Kumpulan Artikel: Budha

  • Rasyid Ridha Ditanya Orang Jawa: Bagaimana Hukum Menikahi Perempuan Penyembah Berhala?
    Dunia Islam
    Senin, 25 Desember 2023 - 19:16 WIB
    Hal ini menurutnya bermula dan pertanyaan seseorang dari Jawa (Indonesia) tentang hukum mengawini wanita-wanita penyembah berhala semacam orang-orang Cina (dan memakan sembelihan mereka).
  • Perbedaan Tradisi Ruwahan Islam dengan Hindu
    Dunia Islam
    Senin, 06 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Tradisi Nyadran berasal dari tradisi Hindu-Budha. Sampai kini tradisi ini masih dilakukan di sejumlah daerah di Jawa, juga Sumatra. Lalu apa beda Nyadran versi Islam dengan Hindu-Jawa?
  • Ekonom Jepang Ini Mengaku Bahagia setelah Menjadi Muslim
    Dunia Islam
    Minggu, 29 Januari 2023 - 11:09 WIB
    Suatu hal yang tidak menguntungkan bahwa para pelajar yang datang ke Jepang dari berbagai negeri Islam tidak merupakan contoh yang baik bagi kami. Kamipun tidak mendapat nasihat atau bimbingan dari mereka.
  • Kisah Mayor Tentara Inggris Battersbey Mengenal Islam dari Pengemudi Sampan
    Dunia Islam
    Senin, 16 Januari 2023 - 05:15 WIB
    Ia tinggal di Burma selama 25 tahun. Sehari-harinya ia bepergian sepanjang jalan air Burma dengan menggunakan sampan. Pengemudinya seorang Muslim, bernama Syekh Ali dari Chitagong, Bangladesh.
  • Agama Warga Negara Kamboja dan Persentasenya
    Dunia Islam
    Senin, 19 Desember 2022 - 16:25 WIB
    Kamboja adalah negara di Asia Tenggara dengan bentuk pemerintahan monarki konstitusional. Di negara ini, raja menjadi kepala negara, sedangkan kepala pemerintahan dipimpin perdana menteri.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Kisah Mualaf Amerika Davud Abdul Hakim, Belajar Banyak Agama Sebelum Masuk Islam
    Dunia Islam
    Jum'at, 02 Desember 2022 - 18:47 WIB
    Davud Abdul Hakim mencoba beberapa agama sebelum memutuskan memeluk agama Islam. Kunjungannya ke Turki dalam pertukaran pelajar mempercepat keputusannya.
  • Idries Shah: Praktik dan Pemikiran Sufi Mirip Peribadatan Zen Buddhist Jepang
    Dunia Islam
    Jum'at, 26 Agustus 2022 - 16:04 WIB
    Ada suatu kemiripan yang sangat menarik antara praktik dan pemikiran sufi dengan peribadatan tidak lazim yang menurut orang merupakan suatu tipe kultus Budhistik, yaitu Zen yang dipraktikkan di Jepang.
  • Begini Kondisi Kehidupan Nusantara di Zaman Nabi Muhammad SAW Berdakwah
    Dunia Islam
    Senin, 01 Agustus 2022 - 15:15 WIB
    Kondisi kehidupan beragama di bumi Nusantara pada zaman Nabi Muhammad SAW berdakwah, adalah pemeluk Budha yang taat. Ini jika kita menilik sejarah masuknya Islam di Indonesia.