Topik Terkait: Ujian Harta

  • Mengapa Manusia Diberi Ujian Hidup? Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Kamis, 20 Juli 2023 - 13:29 WIB
    Setiap manusia akan diberi ujian masing-masing dalam menjalani kehidupan dunia sesuai ketetapan Allah Subhanahu wa taala. Ujian manusia ini diberikan lantaran kasih sayang Allah amat besar untuk mengetahui siapa yang imannya benar dan tidak.
  • Tafsir Surat Al-Anbiya Ayat 35 Tentang Ujian
    Tips
    Sabtu, 15 Oktober 2022 - 13:17 WIB
    Dalam Surat Al-Anbiya ayat 35 Allah Subhanahu wa Taala menegaskan tentang ujian. Dan apa yang sudah ditetapkan Allah Subhanahu wa Taala kepada hamba-Nya pasti terjadi.
  • Meremehkan Masalah Kehalalan Harta
    Muslimah
    Senin, 08 Februari 2021 - 06:23 WIB
    Adakalanya seorang muslim yang rajin beribadah, namun dia memandang remeh dan kurang peduli dengan masalah harta haram. Bisa jadi amal ibadahnya tertolak, doanya tidak diijabah, dan usahanya tidak diberkahi.
  • 3 Manfaat Harta Dunia untuk Memborong Pahala Akhirat
    Tips
    Jum'at, 14 Januari 2022 - 12:15 WIB
    Sejatinya, harta memiliki banyak manfaat dari aspek dunia atau pun aspek agama. Manfaat dari sisi dunia misalnya, dengan harta manusia bisa makan makanan yang diinginkannya, bisa memiliki kendaraan, rumah dan kenikmatan duniawi lainnya
  • Sikap-sikap  Manusia yang Membuat Harta Menjadi Tercela
    Muslimah
    Senin, 26 Oktober 2020 - 07:03 WIB
    Harta itu tidak tercela karena harta itu sendiri. Celaan itu tidak tertuju kepada harta namun tertuju kepada sikap manusia terhadap harta. Dan ternyata ada lima sikap manusia yang membuat harta menjadi tercela. Apa saja?
  • 5 Bentuk Ujian Manusia di Dunia, Salah Satunya Kesusahan yang Harus Disabari
    Hikmah
    Kamis, 10 Agustus 2023 - 18:23 WIB
    Ujian manusia di dunia diberikan lantaran kasih sayang Allah amat besar untuk mengetahui siapa yang imannya benar sehingga layak baginya surga dan siapa yang imannya dusta sehingga layak baginya neraka.
  • Ciri Ujian Disayang Allah, Inilah Tanda-tandanya
    Muslimah
    Selasa, 16 Februari 2021 - 19:13 WIB
    Allah Subhanahu wa taala memberikan ujian kepada manusia untuk melihat seberapa besar kemampuan manusia dalam menjalani dan melewati permalahan hidup tersebut
  • Peringatan Buat Muslimah, Hati-hati dalam Membelanjakan Harta!
    Muslimah
    Jum'at, 26 Januari 2024 - 11:35 WIB
    Ada peringatan buat kaum muslimah agar berhati-hati dalam membelanjakan hartanya. Mengapa demikian? Karena kelak di akhirat, tak hanya amal yang dihisab tetapi juga segala barang yang kita miliki.
  • Perlunya Mengerti Hakikat Ujian dan Kesabaran
    Muslimah
    Selasa, 30 Juni 2020 - 21:47 WIB
    Dalam perjalanan rumah tangga kehidupan setiap orang penuh dengan ujian. Bahkan, berbagai ujian itu kadang dirasakan datang terus menerus tiada henti.
  • Menyikapi Harta Haram dalam Islam, Bolehkah Disedekahkan?
    Hikmah
    Minggu, 29 Oktober 2023 - 18:07 WIB
    Bagaimana menyikapi harta haram dalam Islam. Apakah boleh disedekahkan untuk orang lain? Berikut penjelasan Ustaz Farid Numan Hasan.
  • Mutiara Hadis: Hakikat Harta yang Sebenarnya
    Tausyiah
    Jum'at, 20 Oktober 2023 - 22:53 WIB
    Kecintaan kepada harta termasuk bagian dari fitrah manusia. Harta, apabila tidak digunakan di jalan Allah maka ia akan menjadi fitnah.
  • Nasehat Menghadapi Ujian dan Fitnah Akhir Zaman
    Muslimah
    Rabu, 02 Desember 2020 - 06:13 WIB
    Fitnah telah berada di sekitar kita, mulai dari depan, dari belakang, dari kanan, dari kiri, dari berbagai unsur kehidupan. Dan fitnah itupun berkepanjangan, lama, berkesinambungan dan semakin dahsyat dari satu waktu ke waktu yang lainnya.
  • Dahsyatnya Berjihad dengan Harta, Ini 5 Alasannya
    Hikmah
    Kamis, 18 Mei 2023 - 10:47 WIB
    Berjihad dengan harta di jalan Allah adalah menyumbangkan harta dalam segala bidang kebaikan yang mengantarkan setiap muslim pada keridhaan Allah Subhanahu wa Taala.
  • Banyak Keutamaan Bersedekah, Namun Hati-hati Jika Melakukannya dengan Harta Haram
    Muslimah
    Minggu, 17 Januari 2021 - 05:00 WIB
    Salah satu ibadah yang diperintahkan Allah Taala dan sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, adalah sedekah. Ada banyak pahala dan keutamaan dari sedekah tersebut.
  • Beragam Ujian dari Allah : Diberi Kesusahan, Keburukan bahkan Kebaikan
    Hikmah
    Minggu, 07 Mei 2023 - 19:20 WIB
    Ketentuan ujian dari Allah Subhanahu wa taala tidak hanya berupa kesusahan dan keburukan saja. Ujian juga bisa berupa kebaikan.
  • Kisah Izrail Menyamar sebagai Pengemis dan Orang yang Sibuk Mengumpulkan Harta
    Hikmah
    Kamis, 23 Desember 2021 - 11:13 WIB
    Bagi para pecinta harta akan membenci semuanya kala ajal akan menjemput. Harta memang bisa mengangkat derajat seseorang di dunia namun harta tak ada nilainya jika kita mati.
  • Inilah Manfaat Harta yang Bisa Memborong Pahala
    Muslimah
    Senin, 07 September 2020 - 17:37 WIB
    Allah memerintahkan pada manusia untuk mencari harta dengan tujuan akhir meraih kebahagiaan di akhirat kelak, sebagaimana hal tersebut telah Allah anugerahkan kepada kita.
  • Rukun Iman dan Islam: Aspek Bersih Bukan Hanya Berkenaan dengan Harta Benda Saja
    Tausyiah
    Jum'at, 05 April 2024 - 02:00 WIB
    A Rahman Zainuddin mengatakan dalam pemikiran Islam, konsep bersih bukanlah suatu konsep yang berkenaan dengan harta benda saja, tapi mencakup seluruh aspek dan segi kehidupan manusia.
  • Kisah Tiga Orang Sakit saat Seluruh Keinginannya Dipenuhi Allah Taala
    Hikmah
    Selasa, 30 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Kisah tentang orang yang terkena sakit lepra, orang berkepala botak, dan orang buta berikut ini bersumber dari hadis shahih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim.
  • Hakikatnya untuk Diri Sendiri,  Maka Berikan Sedekah dengan Harta Terbaik
    Muslimah
    Jum'at, 09 Oktober 2020 - 15:48 WIB
    Islam sangat menekankan agar pelaksanaan sedekah atau zakat didasarkan kepada ketulusan. Ketulusan ditunjukkan, di antaranya, dengan memberikan pemberian yang terbaik.