya dalam mengasuh sang anak.
  • Mendidik Remaja Mencontoh Generasi Salafus Shalih, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Sabtu, 17 Juni 2023 - 07:54 WIB
    Generasi salaf adalah generasi terbaik dari umat Islam. Secara istilah, yang dimaksud salaf adalah tiga generasi awal umat Islam yang merupakan generasi terbaik, yaitu para sahabat Nabi, para tabiin, dan tabiut tabiin
  • Mencium Anak Setiap Hari, Sunah Rasulullah SAW yang Sering Terlewatkan
    Muslimah
    Selasa, 13 Juni 2023 - 18:56 WIB
    Mencium anak-anak merupakan bentuk kasih sayang orang tua kepada buah hati mereka. Bahkan Syariat menganjurkan, ciumlah anak setiap hari dan izinkan mereka mencium kepala bapak dan kepala ibunya setiap hari pula.
  • Hadis-hadis Ringan yang Perlu Dikenalkan pada Anak Sejak Dini
    Muslimah
    Senin, 12 Juni 2023 - 21:42 WIB
    Mengenalkan hadis-hadis Nabi Shallallahu alaihi wa sallan yang berisi nasihat-nasihat sangat perlu dilakukan orang tua kepada anak-anaknya, yang dimulai dengan hadis hadis ringan
  • Doa untuk Anak agar Kaya dan Hidupnya Berkah
    Tips
    Senin, 12 Juni 2023 - 09:21 WIB
    Setiap orang tua pasti menginginkan hal terbaik untuk anak-anaknya. Salah satunya, orang tua berharap anak-anaknya bisa hidup berkah dan kaya.
  • Mengajarkan Kejujuran Sejak Dini, Fondasi Utama Karakter Anak
    Muslimah
    Jum'at, 09 Juni 2023 - 19:49 WIB
    Dalam Islam, sikap jujur sangat penting karena merupakan fondasi utama semua karakter baik. Jujur adalah kunci kebahagiaan, karenanya jika ingin anak-anak kita berbahagia di kehidupannya, maka menanamkan sikap jujur adalah kuncinya.
  • 5 Doa untuk Keluarga Tercinta, Yuk Amalkan
    Tips
    Kamis, 08 Juni 2023 - 10:47 WIB
    Doa untuk keluarga tercinta baik itu suami, istri dan anak perlu diamalkan setiap hari. Terutama diamalkan oleh para istri agar keluarganya mendapat curahan rahmat dari Allah.
  • Pentingnya Berlaku Adil pada Anak agar Tidak Muncul Penyakit Hasad
    Muslimah
    Selasa, 06 Juni 2023 - 17:15 WIB
    Setiap orang tua dituntut untuk berlaku adil terhadap semua anak-anak mereka. Karena perlakuan tidak adil yang dirasakan oleh anak akan membekas dalam jiwa.
  • Bolehkah Anak Kecil Melaksanakan Ibadah Haji? Ini Penjelasannya
    Tausyiah
    Minggu, 04 Juni 2023 - 04:30 WIB
    Haji merupakan salah satu rukun Islam yang cara pelaksanaannya berbeda dengan empat rukun Islam lainnya. Ibadah yang satu ini hanya bisa dilaksanakan di Tanah Suci Makkah.
  • Doa-doa Para Nabi untuk Anak-anaknya yang Bisa Diamalkan Orang Tua
    Tips
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 11:26 WIB
    Para orang tua yang beriman akan terus menerus dan mengulang-ulang untuk senantiasa mendoakan kebaikan untuk anak-anaknya. Ada doa para nabi yang bisa diamalkan para orang tua untuk anak-anaknya ini.
  • Perintah Berbhakti kepada Orang Tua Sepanjang Hayat yang Tercantum dalam Al Quran
    Tausyiah
    Kamis, 01 Juni 2023 - 13:00 WIB
    Ada satu amalan yang Allah Subhanahu wa taala dijadikan kunci yang bisa membuat bahagia dunia dan akhirat, yakni amalan Birrul Walidain atau berbakti kepada kedua orang tua.